Top Ad unit 728 × 90

Ke Bukit Lawang, Destinasi Alam Bahorok yang Hits dan Menawan

-- --
bukit lawang via @status_afk
Kawasan Gunung Leuser (TNGL) tercatat sebagai destinasi ke-2 di Sumatera Utara yang paling banyak menarik minat kunjungan turis mancanegara. Terdiri dari Bukit Lawang dan Tangkahan, area eco-tourism di Bahorok, Langkat seluas 200 hektar menyimpan beragam obyek wisata yang dapat dieksplor melalui sederet kegiatan menarik.

Hits dan menawan, Bukit Lawang kini sudah sangat diperhatikan oleh pemerintah. Kondisi jalan telah diperbaiki sehingga memudahkan wisatawan yang hendak datang berkunjung. Entah sekedar untuk menikmati pemandiannya yang jernih atau ikut melihat ikon wisatanya yaitu Orangutan.

Nama destinasi alam di Bahorok ini tidak lepas dari beberapa fase penting. Sejarah terkait Bukit Lawang dimulai pada 1973 silam ketika dijadikan sebagai tempat rehabilitasi Pongo Abelii atau Orangutan Sumatra. Seiring berjalannya waktu, kawasan seluas 200 hektar di Kabupaten Langkat, Sumut ini kemudian dipercayakan sebagai pusat pengamatan satwa langka.

destinasi alam bahorok

Bukit Lawang

Dengan konsep pariwisata berbasis pelestarian lingkungan dan alam, destinasi ini semakin populer dan menyandang status sebagai daerah tujuan wisata (DTW) Sumut yang identik dengan kegiatan jungle trekking, eco-project serta orangutan tour di bawah pengelolaan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Artikel panduan ini akan membahas tentang Bukit Lawang secara menyeluruh, meliputi gambar, akses atau transportasi dari Medan ke lokasi yang berjarak sekitar 88,4 km, pilihan kegiatan, daya tarik dan obyek wisata di sekitar yang menarik dan wajib sekali untuk dikunjungi.

1. Tempat Wisata di Bukit Lawang

Selain untuk edukasi, tempat wisata memiliki arti 'Pintu ke Gunung' ini berhasil mempertahankan eksistensi sebagai pusat pariwisata Langkat. Hal tersebut tidak lepas dari keunikan serta keindahan panorama alam yang tersebar di berbagai spot. Lalu, kegiatan apa dan tempat wisata di spot mana saja yang patut dilihat saat kesini?

# Jungle Trekking di Alam Bahorok Sumatera Utara, Bukit Lawang

jungle trekking
Keragaman hayati yang ada di rimba belantara Leuser dan dilindungi oleh balai konservasi ini dapat dijelajah oleh turis mancanegara dan juga wisatawan lokal melalui kegiatan jungle trekking.

Selama trekking berlangsung, kamu bisa melihat kehidupan liar di hutan tropis Gunung Leuser seperti Harimau Sumatra, Siamang, Beruang Madu dan satwa lainnya.

Sebab itu, setiap pengunjung yang ingin trekking sangat diwajibkan untuk menggunakan jasa guide oleh HPI setempat tentunya demi keamanan.

# Melihat Dekat Kehidupan Orangutan Melalui Tour

orang utan tour via @irgendwas_mit_martin
Sesuai dengan tujuan awal berdirinya, di sini kamu bisa langsung menyaksikan Orangutan Sumatra yang lumayan jinak. Menariknya, tiap pengunjung dapat berinteraksi dengan orang utan di sini, termasuk melihat kegiatan para penjaga saat memberi makan atau merawat mereka yang biasanya berlangsung pada pukul 08.00 - 15.00.

Sesuai data dari lembaga terkait, ada 300 ekor Orangutan yang tinggal di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser dan hidup secara bebas.

Ya, untuk melihat Orangutan secara langsung, setiap pengunjung yang ikut tour diharuskan mematuhi beberapa aturan.

# Tubbing dan Menyusuri Sungai Bahorok

sungai bahorok via @see.bukitlawang
Aliran sungai Bahorok yang begitu luas menjadi primadona wisata keluarga, selain mandi dan berenang, ada juga aktivitas rafting dan tubbing yang seru di Sungai Bahorok.

Di sepanjang aliran sungai yang membelah Langkat ini, wisatawan bisa merasakan sensasi menelusuri sungai di atas ban sekaligus melihat panorama sekitar.

Wisata Bahorok yang satu ini memang lebih banyak disukai oleh wisatawan lokal tetapi tidak sedikit juga turis mancanegara yang tertarik untuk tubbing di Sungai Bahorok dengan jalur yang lebih panjang.

# Menjelajah Keindahan Landak dan Bat Cave yang Menawan

bat cave
Nah, bagi yang ingin menikmati sisi lain dari Bahorok, bisa coba ke Landak River dan Goa Kampret. Lokasi keduanya cukup berdekatan sehingga dapat dikunjungi dalam 1 kali perjalanan saja. Selain mandi-mandi, kamu bisa melihat Bat Cave yang panjangnya mencapai 400 meter dengan 5 ruang berbeda.

# Sudut Lain dari Bukit Lawang bernama Batu Katak Ecotourism

batu katak via @coraliegthr
Wisata Batu Katak punya daya tarik tersendiri, selain jauh dari keramaian, tempat wisata yang terletak di Desa Batu Jonjong ini juga menarik untuk dikunjungi.

Baca: 6 Tempat Wisata di Pamah Semelir Langkat

Bila bosan berenang di aliran sungainya, cobalah mengunjungi sederet goa yang letaknya dekat dari kawasan ini. Jumlah goa di kawasan tersebut sekitar 7 buah seperti Goa Pintu Angin, Gua Pupuk Mentar, Gua Jodoh, Goa Batu Rijal dan Mbelin.

3. Penginapan dan Hotel

Banyak sekali penginapan maupun hotel yang bisa dijadikan tempat beristirahat ketika berada di sini, tarif kamar pun cukup bersaing. Beberapa diantaranya sudah terkenal dan sering dijadikan akomodasi oleh turis luar.

ecolodge hotel
Deretan penginapan yang banyak direkomendasikan yang ada di sini diantaranya Batu Kapal Guest House yang unik dengan hotel ala Papua, Ecolodge yang khas dan menyesuaikan prinsip sustainable tourism dengan bangunan terbuat dari bambu  hingga Hill Resort yang terletak di perbukitan.

Baca Selengkapnya: Hotel dan Penginapan di Bukit Lawang

4. Transportasi dan Cara ke Lokasi

Jarak ke Bukit Lawang dari Medan jaraknya tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan melalui rute jalan dari Medan - Binjai - Bahorok. Saat ini, sudah ada bus ke surga tersembunyi di Langkat ini, dari Medan tepatnya di Stasiun Pinang Baris. Jadi, traveler tidak perlu khawatir.

Bisa juga menggunakan mobil rental atau mengikuti program open trip Bukit Lawang yang biasanya disediakan oleh beberapa tour operator. Jangan khawatir, tarif paket wisata ke destinasi Langkat ini cukup variatif. Yuk berwisata ke Bahorok! (Th.E/A.N/PSN)
Ke Bukit Lawang, Destinasi Alam Bahorok yang Hits dan Menawan Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/21/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.