Widget HTML Atas

Keren! Ada Pemandian Air Soda 'Sirara' di Tarutung

Air Soda Tarutung - Merupakan sebuah objek wisata di Kabupaten Tapanuli Utara bernama Sirara. Ya, keajaiban alam ini hanya dapat ditemukan di dua negara saja yakni di Tarutung, Sumatera Utara dan Venezuela. Air Soda Tarutung semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan demi melihat secara langsung bagaimana sebenarnya air soda alami yang bukan berasal dari hasil kemajuan teknologi ini.

Air Soda Tarutung atau Aek Sirara melengkapi sederet tempat wisata di Taput (Tapanuli Utara) yang selama ini lebih populer dengan Salib Kasih Siatas Barita dan Sipoholon. Keindahan dan keunikan Air Soda Tarutung menjadi alasan mengapa sobat traveler wajib berkunjung ke Desa Parbaba.

pemandian soda tarutung - rara chairi
1. Sejarah Air Soda Tarutung
Menurut mitos yang berkembang, semenjak penjajah Jepang menghampiri Bona Pasogit (red: tanah kelahiran) dan mulai melakukan ekspansi kekuasaan. Para tentara Jepang menggunakan air soda ini sebagai tempat mandi, namun selama itu pula mereka merasa terusik akan keberadaan seekor ular yang tak pernah pergi meski diusir dengan berbagai cara.

Penduduk yang dulunya berada di sekitar tempat ini telah pernah menasehati/memberi wejangan agar para tentara tersebut tidak menggunakan air untuk keperluan mandi. Tak menggubris, mereka malah melakukan tindakan pengeboman, tujuannya untuk mengusir dan membunuh ular tersebut.

air soda sirara tarutung - naposo hutapea
Selang beberapa waktu kemudian, air pun berubah warna menjadi merah seperti darah oleh karena itu objek wisata ini disebut Aek Rara. Bahasa Batak "Aek Rara" terdiri dari dua suku kata yakni Aek yang berarti air dan Rara yang berarti merah, jadi bila diterjemahkan secara harfiah maka Aek Rara berarti Air Merah.

2. Lokasi/Alamat Air Soda Tarutung
Air Soda Tarutung berada di Dusun Aek Sinasum, Desa Parbaba, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

3. Rute/Jalan
Untuk menuju objek wisata Air Soda Tarutung, bila dari Medan anda dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua atau empat dengan rute Medan - Tarutung - Dusun Aek Sinasum.
Baca: Taman Wisata Sipinsur, Geosite Humbahas yang Spektakuler
Atau juga dengan menggunakan transportasi udara melalui Bandar Udara Kuala Namu menuju Bandar Udara Silangit di Siborong-Borong dilanjutkan dengan melakukan perjalanan darat ke Tarutung, tepatnya ke Dusun Aek Sinasum.  

aek soda tarutung - yenny christine
4. Fasilitas Air Soda Tarutung
Objek wisata ini dikelola secara swasta oleh pemilik tanah. Fasilitas yang ada cukup memadai seperti MCK dan juga warung kecil yang menjual serba serbi makanan ringan.

5. Kegiatan Wisata di Air Soda Tarutung
Anda dapat menikmati sensasi mandi air soda secara langsung, anda mungkin sangat penasaran melihat gelembung-gelembung udara kecil yang keluar dari dasar kolam.

Bila hari libur, tempat ini akan dipenuhi oleh para pengunjung jadi mau tidak mau Anda harus sabar untuk mengantre karena luas kolam yang hanya berdiameter 5 meter ini memang cukup menampung sedikit orang saja.
Baca juga: Pemandian Air Panas Sipoholon di Tarutung
Pemandangan sejauh mata memandang, Bukit Barisan terlihat mengelilingi. Dan di dua titik Anda akan menemukan Salib Kasih dan satu lagi Patung Tuhan Yesus yang saat ini tengah dalam proses pembangunan. Pemandangan tersebut akan menambah ketakjuban anda akan kabupaten Tapanuli Utara. Ayo rencanakan perjalanan anda sesegera mungkin.