Top Ad unit 728 × 90

Taman Wisata Sipinsur, Geosite Humbahas yang Spektakuler!

-- --
Jumlah taman di Danau Toba yang terbuka untuk publik memang tergolong sedikit. Meski ada, rata-rata berada di kawasan hotel mewah dan diperuntukkan bagi tamu saja. Untuk itu keberadaan Taman Wisata Sipinsur patut disyukuri.

Sipinsur semakin ramai dipadati pengunjung setelah obyek wisata di Humbahas ini menyandang predikat sebagai salah satu geo-site di kawasan Toba. Ya, dari pemandangan eksotik pulau Sibandang, kecantikan landskap Danau Toba serta hutan pinus memang memiliki daya tarik tersendiri.

taman wisata sipinsur geosite
Sudah sejak 30 tahun lalu geosite Danau Toba di Humbahas menjadi destinasi unggulan Kabupaten Humbang Hasundutan. Namun, nama Sipinsur geosite sendiri baru populer beberapa waktu belakangan setelah penggiat pariwisata digital aktif mempromosikan taman seluas 2 hektar ini di berbagai sosial media.

Gambaran dan Aktivitas di Taman Wisata Sipinsur

Terletak di salah satu punggung Bukit Barisan dengan ketinggian 1.213 mdpl, daerah ini dikelilingi oleh pohon Tusam (Pinus) Sumatera yang tumbuh lebat hampir di seluruh area. Karena itu suasana di tempat ini cukup berangin dan adem.

sipinsur via: @verajunismr
Taman Wisata Sipinsur sangat strategis karena menghadirkan sederet pemandangan yang ciamik. Di kejauhan, terhampar Pulau Sibandang yang tercatat sebagai pulau terbesar ke-2 di Tao Toba setelah Samosir. Dari spot ini juga traveler dapat melihat obyek wisata Tapanuli Utara yakni Muara yang pernah dijadikan sebagai lokasi perhelatan event pariwisata Festival Danau Toba.

Lain lagi view Danau Toba yang tampak begitu tenang, pantulan sinar matahari seolah membuat danau sepanjang 100 km dengan lebar 30 km terlihat spektakuler. Rasanya wajar jika suasana sunrise di obyek wisata ini menjadi momen incaran wajib bagi semua pengunjung.

hutan pinus sipincur
Geosite di Humbahas ini juga menyediakan tempat bagi pengunjung yang akan mendirikan tenda alias camping. Tepatnya di bawah rindangnya pohon pinus jenis merkusi yang diketahui tumbuh subur di sebagian besar kawasan Danau Toba.

Tak jarang kabut menyelimuti bukit geosite ini terutama di pagi dan sore hari. Bagi fotografer, pemandangan ini tentu menarik untuk diabadikan lewat foto, sangat instagenik!

area belanja via @bernatamanalu
Tepat sekali bila memilih Wisata Sipinsur sebagai destinasi liburan Humbahas yang aman dan nyaman untuk keluarga. Di sini sudah ada pusat jajanan yang unik menyerupai tiny house yang keren, jadi tidak perlu harus bawa makanan dari luar lagi. Selain itu ada juga berbagai permainan bagi anak-anak.

1. Alamat dan Lokasi

Obyek wisata Sipinsur yang wajib ada di bucket-list kalau hendak traveling ke Toba ini terletak di Desa Pearung, Parulahon yang berada di wilayah administratif Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca: Taman Wisata Merci di Medan Resort City

2. Rute dan Perjalanan

Jika berangkat dari Medan, maka ada 2 opsi yang bisa sobat traveler pilih yakni menggunakan transportasi udara melalui Kuala Namu Aiport ke Silangit Aiport. dari bandara internasional ini silahkan lanjut perjalanan dengan kendaraan umum. Kalau pakai transportasi pribadi, bisa memakai rute berikut: Medan - Parapat - Balige dan lanjutkan sesuai arah yang sudah disebutkan pada jalur keberangkatan dari Balige di bawah ini.

pulau sibandang via @parsamosir_
Dari Balige ke lokasi menghabiskan waktu perjalanan sekitar 58 menit dengan jarak tempuh sekitar 38,5 km melalui rute Balige - Muara - Lobutolong - Parulahon - Desa Pearung.

Baca: Cara dan Transportasi dari Medan ke Danau Toba

3. Penginapan dan Hotel di Sipinsur

Di geosite ini sudah ada penginapan yang disediakan oleh pemkab Humbahas dan dapat disewa oleh wisatawan. Jika ingin memilih akomodasi hotel, beberapa hotel di sekitarnya yang jaraknya cukup dekat dari lokasi yakni Hotel Martabe, Grand Maju Hotel, Oyo 540 Esther Hotel dan Airang 27 Homestay.

Taman Wisata Sipinsur ini hanyalah satu dari sekian banyak destinasi di Danau Toba. Jika ingin mengetahui tempat lainnya, pastikan sudah mengikuti Instagram @pariwisata_sumut agar tetap up to date. (AN/Th.E/PSN)
Taman Wisata Sipinsur, Geosite Humbahas yang Spektakuler! Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/08/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.