Widget HTML Atas

Sipoholon - Pemandian Air Panas di Tarutung, Tapanuli Utara

Air Panas Sipoholon - Sebagai destinasi geo-tourism di Tapanuli Utara, objek wisata bernama Sipoholon ini memang sangat terkenal karena keunikan dan keindahannya, apalagi di kawasan ini terdapat juga Sipoholon Geothermal, sebuah proyek kerjasama 2 negara melibatkan Jerman - Indonesia yang ditujukan untuk penelitian dan pemanfaatan tenaga (endogen) bumi.

Wajar jika banyak traveler lokal dan nusantara yang ingin mengunjungi Pemandian Air Panas Sipoholon ini karena keindahannya sering sekali disandingkan dengan Pamukkale di Turki. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari ibukota Taput, Tarutung, yang diketahui punya beberapa tempat menarik lainnya seperti Air Soda Tarutung dan Salib Kasih Siatas Barita.

pemandian air panas sipoholon - foto: johnnya Siahaan
Air Panas Sipoholon tentu terbuka untuk umum dan bisa tinggal pilih lokasi pemandian sesuai keinginan kamu. Seperti Boli-Boli Hot Spring, Pemandian Air Panas Lehu, Pemandian Air Panas Lehu, Tamaro, Hutabarat, USK Hineni dan masih banyak lainnya. 

Mengenal Sipoholon Geothermal
Geothermal berasal dari dua suku kata yakni 'Geo' yang berarti Bumi sedangkan 'Thermal' berarti Panas. Kesimpulannya, Sipoholon Geothermal merupakan pemanfaatan energi panas bumi di Tapanuli Utara yang digunakan untuk keperluan pembangkit listrik tenaga geothermal.

Pemanfaatan energi panas bumi seperti yang ada di Sipoholon ini disnyalir tidak menghasilkan polusi dan juga emisi gas kaca lho. Oleh karena itu Indonesia sebagai negara yang memiliki 40 % cadangan panas bumi berusaha memanfaatkan sumber daya tersebut.

Selain fakta tersebut, potensi Sipoholon memang sangat layak untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi geo-tourism Sumatera Utara.

Sumber Mata Air Sipoholon - Foto: Johnny Siahaan
Lokasi Pemandian Air Panas Sipoholon
Sobat traveler, Pemandian Air Panas Sipoholon berada di Desa Parbubu, Situmeang. Tepatnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Tapanuli Utara.

Jarak dari Tarutung ke lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja. Selain aksesnya yang mudah, Sipoholon telah menjadi titik perhentian bus lintas kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

UPDATE
Artikel terkait obyek wisata di Tarutung ini sudah kami perbaharui dengan sederet informasi lebil detail dan dapat Anda baca di potingan terbaru kami yang berjudul: Pemandian Air Panas Sipoholon dan Dolok Martimbang di Taput

Sumber pemandian air panas Sipoholon yang mengandung belerang ini ternyata sudah mengalir hingga ratusan tahun paska meletusnya Gunung Martimbang dan sampai sekarang masih dapat kita nikmati.

Air yang mengalir dari Gunung Martimbang disalurkan ke kolam pemandian menggunakan bambu, cukup sederhana. Rumah-rumah di sepanjang jalan Sipoholon memiliki kolam pemandian air panas sendiri oleh karena itu para pengunjung tidak perlu takut kehabisan tempat. Suhu air panas Sipolon mencapai 40 derajat celcius dan bersumber dari 2 kolam besar.

Baca: Keren, Ada 7 Pemandian Air Panas di Sumatera Utara

Bila anda tertarik, anda boleh meminta penduduk setempat untuk menemani anda berkeliling menuju sumber mata air panas Sipoholon. Dari atas bukit kecil ini anda dapat menyaksikan keindahan Sipoholon yang membentuk bukit kapur seperti lukisan diatas kanvas oleh karena itu pula banyak pengunjung memberi nama tambahan yakni Sipoholon Crater. Hanya saja anda perlu berhati-hati karena jalan menuju bukit kecil tersebut lumayan licin. (AN/PSN)