Top Ad unit 728 × 90

Pulau Asu, Wisata Paling Populer di Nias Barat

Pulau Asu di Nias - Berbicara tentang wisata bahari memukau di Sumatera Utara, tak lengkap rasanya bila tak berlabuh ke Nias, ada banyak pulau di setiap kabupaten yang layak dijadikan sebagai tempat berlibur. Salah satu di antaranya adalah Pulau Asu, pulau eksotis nan menawan ini berada di jajaran kepulauan Hinako dan masuk ke dalam wilayah Pemkab Nias Barat.

Untuk menuju ke Pulau Asu, kamu dapat menggunakan transportasi udara dari Bandara International Kuala Namu (KNIA) menuju Bhinnaka Airport di Gunung Sitoli. Selanjutnya menggunakan kapal boat ke Pulau Asu di jajaran Kepulauan Hinako yang berada di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat. Selain itu sobat traveler juga bisa melalui perjalanan laut yakni dari Pelabuhan Sibolga.

pulau asu nias barat

1. Asu Island, Wisata Paling Populer di Nias Barat

Keindahan Pulau Asu tidak hanya sebatas panorama alam berupa laut biru dan pasir putih, akan tetapi ombak yang tinggi cukup diminati oleh turis mancanegara terutama oleh mereka yang hobi berselancar. Selain itu, keindahan bawah laut di Pulau Asu masih sangat terjaga dan cocok dijadikan sebagai spot snorkeling dan diving.

Daya tarik pulau tersebut tidak lepas dari sederet keunikan, sebut saja garis ombak Samudera Hindia di kawasan ini yang sangat panjang, mencapai kisaran angka 220 km. Lain lagi ketinggian ombaknya, pada musim tertentu, bisa menyentuh 5-8 meter. Wajar jika ada banyak tour operator atau travel agent yang menyediakan paket wisata ke Pulau Asu.

pulau asu nias barat
Wajar jika banyak turis mancanegara menghabiskan waktu di Pulau Nias selama 2 bulan penuh. Terutama jika spring season tengah melanda kawasan Eropa. Jika dilihat dari asal negaranya, turis-turis mancanegara memang masih mendominasi pengunjung yang datang ke pulau eksotis ini.

2. Bagian dari Kepulauan Hinako

pulau asu via @visitniasbarat
Di sekitar kawasan Kepulauan Hinako masih terdapat objek wisata lainnya terutama untuk surfing, pulau ini dikenal sebagai pulau Bawa. Ombak disekitar kawasan Bawa dapat mencapai 3-4 meter. Biasanya para pengunjung yang datang ke Pulau Asu akan dialihkan ke Pulau Bawa bila kondisi air laut di tempat tersebut dalam keadaan tenang. 

Lihat Juga: 7 Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pulau Nias

Terkait penginapan atau hotel, sobat traveler dapat memilih beberapa hotel dan losmen yang juga tersedia di sekitar pulau. Harganya berkisar mulai dari 150.000 dan tentunya dilengkapi dengan beragam fasilitas. Makanan dan minuman juga dapat dengan mudah ditemukan, harganya tidak terlalu mahal dan menguras kantong.

3. Pengembangan Pariwisata Nias Barat

asu island - foto: instagram.com/m_ogoshi
Kementrian Pariwisata telah menetapkan tagline pariwisata Nias secara menyeluruh pada bulan Mei 2016. Tagline "Pesona Pulau Impian" akan benar-benar mendeskripsikan keindahan surga dunia Nias yang memukau dan melengkapi Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.

Baca Juga: 7 Fakta Pantai Merah Gawu Soyo di Ombolata Nias Utara

Nias telah dikenal sebagai pusat kebudayaan megalitikum tertua di Indonesia, hingga saat ini, proses penetapan Bawomataluo di Nias Selatan sebagai warisan dunia masih dalam proses, adalah harapan besar bila kelak objek wisata budaya ini benar-benar diterima dan menyandang world heritage.(AN/PSN)*
Pulau Asu, Wisata Paling Populer di Nias Barat Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/16/2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.