Top Ad unit 728 × 90

Viral Nih! Pemandian Alam "Lau Timah" di Dairi

Lau Timah - Sejak awal tahun 2018, Desa Lau Renun dan Lau Baleng di Kabupaten Dairi viral di sosial media dan ramai dibahas oleh masyarakat karena keberadaan pemandian alam bernama Lau Timah yang disebut-sebut bisa mengobati beragam jenis penyakit.

Namun, daya pikat tidak sebatas itu saja - Lau Timah di Lau Baleng, salah satu desa di perbatasan Kabupaten Karo dan Dairi ini memiliki sumber mata air yang jernih, muncul dari celah-celah bebatuan dan berwarna biru terang (cyan) dengan suhu yang cukup dingin.

Pemandian Lau Timah

Jika ingin menelusuri tempat liburan baru yang unik dan diyakini memiliki khasiat di Sumatera Utara, Pemandian Lau Timah Lau Baleng ini bisa jadi destinasi wisata yang harus wajib dikunjungi kalau ingin explore wisata Karo dan Dairi.

lau timah
Kolam pemandian ini tak terlalu luas, sama seperti umbul lainnya di Sumatera Utara. Selain itu, obyek wisata alam ini sama sekali belum dikelola oleh pemerintah daerah tetapi ditangani oleh warga setempat.

Biaya masuk ke Lau Timah sekitar Rp20.000/orang dan belum termasuk parkir kendaraan.

Informasi dari penuturan warga, rata-rata pengunjung berasal dari berbagai daerah. Percaya atau tidak, banyak yang datang untuk menyembuhkan penyakit seperti asam urat, rematik dan penyakit kulit. Usai pulang dari lokasi, mereka mengaku sembuh.

sebelum diperluas
Terlepas dari hal di atas, Pemandian di Desa Lau Baleng tersebut memang cukup memesona. Di kelilingi oleh Bukit Barisan dengan topografi menawan. Setiap pendatang akan melewati jembatan gantung di atas Lau Renun, salah satu sungai yang membelah Kabupaten Dairi.

Menurut pengelola, sejarah lau ini berasal dari ketidak-sengajaan para pencari batu di sekitar lokasi. Tiba-tiba mata air keluar deras dan mengisi cekungan kolam.

lau timah lau baleng
Para pengunjung yang tahu tempat ini dari media sosial biasanya datang beramai-ramai. Mulai dari anak-anak bahkan dewasa. Agar lebih aman, disediakan juga ban-ban kecil.

1. Lokasi Lau Timah, Sumatera Utara

lokasi sesuai peta
Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Lau Renun yang tak jauh dari Desa Lau Baleng dan masuk ke dalam Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi. Disebut juga bagian dari Tanah Karo karena mayoritas penduduknya adalah etnis Karo dan alamatnya lebih dekat jika ditempuh dari Kabupaten Karo.

2. Rute dan Jarak Tempuh

keindahan pemandian yang amat jernih
Jika dari Medan membutuhkan waktu sekitar 9 jam dengan rute Medan - Kabanjahe - Tigabinanga - Pasir Tengah - Lau Baleng - Lau Renun. Jika mengambil jalur dari Sidikalang, waktu tempuh akan semakin panjang. Agar tidak tersesat, jangan segan bertanya kepada warga setempat. Tak perlu khawatir, masyarakat Dairi ramah-ramah kok.

3. Aksesibilitas

Dapat ditempuh dengan moda transportasi roda dua/empat dan dianjurkan jenis offroad. Jalan menuju lokasi dan beberapa kawasan di Kecamatan Tanah Pinem memang tidak cukup memadai dan tergolong rusak.


5. Aktivitas Menarik Lainnya

Berburu durian di daerah Tanah Pinem juga tak kalah seru. Seperti diketahui, durian Sidikalang berasal dari kawasan Tanah Karo di Dairi seperti Kecamatan Tanah Pinem dan Tigalingga.

Jadi, sudah siap untuk berkunjung ke pemandian alam yang sempat viral ini?(AN/PSN)
Viral Nih! Pemandian Alam "Lau Timah" di Dairi Reviewed by Pariwisata Sumut on 9/19/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.