Top Ad unit 728 × 90

Eksotis Nih, Pantan Terong Takengon yang Berselimut Awan

Pantan Terong - Memiliki kondisi geografis dengan relief dataran tinggi, Aceh Selatan menyimpan sederet pemandangan alam dan destinasi memukau. Seperti Laut Tawar yang sudah sejak lama kerap disinggahi pelancong atau kopi Gayo yang begitu nikmat.

Disebut Puncak Pantan Terong, berlokasi di kawasan perbukitan dengan view eksotis Danau Laut Tawar. Objek wisata di Ulu Nuih, Takengon ini dicap turis sebagai destinasi terbaik di Kabupaten Aceh Tengah.

pantan terong di takengon - foto: @irwandiimages
Jarak tempuh dari Takengon ke Pantan Terong hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja. Namun, tidak ada transportasi publik menuju puncak, jadi lebih baik bila menggunakan transportasi pribadi. Jalan ke Pantan Terong cukup memadai untuk kenderaan roda empat maupun dua. Tetapi perlu berhati-hati karena tikungan tajam dan tanjakan di sepanjang perjalanan.

Destinasi idaman di Aceh Selatan ini dikelola dengan baik oleh pemerintah. Ada 2 balkon berukuran besar yang disediakan untuk para pengunjung. Dari balkon ini, Danau Laut Tawar terlihat begitu mengagumkan, pun areal perbukitan yang mengelilingi lokasi.

ngopi gayo di balkon raksasa pantan terong - foto @hendri_abik
Dengan ketinggian mencapai 1.830, landskap yang terhampar benar-benar menggoda dan langit acap kali berselimutkan awan. Setiap pelancong biasanya tak sabar untuk mengabadikan Pantan Terong melalui kamera baik melalui video maupun foto.

Baca juga:
8 Tempat Wisata di Aceh Tamiang
10 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar

Daya pikat Puncak Pantan Terong terletak pada pemandangan menawan di kala sunset maupun sunrise. Sebab itu, pengelola memberikan izin untuk camping, menikmati pesona Aceh Tengah di malam hari. Ya, suasana teduh, dingin khas areal dataran hijau akan lebih terasa.

paralayang di gayo - foto: @jagad_flying_aceh
Beragam aktivitas wisata juga dapat kamu lakukan, seperti paralayang atau gantole. Menikmati bentang alam Patan Terong dari ketinggian. Jangan lupa untuk menyeruput kopi khas Aceh Gayo yang sudah melegenda.

Regulasi kutipan masuk juga menjadi perhatian dari Pemerintah Aceh Selatan, biaya masuk ke Puncak Pantan Terong yang dikenakan tergolong murah. Fasilitas yang diadakan tak kalah komplit. Mulai dari toilet, mushola, spot foto, tempat istirahat berupa gazebo dan 2 balkon raksasa. (Th.E/PSN)
Eksotis Nih, Pantan Terong Takengon yang Berselimut Awan Reviewed by pariwisata Sumut Net on October 16, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.