Top Ad unit 728 × 90

8 Tempat Wisata di Aceh Tamiang yang Paling Terkenal

Pariwisata Sumut Net - Tempat wisata di Aceh Tamiang memang cukup beragam, di setiap kecamatan terdapat objek yang tentu saja menarik untuk dikunjungi. Semula, Aceh Tamiang bergabung dengan Aceh Timur, namun seiring berjalannya waktu maka didirikanlah Aceh Tamiang dengan ibukota Karang Baru dan terdiri dari 12 kecamatan.

Selain memiliki potensi sumber daya alam di bidang pertambangan, kabupaten yang jaraknya hanya sekitar 250 km dari Kota Medan ini juga tak kalah dengan kabupaten lainnya di Provinsi Aceh bila dilihat dari sisi Industri Pariwisata. Berikut adalah daftar tempat wisata di Aceh Tamiang sebagai referensi kamu bila ingin berkunjung ke kabupaten yang dimekarkan pada tahun 2002 silam ini.

1. Eksotisme Kuala Paret

instagram.com/rajamulkan
Bebatuan cadas seolah diukir dengan aliran sungai hijau menjadi pesona utama Kuala Paret. Objek wisata ini mulai populer sejak 2017 dan ramai dibicarakan oleh traveler lokal seiring pertumbuhan pariwisata digital.

Kuala Paret berjarak sekitar 3 km dari Karang Baru tepatnya di Desa Aloy. Aksesibilitas di sekitar lokasi memang belum cukup memadai namun tingginya tingkat kunjungan turis lokal menjadi bukti bahwa Kuala Paret cukup menarik.

2. Pantai Kuala Ketapang


Provinsi seribu pantai, julukan ini mungkin tak salah bila disematkan terhadap Aceh. Bagaimana tidak? di setiap kabupaten akan selalu ada wisata bahari.

Kuala Ketapang misalnya, pantai ini berada di Kampung Masjid Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara. Keunikan dari Kuala Ketapang terletak pada garis pantainya yang hampir mirip dengan Lampuuk di Aceh Besar. Panjangnya garis pantai dengan hamparan laut biru tentu saja membuat para pengunjung betah untuk menghabiskan waktu di sini, ditambah pohon Cemara yang berjajar menambah perpaduan yang khas dari Aceh Tamiang.

Baca Juga Artikel Menarik Kami Lainnya Tentang Wisata Aceh:
1. 10 Destinasi Wisata di Aceh Barat yang Memukau
2. 10 Tempat Wisata di Aceh Singkil
3. Oleh Oleh dari Sumatera Utara

3. Bukit Kerang


Seyogianya Bukit Kerang tidak hanya ada di Bintan saja, namun di Aceh Tamiang tepatnya di Desa Gampong Jabu Labu, Kecamatan Bendahara, terdapat objek wisata sejarah bernama Bukit Kerang.


Penamaan ini tidak terlepas dari penemuan bukit yang merupakan hewan moluska, kerang dan tersusun secara rapi. Berdasarkan hasil riset, Bukit Kerang adalah bukti otentik akan keberadaan manusia purba pada zaman pra-sejarah di Aceh.

4. Pemandian Air Panas Kaloy

tamiangtraveller.com
Tempat ini sebenarnya belum dikelola secara optimal, namun tentu saja potensi destinasi wisata Aceh yang terletak di Desa Kaloy ini cukup menjanjikan bila dikembangkan. Apalagi jika mengingat bahwa belum ada objek wisata sejenis di Kabupaten Aceh Tamiang.

Air yang mengalir dari celah bebatuan dan mengandung belerang dipercaya dapat menyembuhkan bermacam penyakit kulit. Selain itu, landskap dan pemandangan hijau di sepanjang aliran sungai menjadi daya tarik terutama bagi wisatawan yang suka berpetualang.

5. Sungai Gunung Pandan

instagram.com/dirpanharahap
Objek wisata di Aceh Tamiang yang paling terkenal, salah satunya adalah Pemandian Sungai Gunung Pandan. Memiliki aliran air berwarna hijau ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama pada hari libur. Gunung Pandan juga menjadi tempat yang paling sering digunakan oleh anak-anak Pramuka baik untuk berkemah atau sekadar latihan.

Sungai Gunung Pandan yang berada di Desa Tenggulun ini sudah dikelola secara baik, di sekitar lokasi terdapat warung-warung kecil. Untuk menuju Sungai Gunung Pandan, kamu akan melewati kawasan perkebunan dengan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan.


6. Air Terjun 7 Tingkat


Salah satu aspek yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke Aceh Tamiang adalah kondisi jalan tidak memadai. Namun meski demikian, sebagai traveler sejati, hal ini pasti menjadi sebuah tantangan seperti ketika berwisata ke Air Terjun 7 tingkat di Simpang Kiri.

Lokasinya berada di Jalan Aceh - Medan, tepatnya di perbatasan Aceh Tamiang dengan Langkat. Penamaan Air Terjun 7 Tingkat berasal dari bentuk airnya yang memang terdiri dari 7 tingkatan. Di sini, kamu bisa menghabiskan waktu bermain di aliran sungai jernih seraya menikmati pemandangan air terjun yang memukau.

7. Istana Karang



Bagi kamu yang lebih tertarik dengan wisata sejarah, objek wisata yang telah dipugar oleh Dinas Pariwisata Aceh Tamiang ini adalah salah satu bangunan yang harus kamu kunjungi.


Berdasarkan penelusuran, sebenarnya ada 2 istana di Kabupaten Aceh Tamiang namun letaknya terpisah. Istana ini dahulunya menjadi tempat bermukim Raja Tamiang dan memiliki ikatan kekerabatan dengan Kesultanan Deli di Medan. Tetapi sayangnya, banyak wisatawan yang mengulas tentang kurangnya perhatian pemda dalam mengelola Istana Karang, terbukti dari bangunan yang terlihat tidak terawat.

8. Istana Benua Raja

Serupa tetapi tak sama, Istana Benua Raja dan Istana Karang masih memiliki hubungan hanya saja Benua Raja dikelola oleh ahli waris yang hingga kini tinggal dan merawat istana tersebut.

Meski sepintas seperti rumah biasa, istana ini tetap terjaga dan corak bangunan menyerupai arsitektur Belanda dengan dominasi warna kuning. Istana ini terletak di Desa Benua Raja, Kecamatan Rantau.

Provinsi yang dijuluki sebagai Serambi Makkah ini sudah sejak lama iconic sebagai tujuan wisata bahari di Indonesia terutama kawasan Sabang yang acap kali dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Jika kamu ingin berkunjung ke kabupaten yang memiliki slogan "Kaseh Pape Setie Mate" ini, semoga daftar wisata Aceh Tamiang di atas dapat membantu perjalanan kamu.
8 Tempat Wisata di Aceh Tamiang yang Paling Terkenal Reviewed by pariwisata Sumut Net on January 21, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.