Top Ad unit 728 × 90

Pengertian Sport Tourism dan 7 Contoh di Indonesia

Predikat Sport Tourism Terbaik di Dunia diraih oleh Abu Dhabi - UEA secara berturut-turut sejak 2013 hingga 2017 lewat ajang penghargaaan Pariwisata yang diselenggarakan oleh World Tourism Award (WTA). Sedangkan Beijing - Cina, menjadi satu-satunya negara dari Asia yang berhasil masuk nominasi prestisius tersebut.

Sport tourism kini semakin berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sport tourism memang mampu mendongkrak tingkat kunjungan dan memberi dampak positif terhadap promosi destinasi di suatu daerah tujuan wisata (DTW) serta pendapatan negara. Menariknya, sport tourism diprediksi akan menjadi satu tren baru di tengah persaingan wisata global.

instagram/tourdesingkarak
1. Pengertian Sport Tourism
Secara harfiah, sport tourism terdiri dari dua padanan kata yakni 'wisata' dan 'olahraga'. Mengacu pada hal tersebut, dapat disimpulkan jika defenisi sport tourism merupakan perjalanan wisata yang dilakukan oleh orang-perseorangan untuk menyaksikan atau terlibat langsung di event olahraga.

Hubungan antara wisata dan olahraga diketahui mulai berlangsung sejak abad ke-19, dimana berbagai kompetisi olahraga modern dengan melibatkan peserta lintas negara di benua Eropa (Schwark, Jurgen. 2007. European Journal for Sport and Society. Germany)

Pada 1966, sebuah organisasi olahraga internasional menyelenggarakan konferensi berjudul: "Olahraga dan Pariwisata" di Yugoslavia. Sejak saat itu, sport tourism mulai banyak dilirik hingga pada 2011 silam, World Tourism Organisation (WTO) mengangkat tema "Sport and Tourism: 1st World Conference" yang diadakan di Madrid.

Baca: Pengertian Ekonomi Kreatif dan 15 Contoh Industri Kreatif

7 Contoh Sport Tourism
Contoh sport tourism di Indonesia cukup banyak ditemui, bahkan ada juga yang diadakan secara reguler atau berkesinambungan, apa saja?
1. Tour de Singkarak di Sumatera Barat
2. Samosir Lake Toba Ultra
3. Grand Fondo New York - Championship Asia
4. Tour de Central Celebes
5. Bali Marathon
6. Tour de Flores
7. Batam Golf Adventure

Sport tourism yang juga berkaitan dengan penyelenggara event atau (MICE/E.O) ini memang tergolong baru di Tanah Air. Namun, berbagai event olahraga yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata diharapkan mampu mendongkrak segmen dengan pertumbuhan tercepat di industri pariwisata di era milenial ini. (Antonius N/PSN)
Pengertian Sport Tourism dan 7 Contoh di Indonesia Reviewed by pariwisata Sumut Net on October 24, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.