Top Ad unit 728 × 90

5 Tempat Wisata di Siborong-Borong dan Sekitarnya

Kata "Siborong-borong" tentu sudah sangat familiar bagi masyarakat Tapanuli Utara. Kota kecil yang dapat ditempuh sekitar 6 jam dari Medan dan berbatasan dengan Kabupaten Toba Samosir ini juga punya sederet atraksi dan destinasi wisata menarik.

landmark siborong-borong - foto: instagram/edward_mnl
Beragam kegiatan pun dapat kamu lakukan, dari berburu kuliner hingga menjelajahi ragam obyek wisata di Siborong-Borong dan sekitarnya. Apa saja?

1. Monumen/Tugu Opsus Terpadu Maduma
Yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Siborong-borong adalah mencicipi kuliner khas Batak bernama Ombus-ombus. Ya, makanan tradisional Batak di Siborong-borong ini memang terkenal dan cukup melegenda.

Sebab itu pula ada monumen bernama Opsus Terpadu Maduma, tugu berbentuk seorang pria, penjual ombus-ombus dengan sepeda tua. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke landmark Siborong-borong ini untuk berfoto.

pedagang kue ombus-ombus - foto: instagram/darty_rini
2.Pacuan Kuda "Hoda Marisadu"
Atraksi wisata olahraga pacuan kuda di Siborong-borong sudah berlangsung sejak lama, bahkan sudah masuk agenda wisata Tapanuli Utara. Bagi kamu yang hobi menyaksikan perlombaan balap kuda, pastikan datang ke Desa Silait-lait.

pacuan kuda siborong-borong - foto: instagram/ria_rgg
3. Air Terjun Aek Nadua
Wisata alam Siborong-borong tak kalah keren kok, coba deh ke Lumban Tonga-tonga. Ada air terjun Aek Nadua yang punya debit air cukup deras. Selain itu, kamu bisa menyaksikan bendungan cukup besar yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

air terjun aek nadua - foto: instagram/nobleman_siburian
4. Ambar Onanrunggu
Hanya berjarak 10,5km dari Siborong-borong dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit, ada Ambar Onanrunggu yang berada di Onan Runggu II, Sipahutar dimana terdapat kolam kecil dengan pemandangan Bukit Barisan di sekitar lokasi.
Baca: Agrowisata Paloh Naga Denai Lama
Bagi marga Nababan, kolam air yang tak pernah kering meski di musim kemarau ini punya makna tersendiri dan menjadi salah satu situs bersejarah bagi marga Nababan.

ambar onanrunggu - foto: facebook/armantonsimanjuntak
5. Tugu Toga Aritonang
Ingin melihat landskap Toba dari ketinggian? berkunjunglah ke Tugu Toga Aritonang di Dolok Martumbur Muara. Meski berstatus situs budaya bagi keturunan Aritonang, tempat ini terbuka kok untuk umum karena ditetapkan sebagai destinasi wisata Tapanuli Utara.

Kecamatan Siborong-Borong juga cukup penting bagi sektor pariwisata Danau Toba. Seperti diketahui, Bandara Silangit atau yang kini sudah berganti menjadi Bandara Internasional Sisingamangaraja XII berada di kecamatan ini. (AN/PSN)
5 Tempat Wisata di Siborong-Borong dan Sekitarnya Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/11/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.