Top Ad unit 728 × 90

Adventure, Ada Air Terjun Simempar di Wisata Alam Pohon Damai

-- --
simempar via @irawan11ig
Air Terjun Simempar merupakan bagian dari Wisata Alam Pohon Damai, salah satu destinasi di Deli Serdang yang baru dibuka sejak 2016 silam. Keunikan Sampuran Simempar terletak pada lokasinya yang persis di tengah permadani hutan lebat dengan kejernihan air berwarna biru hijau toscha, mengalir dari puncak dan terdiri dari 4-5 tingkatan.

Secara administratif, lokasi Air Terjun Simempar berada di Desa Simempar, masuk ke dalam kawasan Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang dan berbatasan langsung dengan Dolok Panribuan, Simalungun. Berdekatan dengan sederet obyek wisata populer lainnya seperti Air Terjun Pelangi Indah, Tanjung Raja dan Kawah Putih Tinggi Raja.

Simempar, Wisata Adventure di Deli Serdang

air terjun simempar via fb.com/wisatalampohondamai
Tak dapat disangkal jika Air Terjun Simempar Simempar memang cocok sekali bagi sobat traveler yang nyambi punya jiwa petualang alias adventure, lantaran track yang harus dilintasi cukup menegangkan dengan sudut kemiringan mencapai 80 derajat dalam kurun waktu penjelajahan sekitar 2 jam. Sebagian jalur pun wajib dilewati dengan tali dengan pijakan bebatuan. Ya, kondisi wilayah ini boleh dibilang menyerupai lembah dimana letak air terjunnya berada di area cekungan.

Di sepanjang perlintasan, dipastikan tidak akan pernah bosan karena terdapat banyak spot menarik dan instagenic yang akan dijumpai, mulai dari hewan melata hingga pohon-pohon menjulang dengan tipe hutan yang punya vegetasi beragam.

air terjun simempar via fb.com/wisatalampohondamai
Karena terdiri dari 4 tingkatan, Air Terjun Simempar memberikan nuansa alam yang cukup indah. Sungai dan air terjun tampak begitu jernih hingga terlihat sampai ke dasar. Meski demikian, kedalamnya bisa mencapai 4-8 meter. Itulah mengapa diperlukan jasa guide lokal atau ranger agar tetap aman ketika tracking.

vegetasi simempar via @kmanakita
Di tingkat pertama Simempar, panorama yang disuguhkan jauh lebih memesona, alirannya terlihat deras dan meluncur dari puncak perbukitan. Jangan khawatir, ada beberapa titik di Simempar yang memang aman untuk berenang atau sekedar mandi.

Di salah satu spot aliran Lau Buaya ini, ada cekungan air yang lumayan luas dan diberi nama Mata Kucing. Uniknya, kedalaman cekungan air terjun di Mata Kucing belum terukur hingga sekarang.

Wisata Alam Pohon Damai

rumah pohon di simempar
Wisata Alam Pohon Damai ini didirikan oleh penduduk setempat yakni warga Desa Simempar. Selain menawarkan wisata alam, tempat wisata Deli Serdang yang dikelola dengan sistem Badan Usaha milik Desa (Bumdes) ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi outbond atau pelatihan bagi para pecinta alam.

Nama Simempar sendiri tidak lepas dari fenomena alam yang terjadi di tengah hutan. Sejarahnya, terdapat sebuah pohon besar yang jika dipeluk, bisa membuat bahagia. Bagi yang gundah gulana atau kerap merasa sedih, bisa dicoba.

camping di simempar
Wisata Alam Pohon Damai ini sebenarnya hulu dari 2 buah sungai yakni Lau Buaya dan Sungai Ular yang mengalir di Kabupaten serdang Bedagai dan Deli Serdang.

# Lokasi dan Rute ke Simempar

Jika berniat untuk mengunjungi wisata alam ini, kamu bisa datang ke Desa Simempar, di Kecamatan Gn Meriah, Kabupaten Deli Serdang. Dari Medan, jarak tempuh memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan melalui rute terdekat yaitu Medan - Tanjung Morawa - Tiga Juhar - Gunung Meriah - Desa Simempar.

Baca Juga: 
6 Hotel di Sibolga dengan Sisi Menarik
Bukit Simargalung Ombun, Wisata Terpendam di Tamba Dolok

Jalan ke Simempar kondisinya sudah sangat baik hingga ke pusat retribusi, sudah tersedia area parkir untuk kendaraan roda dua dan empat.

# Retribusi dan Fasilitas

Tiap pengunjung dikenai biaya masuk berdasarkan jumlah kelompok. Semakin banyak semakin murah dengan taksiran dari Rp200.000/grup. Fasilitas yang ada tergolong memadai dan memenuhi kriteria obyek wisata, terlihat dari tersedianya mushola, peralatan camping sistem sewa, gazebo (rumah istirahat) dan toilet.

Masih banyak destinasi populer lainnya di Deli Serdang, sebut saja Agrowisata Paloh Naga dan Lau Mentar Canyon. Nah, jadi sudah berniat menelusuri destinasi yang seru untuk adventure ini? (PSN/AN)
Adventure, Ada Air Terjun Simempar di Wisata Alam Pohon Damai Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/19/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.