Top Ad unit 728 × 90

Bukit Simargalung Ombun, Wisata 'Terpendam' di Tamba Dolok

-- --
Tuk Tuk dan Tomok mungkin tergolong main-stream bagi para adventurer. Bagaimana kalau coba menjelajah tempat wisata baru dan tersembunyi lainnya di Samosir bernama Tamba Dolok?. Ya, di sini terdapat bukit Simargalung Ombun yang menyimpan eksotika Danau Toba.

Berlokasi di Kecamatan Sitiotio, Tamba Dolok memang belum terlalu familiar bahkan cukup jarang dikunjungi wisatawan yang traveling ke Sumatera Utara. Namun, keindahan persawahan yang terhampar luas dan panorama berupa bentang alam di balik Bukit Simargalung Ombun Samosir ini seolah menampilkan sisi lain dari danau Toba.

simargalung ombun dan tamba dolok via @roymblack

Wisata Bukit Simargalung Ombun di Tamba Dolok - Samosir

Desa Tamba Dolok ini sebenarnya berada di seberang Pulau Samosir dan dipisahkan oleh perairan Danau Toba. Secara geografis, posisinya berhadapan dengan Simbolon, Palipi. Jika dari Tele maka perjalanan ke lokasi sekitar 1 1/2 jam.

Kalau dari Medan, jarak ke Tamba Dolok mencapai 215 km dan memakan waktu sekitar 6 jam dengan memakai transportasi roda dua maupun empat. Cukup panjang memang, tetapi keindahan Bukit Simargalung Ombun dan view yang teramat keren pasti akan membuat rasa lelah terbayarkan.

Simargalung Ombun melengkapi Bukit di Sumatera Utara yang patut sekali untuk dieksplor. Dari ketinggian bukit inilah Sitio-Tio terlihat membentang luas dengan pemandangan magis Tao Toba, apalagi terdapat areal sawah hijau sepanjang mata memandang.

bukit simargalung di tamba dolok via @roymblack
Selain Holbung dan Bukit Indah Sitalmak Talmak, spot ini tentu sangat cocok bagi sobat traveler yang pastinya membutuhkan lokasi camping baru. Hobi fotografi? landskap view di bukit ini sepertinya cukup menggoda untuk diabadikan lewat cahaya.

Baca: Samosir Cottage Tuk Tuk Berkonsep Resort

Jalan menuju ke Bukit Simargalung Ombun sudah dapat dicapai dengan kendaraan motor. Akses tersebut dikerjakan oleh masyarakat setempat agar para pengunjung lebih mudah untuk sampai ke puncak.

Terkait retribusi, hingga sekarang biaya masuk sepertinya belum ditetapkan berhubung Simargalung Ombun masih baru dibuka.

tamba dolok via @roymblack

Rute Menuju Desa Tamba Dolok

Tanpa harus menggunakan kapal penyeberangan Danau Toba, kamu bisa mengikuti rute Medan - Kabanjahe - Tele - Tamba Dolok. Lain hal bila kamu memilih jalur penyeberangan maka rute yang harus diambil adalah Medan - Parapat - Samosir - Desa Tamba Dolok.

Spot Lain di Sekitar Tamba Dolok

Di sekitar desa seluas 12,69 km ini juga masih ada sederet wisata menarik lain yakni sebuah air terjun dan Mual Tamba yang merupakan situs budaya bagi marga Tamba, 1 dari 83 pomparan ni Raja Nai Ambaton (Parna).

Sebagai kawasan dengan mayoritas penduduk menopang hidup sebagai petani dan didukung oleh fakta di atas, Tamba Dolok seyogianya memiliki prospek cerah untuk dikembangkan sebagai destinasi agrowisata Kabupaten Samosir (91/PSN).
Bukit Simargalung Ombun, Wisata 'Terpendam' di Tamba Dolok Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/16/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.