Widget HTML Atas

Pusuk Buhit, Gunung di Samosir Seperti Negeri di Atas Awan

Sekilas, Pusuk Buhit merupakan gunung sekaligus situs sejarah budaya yang tergolong sakral di Desa Pardugul, Kabupaten Samosir. Tempat ini diyakini sebagai awal mula hadirnya suku batak. Kendati demikin, bukit ini sangat direkomendasikan bagi petualang lantaran memiliki pemandangan luar biasa keren.

Di balik itu, keindahan Gunung Pusuk Buhit sebenarnya telah banyak memikat hasrat para pendaki, bukan hanya dari Sumut tetapi juga wisatawan nusantara. Tak hanya menawarkan eksotika panorama alam, destinasi menyerupai negeri di atas awan Sumatera Utara ini juga sangat cocok dijadikan tempat wisata camping.

credit: @satryaazmi

Pusuk Buhit

Dengan ketinggian mencapai 1.972 mdpl, anak Gunung Toba ini tampak gagah dan menjulang tinggi di antara perbukitan di kawasan Samosir. Menariknya, obyek tersebut juga dikelilingi oleh sederet destinasi menarik lainnya dan saling berdekatan.

1. Daya Tarik Pusuk Buhit

credit: @iwanvanwillan
Bagi pendaki dan penikmat alam, tak ada lebih indah selain menyaksikan deretan awan bergerombol tepat di depan mata - mengelilingi sebagian langit Danau Toba - muncul pada momen tertentu dan seolah menutupi panorama alam Samosir di kejauhan. Yap, pesona ini memang menjadi incaran wajib pengunjung.

Bagi pecinta fotografi, berburu pemandangan landskap di obyek ini juga sangat menyenangkan. Sebab, latar perbukitan terlihat jelas, pun saat langit begitu cerah, view Danau Toba akan terlihat spektakuler. Di malam hari, pengunjung biasanya mendirikan tenda di beberapa titik yang datar, ada memilih di puncak namun banyak juga lebih mantap di areal kaki bukit.

Baca Juga: Kawasan Wisata Mandeh di Pesisir Selatan

Hampir seluruh kawasan didominasi tumbuhan liar berupa ilalang dan pohon pinus. Yap, vegetasi ini memang sudah seperti 'rupa' dari daratan di sepanjang sisi danau Toba.

Perlu diingat, gunung di Danau Toba tersebut hingga sekarang masih dianggap sakral sehingga tak jarang penduduk desa melakukan ritual adat di lokasi. Sebab itu sangat dianjurkan untuk selalu menjaga sikap dan tutur kata.

2. Jelajah Obyek Wisata di Sekitar

credit @parsamosir
Asiknya lagi nih sobat traveler, lokasinya yang berada di titik tengah membuat wisatawan bisa mengunjungi banyak obyek menarik, seperti Sopo Guru Tatea Bulan yang ikonik dengan rumah parsaktian, selanjutnya Batu Hobon, Pancuran Tujuh Rasa atau Aek Sipitu Dai dan tak ketinggalan Pusat Informasi Geopark.

3. Rute dan Lokasi Pusuk Buhit

credit @sabrinamanalu
Bila tak mau ribet, kamu bisa mengikuti program open trip atau paket wisata Pusuk Buhit dan Danau Toba dari trip organizer. Jika memilih untuk berkelana, kamu bisa berangkat dari Kota Medan dengan rute perjalanan darat yakni Medan - Kabanjahe - Sidikalang (Simpang Tiga) - Tele - Sianjur Mula-mula dengan kurun waktu 6 jam perjalanan.

Dianjurkan untuk via darat, karena aksesnya jauh lebih dekat dan hemat biaya. Nah, jika sudah turun dari spot pendakian tersebut, kamu bisa memilih pulang dari Tomok - Parapat dan menggunakan kapal ferry danau Toba.

Terdapat beberapa jalur ke tempat camping di Samosir ini, tetapi yang lebih terkenal adalah jalur dari Desa Limbong. Sudah tersedia beberapa penunjuk arah menuju spot camping bak negeri di atas awan ini kok. Nah, agar sobat tak tersesat, jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk setempat ya! (SK/PSN)

Berlangganan via Email