Top Ad unit 728 × 90

Keren! Ada Raja Ampat 'Mandeh' di Kawasan Sumatera Barat

-- --
Kawasan Mandeh - Tak harus jauh ke Papua untuk menemukan panorama serupa dengan Raja Ampat, ada destinasi yang hampir mirip bak mutiara tersebut di Pulau Andalas, tepatnya di Sumatera Barat dan diberi nama Kawasan Mandeh.

Kawasan wisata terpadu Mandeh di Pesisir Selatan ini memang tengah naik daun. Uniknya, tempat wisata yang terletak di Sumatera Barat dan cukup dekat dari Kota Padang ini menyuguhkan keindahan biota laut, pemandangan alam serta perbukitan eksotik.

kawasan mandeh via @welly_we24bkey

Kawasan Mandeh, Sumatera Barat

Mandeh memang sudah menarik perhatian traveller sejak 2016 lalu tetapi saat itu akses menuju lokasi masih cukup terbatas. Pada 2019, wisata andalan Sumatera Barat ini akhirnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah lho sobat pariwisatasumut.net, terbukti dari pengerjaan jalan dengan panjang mencapai 41.08 kilometer dan telah rampung dikerjakan.

1. Deretan Obyek Wisata di Mandeh yang Wajib Dikunjungi

Setidaknya ada 8 tempat wisata di Kawasan Mandeh dimana masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Karena itu, sahabat traveler bisa menentukan destinasi mana yang wajib dikunjungi. Yuk, lihat foto-fotonya dulu:

#1 Teluk Mandeh
teluk mandeh via @auridho92
Yang paling banyak menyita traveler dunia adalah diving di Teluk Mandeh. Yap, di kedalaman 25 meter, kamu bisa melihat sebuah kapal karam peninggalan Belanda. Kapal Karam ini diperkirakan tenggelam pada 1915 silam. Kerennya, spot ini sudah termasuk lokasi diving kelas internasional lho!.

#2. Puncak Mandeh
puncak nona via @surya_habibi
Jika ingin menyaksikan landskap Mandeh, maka harus ke spot ini. Birunya laut ditambah view perbukitan sungguh sangat menarik untuk para fotografer. Obyek wisata Mandeh ini sering juga disebut Puncak Nona.

#3. Pulau Setan
pulau setan via @langkah_kaki
Daya tarik dari pulau eksotik ini terlihat dari pasirnya yang berwarna kemerah-merahan. Fasilitas di Pulau Setan akan membuat waktu liburan kamu semakin asik. Ya, di tempat tersebut ada banana boat, speed boat dan beragam permainan air lainnya.

#4. Pulau Sironjong Gadang
sironjong gadang via @ayokapasisia
Spot ini paling banyak dikejar oleh traveler apalagi para pengagum keindahan bawah laut. Disini tersedia area snorkeling lengkap dengan penyewaan. Info tambahan buat penikmat snorkeling, kawasan ini memang kaya akan terumbu karang lho! bayangkan saja, luas area terumbu karangnya saja mencapai 70 hektar.

#5. Sironjong Ketek
sironjong ketek via @hamdi_ozbey
Aktivitas seru yang satu ini tak boleh dilewatkan, kamu akan merasakan sensasi saat melompat dari ketinggian 15 meter dan langsung mendarat di atas laut. Nah, kegiatan ini adanya di Pulau Sironjong Ketek,

#6. Pulau Cubadak
pulau cubadak via @genosurbakti09
Gak sedikit juga wisatawan yang berharap bisa menginap di salah satu hotel di Mandeh ini. Terkesan jauh dari keriuhan, Pulau cubudak memang paling menyenangkan untuk bersantai. Uniknya, sebagian penginapan di Pulau cubudak ini berada di atas laut lho! ala-ala Maldive lah.

#7. Pulau Kapo-Kapo
pulau kapo-kapo via @diof9
Kawasan Mandeh juga punya hutan mangrove alami. Di sini sobat traveler bisa menikmati keindahan pohon bakau yang tumbuh lebat di sepanjang alur lintasan dengan menaiki perahu.

#8. Air Terjun dan Sungai Gemuruh
air terjun gemuruh via @mercy_mochtar
Nah, ini sebenarnya bisa kamu kunjungi ketika ingin pulang ke dari Mandeh ke Padang. Air terjunnya masih tergolong alami dan pastinya menyegarkan.

2. Rute dan Lokasi Kawasan Mandeh

Mandeh berada di Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan dapat ditempuh dari Kota Padang dengan waktu perjalanan sekitar 1 sampai 1,5 jam melalui rute: Padang - Jalan Lintas Barat Sumatera - Sigunturmuda - Koto XI Tarusan - Pelabuhan Carocok Terusan (Mandeh).

Dari pelabuhan Carocok Terusan, sobat wisata akan menyeberangai teluk ke sederet obyek wisata di atas dengan menggunakan kapal motor.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumatera Barat

3.Estimasi Biaya Wisata di Kawasan Mandeh

Rata-rata biaya sewa naik kapal motor per hari sekitar Rp500 - 600ribu. Selain itu, kamu juga bisa kok menggunakan transportasi publik alias kapal penyeberangan yang ada di pelabuhan Carocok Terusan.

Nah, soal tempat menginap kamu bisa memilih di 2 lokasi. Pertama, ada villa mewah di Pulau Cubadak. Namun, harganya cukup lumayan sekitar 2 juta untuk biaya sewa satu malam. Mau yang lebih murah? ada juga di Pulau Kapo-Kapo yang harganya lebih terjangkau. (Th.E/PSN)*
Keren! Ada Raja Ampat 'Mandeh' di Kawasan Sumatera Barat Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/10/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.