Widget HTML Atas

8 Tempat Wisata di Mandeh 2020, Kawasan 'Raja Ampat' Sumbar

Kawasan Mandeh - Tak harus jauh ke Papua untuk menemukan panorama serupa dengan Raja Ampat, ada destinasi yang hampir mirip bak mutiara tersebut di pulau bagian Andalas, tepatnya di Sumatera Barat dan lokasinya diberi nama: Kawasan Wisata Mandeh.

wisata mandeh
Lokasi: Kawasan Wisata Mandeh - Gambar: @welly_we24bkey
Kawasan Wisata Mandeh merupakan destinasi terintegrasi di Koto IX, Sumatera Barat. Beragam tempat wisata di Mandeh bisa dijadikan tujuan liburan panjang meliputi pulau, teluk, dan pantai. Adapun yang menjadi atraksi utama di wilayah pesisir selatan seluas 18.000 hectare ini adalah keindahan biota laut, pemandangan alam serta puncak perbukitan eksotik.

Destinasi wisata Pulau Mandeh sendiri, sebetulnya telah menjadi perhatian traveler dunia sejak 2016. Namun, kala itu akses menuju lokasi masih cukup terbatas. Pada 2019 tempat ini akhirnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Demi mengoptimalkan lajur penghubung, pengerjaan jalan darat dengan panjang mencapai 41.08 kilometer pun dilakukan.

8 Tempat Wisata di Mandeh

Perjalanan ke Mandeh dari Padang dapat menggunakan transportasi darat. Selain mengikuti tour yang ditawarkan travel agent dengan ragam paket wisata, Traveler sebenarnya bisa berkunjung ke sana sendiri. Tentunya dengan tips hemat yang kami lampirkan pada akhir ulasan.

Setidaknya ada 8 tempat di kawasan wisata Mandeh yang mana masing-masing punya keunikan dan daya tarik otentik. Karena itu, sahabat traveler bisa menentukan destinasi pertama yang akan dikunjungi sekaligus apa saja aktivitas wisata di setiap area.

Objek wisata Mandeh terletak di beberapa area utama yakni 3 nagori dan tujuh desa. Paling populer dikunjungi yakni Pulau Kapo-kapo, 2 pulau Sironjong dan pulau Marak. Sedangkan kawasan yang sudah mendunia dan bisa dikatakan asal mula disebut Raja Ampat Sumatera adalah pulau Cubadak.

Berlibur ke Mandeh tentu akan membuat terpukau, apalagi jika mengunjungi 8 tempat wisata yang kami rekomendasikan berikut.

1. Teluk Mandeh

wisata mandeh
Lokasi: Teluk Mandeh - Gambar: @auridho92
Wisata pertama yang terdapat di Mandeh adalah Teluk. Sisi barat dan selatan teluk ini diapit oleh bukit. Pada bagian depan terbentang laut luas yang dasarnya merupakan tempat tinggal ratusan jenis terumbu karang. Kawasan khusus seluas tujuh puluh (70) hektar tersebut mendapat perlindungan dari pemerintah dan ditetapkan menjadi bagian utama Taman Nasional Laut Mandeh.

Puluhan meter dari teluk ini, ada satu objek wisata bawah laut favorit turis mancanegara, yaitu kapal MV Boelengan. Bangkai kapal tersebut sudah tersimpan ratusan tahun lamanya sehingga dihuni oleh ikan dan tumbuhan laut. Kebanyakan para deep diver memilih spot menakjubkan ini untuk diving.

Yap, di teluk dengan kedalaman 25 meter, diver bisa menengok kapal karam peninggalan Belanda. Kapal ini diperkirakan tenggelam pada 1915 silam. Kerennya, spot ini sudah termasuk lokasi diving kelas internasional lho.

2. Puncak Nona

puncak nona di mandeh
Lokasi: Puncak Nona Mandeh - Gambar: @surya_habibi
Jika ingin menyaksikan landskap Mandeh, maka harus ke puncak yang ada di dataran tinggi Mandeh ini. Birunya laut ditambah view perbukitan sungguh sangat menarik untuk para fotografer. Objek wisata Mandeh ini menjadi tempat paling asoy untuk bersantai.

Puncak di titik tertinggi kawasan Mandeh ini sering dipanggil Puncak Nona. Keindahan yang terpatri selalu membuat pelancong melongo. Panorama berupa gugusan pulau-pulau kecil yang lamat-lamat terlihat berbanjar sangat menakjubkan untuk dipandangi.

Baca Juga: Destinasi Wisata Pantai di Padang

3. Pulau Setan

pulau setan wisata mandeh
Lokasi: Pulau Setan Mandeh - Gambar: @langkah_kaki
Destinasi ketiga yang namanya mungkin sedikit menyeramkan di wisata Mandeh ialah Pulau Setan. Tempat ini tak pernah sunyi dari keberadaan wisatawan. Justru menjadi incaran turis lokal yang ingin berenang di pantai.

Daya tarik dari pulau eksotik ini terlihat dari pasirnya yang berwarna kemerah-merahan. Fasilitas di Pulau Setan akan membuat waktu liburan kamu semakin asik. Ya, di tempat tersebut ada banana boat, speed boat dan beragam permainan air lainnya.

Pulau di Mandeh yang sedang dibahas ini memang fokus dikembangkan sebagai tujuan wisata keluarga. Untuk mengakomodir kebutuhan dan membuat pelancong nyaman selama berlibur di lokasi, maka fasilitas permainan air terus dilengkapi.

4. Pulau Sironjong Gadang

kawasan wisata mandeh
Lokasi: Sironjong Gadang - Gambar: @ayokapasisia
Pulau Sironjong Besar adalah spot terbaik untuk aktivitas snorkeling yang dapat ditemui di wisata Mandeh. Tempat berlibur ini sangat spesial sebab pengunjung tak perlu susah-payah mencari lubuk yang banyak ikannya. Saat terjun ke dalam lautnya yang bening, ribuan ikan akan langsung mengelilingi wisatawan.

Ikan-ikannya doyan diajak berselfie, jadi saat Anda dolan ke Mandeh, area ini wajib dimasukkan ke bucket list. Selain ikan berwarna-warni yang hilir mudik, terumbu karangnya juga awesome!. Karena itu, pastikan membawa kamera underwater terbaik ya.

Faktanya, tempat snorkeling di wisata Mandeh ini merupakan tujuan berlibur paling banyak dikejar oleh traveler apalagi para pengagum keindahan bawah laut. Sebab itu masyarakat sekitar menyediakan sewa alat snorkeling. Setelah mengenakan pakaian renang dan perlengkapan snorkel, puaskan diri Anda menjelah terumbu karang di kawasan konservasi seluas 70 hektar tersebut.

5. Pulau Sironjong Ketek

pulau sironjong ketek mandeh
Lokasi: Pulau Sironjong Ketek - Gambar @hamdi_ozbey
Aktivitas seru yang satu ini tak boleh dilewatkan, kamu akan merasakan sensasi saat melompat dari ketinggian 15 meter dan langsung mendarat di atas laut. Nah, kegiatan ini adanya di Pulau Sironjong Ketek.

Untuk bisa menikmati atraksi wisata di Pulau Sironjong Ketek, Anda harus menyewa kapal dulu supaya sampai di dermaga pulau. Satu kali perjalanan, biaya sewa kapal yang muat untuk 13 orang kurang lebih 700 ribu. Ke sini itu sih bagusnya ramai-ramai ya, supaya irit biaya dan murahan dikit.

Bagi pecinta olahraga ekstrim, Pulau Sironjong Ketek adalah spot yang wajib dicoba area clif jump-nya. Dari seluruh area wisata di Mandeh, inilah yang membuat pulau kecil ini begitu diminati oleh wisatawan bernyali besar. Pernah terpikir serunya lompat dari ketinggian 25 meter dan langsung terjun ke permukaan laut Di sini Anda bisa puas mencobanya.

6. Pulau Cubadak yang Eksklusif

wisata mandeh
Lokasi: Pulau Cubadak Mandeh - Gambar: @genosurbakti09
Gak sedikit juga wisatawan yang berharap bisa menginap di salah satu hotel di Mandeh ini. Terkesan jauh dari keriuhan, Pulau Cubudak memang paling menyenangkan untuk bermalam. Apalagi penginapannya berada di atas laut, jadi sepintas ala-ala Maldive.

destinasi wisata Mandeh berupa pulau ini terkesan eksklusif, hanya orang-orang berduit saja yang kerap menyambangi tempat tersebut. Mungkin bagi backpacker, akan berpikir puluhan kali sebelum ke sana. Tapi kalau bajet cukup, semalam saja di sini rasanya sangat menyenangkan.

7. Wisata Mangrove di Pulau Kapo-kapo

pulau kapo kapo wisata mandeh
Lokasi: Pulau Kapo-Kapo - Gambar: @diof9
Kawasan Mandeh juga memiliki destinasi ekowisata yakni Pulau Kapo-kapo yang merupakan bagian dari 389 hektar kawasan hutan mangrove. Kegiatan wisata andalan di sini ialah menyaksikan keindahan pohon bakau yang tumbuh lebat di sepanjang alur lintasan dengan menaiki perahu.

Di kawasan wisata terpadu yang mengandalkan potensi hutan mangrove ini berdiri beberapa homestay berkonsep back to nature. Sebagian besar dikelola oleh warga sehingga tarifnya jauh lebih terjangkau dibandingkan resort di Pulau Cubadak

Mangrove di wisata Mandeh sangat menyejukkan sekaligus instagramable. Selain panoramanya yang selalu hijau, keunikan lain dari destinasi ini ialah kawasannya yang hampir semua tergenangi oleh air rawa. Anda tak ingin melewatkan sensasi bermalam di Pulau Koto-koto, kan?.

8. Air Terjun Gemuruh

air terjun gemuruh mandeh
Lokasi: Air Terjun Gemuruh Mandeh - Gambar: @mercy_mochtar
Belum cukup jika Anda tak menyempatkan diri singgah ke destinasi alam jika sedang berjalan-jalan di kawasan wisata Mandeh. Dan sebagai penutup perjalanan Anda, Air Terjun Sungai Gemuruh adalah tempat wisata terakhir yang selalu direkomendasikan tour guide lokal Mandeh Island.

Letak Air terjun Gemuruh hanya 20 menitan dari dermaga Pelabuhan Carocok dengan menggunakan kapal. Wisata alam ini dianggap menjadi salah satu nilai tambah bagi kawasan Mandeh. Ya, wisatawan tak melulu disuguhi panorama laut lagi karena keberadaan air terjun setinggi 15 meter ini.

Nah, ini sebenarnya bisa kamu kunjungi ketika ingin pulang ke dari Mandeh ke Padang. Air terjunnya masih tergolong alami dan pastinya menyegarkan.

Rute dan Lokasi Kawasan Mandeh 

Mandeh berada di Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan dapat ditempuh dari Kota Padang dengan waktu perjalanan sekitar 1 sampai 1,5 jam melalui rute: Padang - Jalan Lintas Barat Sumatera - Sigunturmuda - Koto XI Tarusan - Pelabuhan Carocok Terusan (Mandeh).


Dari pelabuhan Carocok Terusan, sobat wisata akan menyeberangai teluk ke sederet obyek wisata di atas dengan menggunakan kapal motor.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumatera Barat

3.Estimasi Biaya Wisata di Mandeh

Rata-rata biaya sewa naik kapal motor per hari sekitar Rp500 - 600ribu. Selain itu, kamu juga bisa kok menggunakan transportasi publik alias kapal penyeberangan yang ada di pelabuhan Carocok Terusan. Minusnya, tidak semua bisa dijangkau.

Nah, soal tempat menginap kamu bisa memilih di 2 lokasi. Pertama, ada villa mewah di Pulau Cubadak. Namun, harganya cukup lumayan sekitar 2 juta untuk biaya sewa satu malam. Mau yang lebih murah? ada juga di Pulau Kapo-Kapo yang harganya lebih terjangkau. Itu dia informasi tentang tempat wisata di Mandeh, siap untuk berlibur?

Berlangganan via Email