Top Ad unit 728 × 90

Zodiak Batak 'Parmesana 12' yang Tak Banyak Orang Tahu

Ilmu perbintangan rupanya tak hanya dimiliki oleh Yunani Kuno. Namun, Suku Batak di Sumatera Utara juga ternyata punya astrologi sendiri, terdiri dari 12 zodiak dan dikenal dengan istilah Parmesana 12.

Nah, zodiak Batak atau Parmesana Sappuludua (12) yang dilambangkan melalui benda dan makhluk hidup tersebut juga disesuaikan dengan Parhalaan (kalender Batak). Uniknya, setiap rasi bintang Batak ini dipercaya bisa menentukan sifat atau karakter dari seseorang.

ZODIAK BATAK PARMESANA 12

Dari Marumba, Martiha, Tola hingga Harahata, berikut adalah deskripsi terkait zodiak Batak etnis Toba yang tak banyak orang tahu.


1. MARUMBA (9 FEBRUARI - 10 MARET)

marumba
Jika teman traveller lahir sesuai tanggal di atas, maka Marumba adalah zodiak versi Batak yang kamu punya. Ciri khas dari Marumba itu jiwa sosialnya tinggi, gampang beradaptasi dengan lingkungan dan punya otak encer alias cerdas. Sayangnya, bintang lahir berlambang periuk ini orangnya suka pelupa.

Kalau lagi liburan, zodiak ini bakal jadi partner traveling yang asik karena mudah menyesuaikan diri di tempat-tempat baru. Apalagi Marumba tidak tega lihat orang yang lagi susah.

2. MENA (11 MARET - 12 APRIL)

mena
Pisces versi Batak nih, soalnya lambangnya juga ikan. Nah, sisi baik dari Mena adalah karakter yang gak mau menang sendiri, nggak keki dengan lingkungan baru. Tetapi ya begitu, sifatnya sedikit pelit, setuju?

Seru kan? kalau Mena diajak jalan-jalan bareng, mereka bakal perhatian banget sama orang-orang yang ikut serta di dalam trip. Ditambah doi mudah melebur di tengah lingkungan baru.

3. GORDA (13 APRIL - 14 MEI)

gorda
Wah, ini zodiak lambangnya Kambing lho!. Jadi, misalnya kamu lahir seperti tanggal di atas, biasanya dikenal lewat wawasan yang luas, sedikit liar, suka tantangan alias hal-hal baru dan tidak mudah menyerah alias fighter sejati. Sisi tak enaknya, Gorda itu agak cengeng.

Teman Traveller yang lahir di tanggal 13 April - 14 Mei biasanya sering penasaran dengan obyek wisata tersembunyi dan kalau mendaki gunung, gak bakal pulang sebelum sampai di puncak.

Baca Juga: Tahap Pernikahan Adat Batak

4. MARSOBA (15 MEI - 16 JUNI)

marsoba
Sesuai lambangnya yakni kupu-kupu, Marsoba identik sebagai pribadi yang telaten, penyabar, bisa mengatur pengeluaran dan kemampuan merayunya di atas rata-rata.

Eits, teman yang lahir dengan zodiak Batak pada 15 Mei - 16 Juni dan berlambang Marsoba ini paling bisa diandalkan saat harus menyewa mobil rental yang wajib tawar-menawar, soalnya pintar merayu!

5. NITUNA (17 JUNI - 18 JULI)

nituna
Digambarkan dengan cacing, lambang dari Nituna lumayan unik nih. Kalau lahir tanggal 17 juni sampai 18 juli, maka sosok berjiwa sosial, cerdas dan sifatnya sedikit ababil alias tidak konsisten akan ada pada Zodiak Nituna.

Intinya, kalau kamu punya teman berbintang Nituna harus sedikit bersabar. Biasanya suka batal ikut trip padahal udah dikabarin jauh-jauh hari. Tapi beruntungnya, Nituna itu tergolong cerdas, kalau diajak bikin aksi sosial pasti deh nggak nolak.

6. MAKARA (19 JULI - 20 AGUSTUS)

makara
Ini pasti keluarga Crusty Crab di kartun Sponge Bob karena dilambangkan dengan kepiting. Baiknya, makara memiliki karakter paling loveable, sifatnya lembut dan juga penyayang ditambah kemampuan mengatur keuangan setara S2. Selain itu, pribadinya sedikit introvert dan suka memilih untuk menyendiri dari keramaian.

Traveling bareng zodiak Makara sepertinya seru banget ya? tetapi bisa-bisa jatuh cinta nih karena doi orangnya penyayang.

Baca Juga: Hotel dan Penginapan di Balige

7. BABIAT (21 AGUSTUS - 22 SEPTEMBER)

babiat
Selanjutnya ada Babiat yang lahir pada 21 Agustus hingga 22 September dan punya lambang Si Raja Singa atau dalam bahasa Batak disebut Babiat.

Seperti Singa pada umumnya, zodiak Babiat memiliki karakter bak pahlawan yang pemberani, setiap omongannya bisa dipegang dan gak mau bawa lari uang trip karena jujur dan bisa dipercaya. Tetapi harus ekstra cepat mengenal geliatnya yang mudah marah.

8. HANIA (23 SEPTEMBER - 24 OKTOBER)

hania
Lagi cari nama anak? bisa pakai Hania deh kalau tanggal kelahirannya di antara 23 September sampai 24 Oktober. Dari semua zodiak Batak, rasi bintang dengan lambang burung Elang ini kelasnya lebih branded. Mulai dari pemikiran kritis serta tak mudah tergoda, mengerjakan sesuatu juga selalu telaten dan cerdik.

Dari semua sifat zodiak Hania yang tertera, bisa disimpulkan kalau kelahiran 23 September sampai 24 Oktober bisa jadi ketua rombongan trip paling kompeten, iya kan?

9. TOLA (25 OKTOBER - 26 OKTOBER)

tola
Di urutan ke 9, ada Tola yang ikonik dan berlambangkan Pohon. Lahir pada tanggal 25 Oktober - 26 November? bisa jadi Traveler yang tidak kalah lembut dan sabar dari zodiak Marsoba.

Di samping itu, Tola bukanlah orang yang gampang menghablur dengan sekitar, jadi jangan bawa dia traveling ke tempat yang aneh-aneh ya.

10. MARTIHA (27 NOVEMBER - 28 DESEMBER)

martiha
Punya lambang batu, Martiha ini adalah zodiak untuk setiap orang yang lahir di tanggal 27 November sampai 28 Desember. Cocok sekali jadi pengusaha berkat karakter yang ambisius dan ulet dalam bekerja, namun kalau gagal, orangnya bakal tabah dan kembali mengulang demi meraih apa yang sudah jadi impian terbesarnya.

Misal jadi partner liburan, zodiak Batak yang satu ini tetap menyenangkan kok lantaran sikapnya yang gak mau menang sendiri.

Baca Juga: Jenis Pakaian Adat Sumatera Utara

11. DANO (29 DESEMBER - 30 JANUARI)

dano
Zodiak Batak yang menaruh perhatian besar terhadap bidang sosial, telaten serta memiliki kecerdasan alami akan melekat terhadap sosok Dano yang dilambangkan dengan Air. Minusnya, Dano agak sombong tetapi jumlahnya sedikit kok.

Dano itu serunya kalau diajak nge-trip ala kaum jetset alias high class. Walau demikian, sosok yang lahir pada 29 Desember hingga 30 Januari ini tetap enjoy kalau terlibat dalam trip berkonsep responsible tourism.

12. HARAHATA (31 JANUARI - 8 FEBRUARI)

harahata
Jangan sepele deh meski lambangnya kodok, soalnya Harahata yang diperuntukkan bagi kelahiran 31 Januari - 8 Februari tersebut sama beraninya seperti Babiat. Penampilan dari Harahata juga punya magis tersendiri, bisa bikin orang sekitarnya terpikat.

Lebih lanjut, Zodiak Batak terakhir ini pun tekun dan telaten saat mengerjakan sesuatu. Pas banget sih kalau jadi travel planner yang mengatur itinerary trip.

Karakter dari seluruh zodiak Batak yang sudah disebutkan di atas juga ditentukan oleh tahun dan waktu kelahiran. Menurut Pustaha Batak, salah satu Suku Terbesar di Indonesia ini juga percaya akan adanya hari baik dan hari buruk (AN/PSN)
Zodiak Batak 'Parmesana 12' yang Tak Banyak Orang Tahu Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/26/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.