Top Ad unit 728 × 90

Tiket masuk dan lokasi Bukit Gibeon, wisata Sibisa dekat Parapat

bukit gibeon sibisa
Spot wisata berupa alam dan religi (rohani) memang jarang sekali ditemukan. Namun, Sumatera Utara rupanya memiliki perpaduan dari 2 jenis destinasi tersebut yang sudah dibuka untuk publik sejak 2016 silam yakni Bukit Gibeon Sibisa.

Nah, Bukit Gibeon jaraknya memang dekat dari Parapat. Hal itu juga yang menjadi alasan tambahan mengapa wisata Sibisa selalu dipadati pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. Apalagi destinasi ini termasuk menarik, punya banyak kolam renang dan bangunan ibadah unik sehingga cocok untuk lokasi retreat.

Wisata Bukit Gibeon Sibisa

Daya tarik spot wisata Tobasa yang berada di dekat Parapat ini terletak pada topografi alamnya yang memukau secara visual. Disamping itu, destinasi seluas 20 hektar tersebut cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

1. Wisata Bukit Gibeon yang Dekat dari Parapat

kolam renang - credit: @sinaga_yanti
Tau gak? destinasi di lingkar pesona Danau Toba ini durasi jaraknya cuma tiga puluh menit lho jika ditempuh dari Kota Parapat, cukup dekat kan? maka, kalau teman Traveler tengah berlibur ke pintu gerbang geopark Toba, pastikan untuk menyempatkan diri untuk bertamasya kesini.

Diprakarsai oleh pimpinan Bukit Seminari Bukit Gibeon (PSBG), Luceria Siagian, wisata di Sibisa tersebut terdiri dari beberapa area spiritual mulai dari menara doa, gereja, taman, tempat penginapan dan juga fasilitas retreat lainnya yang lengkap.

Akses dari Parapat ke tempat ini dapat ditempuh baik dengan kendaraan roda empat maupun dua. Gampangnya, teman Traveler juga bisa menggunakan bus damri Silangit yang beroperasi setiap hari dan melayani 4 loop sekaligus.

2. Kegiatan Asik Saat di Gibeon Sibisa

menara segala doa - credit: @marselsiahaan
Sebagai pusat seminari, wisata Sibisa pas banget untuk Traveler yang mau bikin kegiatan retret bareng teman gereja. Bisa pula direkomendasikan untuk perkumpulan paduan suara atau lainnya. Di malam hari, nuansanya tentram dan terhindar dari kebisingan. Ditambah lagi, area wisatanya terpisah jauh dari area atau spot spiritual.

Kalau untuk one day trip, tentunya sangat menyenangkan. Disini, kolam untuk renang ada beberapa buah, dibedakan sesuai dengan usia si pengunjung, yaitu untuk anak-anak, dewasa dan bahkan tersedia pula untuk atlet.

area yang luas - credit: @agusmulialial
Tak ketinggalan adalah air terjun setinggi 7 meter yang jatuhnya langsung ke dalam kolam. Ya, pemandangan inilah yang membuat wisata Toba Samosir tersebut langsung viral sejak pertama kali dibuka untuk wisatawan pada 2016 lalu.

Uniknya lagi, kolam-kolam di Gibeon Sibisa memiliki suhu air yang ekstra dingin. Bahkan saat Traveler berkunjung saat siang terik, dijamin bakal menggigil kedinginan. Pemandian terbuka ini kondisinya sangat jernih dan bersih sehingga aman untuk berenang seharian.

Sekarang, wahana wisata di kawasan Sibisa ini telah dikembangkan. Sebut saja kolam bebek-bebekan yang diperuntukkan bagi pengunjung. Wahana air tersebut kini menambah deretan spot keren yang patut dicoba.

rumah doa segala bangsa - credit: @elisabethnal
Tidak kalah menarik yakni mengelilingi sebagian spot wisata rohani di Gibeon. Misalnya, berkunjung ke gedung bercat putih dengan atap berwarna ungu yang dinamai Menara Doa Segala Bangsa. Bangunan tersebut banyak dijadikan spot foto favorit oleh wisatawan sangking uniknya.

Seluruh kawasan yang menyatu dengan Komplek Yayasan Pendidikan Yapim Taruna ini memang instagenik, dari pintu gerbang hingga ke kolam renangnya seolah tak membosankan untuk kegiatan berfoto.

spot foto menarik - credit: @aretaadriella
Di Gibeon Sibisa pun ada kebun buah-buahan yang bisa dibawa pulang setelah dibeli sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah atau sekedar camilan ketika berlibur di Wisata Bukit Gibeon.

3. Tiket Masuk Wisata Bukit Gibeon Sibisa

Momen liburan disini akan sebanding dengan biaya masuk yang wajib dikeluarkan. Tiket masuk ke Gibeon hanya Rp10.000/pengunjung sedangkan untuk biaya parkir per kendaraan dikenai tarif sebesar Rp2.000.

4. Rute dan Lokasi Wisata Bukit Gibeon Sibisa

Destinasi unik ini terletak di Desa Parsaoran Sibisa yang secara administratif masuk ke wilayah Kecamatan Ajibata, Lumban Julu, Sionggang Utara di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Durasi tempuh dari Parapat sekitar 15,4 km melalui rute Parapat - Jalan Lintas Tengah Sumatera - Jalan Siborong-Borong - Sibisa.

Review sekaligus informasi mengenai tiket masuk dan lokasi Bukit Gibeon yang tempatnya dekat sekali dari Parapat di atas semoga bisa jadi rujukan saat berlibur atau menjelajah pesona Tobasa. (WP/PSN).
Tiket masuk dan lokasi Bukit Gibeon, wisata Sibisa dekat Parapat Reviewed by Pariwisata Sumut on 5/17/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.