Top Ad unit 728 × 90

Pulau Siba, Resort Wisata di Belawan yang Masih Tersembunyi

-- --
pulau siba island resort
Sumatera Utara memiliki deretan pulau eksotis cukup banyak yang dapat dijadikan tujuan berlibur. Selain Pulau Sibandang di ujung Danau Toba, ternyata masih ada destinasi lain di sekitar daerah Medan Belawan yang belum banyak diketahui orang yaitu Pulau Siba.

Sebenarnya, Pulau Siba termasuk salah satu tempat wisata di Deli Serdang yang masih tersembunyi. Namun, lokasi Siba Island Resort yang diketahui terletak di pesisir Hamparan Perak membuat aksesnya lebih mudah dicapai dari Pelabuhan Belawan.

Pulau Siba

Dijuluki sebagai satu-satunya wisata pulau di Utara Medan, Siba Island Resort berada di Desa Sei Baharu. Dengan luas daratan mencapai 14 hektar dan dikelilingi oleh hutan mangrove dan laut, lantas apa saja sih daya tarik wisata Belawan ini?

1. Siba Island Resort Dilengkapi Banyak Fasilitas

wisata siba island
Dahulu, wisata di Belawan ini ternyata tidak memiliki nama lho!, tetapi sejak dibuka dan dikelola oleh sang pemilik yakni Syarifuddin Siba, akhirnya dibuatlah nama Siba Island. 

Wajah pulau yang dulunya dipakai untuk tempat pertambakan ikan di Belawan tersebut pun lantas berubah. Ditandai dengan pembangunan wahana wisata yang menawan seperti kolam renang, restoran, waterboom, hall room dan penginapan berbentuk hotel resort.

Tarif cottage dan hotel untuk 1 malam menginap dibandrol dari harga Rp600 ribu. Tetapi pulau tersebut dibuka juga untuk umum nih, dalam artian pengunjung nggak harus menginap.

2. Kegiatan Wisata di Pulau Siba

wisata resort
Keunikan dari pulau ini tentu tak lepas dari gambaran daerah pesisir dimana tumbuh hutan bakau dengan vegetasi cukup lebat. Itulah mengapa pada 2007 silam, Pulau tersebut sempat ditetapkan sebagai pusat pencanangan sumber daya hayati di kawasan Pantai Timur.

Bukan hanya pemandangan hutan bakau, pulau ini pun sudah tertata, beragam tumbuhan lain seperti pohon palem, cemara dan buah-buahanan menghiasi seluruh area dan sekaligus menjadi pembatas bangunan cottage yang ada disini sehingga tampak lebih asri.

Turis yang datang dapat menikmati atraksi wisata menarik seperti bermain jet ski atau banana boat. Bagi mancing mania sudah tersedia kolam ikan khusus. Tetapi bila memilih untuk memancing di laut lepas, traveler bisa menyewa speed boat milik Siba Island dan menyusuri muara sungai Baharu.

3. Begini Cara ke Pulau Siba 

credit: mh fathul
Tidak terlalu sulit untuk sampai ke pulau ini. Bagi yang berangkat dari Kota Medan, ambil rute ke Jalan Serma Hanafiah, Pelabuhan Belawan. Disini terdapat dermaga khusus yang digunakan oleh Siba Island Resort untuk mengangkut tamu pulang-pergi.

Biasanya tamu yang hendak ke pulau akan dikenakan biaya Rp100.000/orang dengan menggunakan transportasi laut berupa speed boat. Nggak lama kok, durasi perjalanannya hanya sekitar 25 menit. Jika ingin lebih murah, dapat menyewa kapal nelayan di sekitar Hamparan Perak.

Ya, konsepnya sama seperti Hotel Tiara Bunga di Balige, satu-satunya akses penghubung antara daratan dan pulau hanyalah transportasi laut.

4. Lokasi dan Tiket Masuk Pulau Siba

kondisi lokasi
Kalau dari Dermaga Belawan, waktu tempuhnya hanya 20 menit. Lokasinya ada di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Supaya tidak tersesat, bisa ikuti panduan peta berikut: titik koordinat lokasi atau kontak telepon via (061) 7321851.

Bagi pengunjung biasa, harga masuknya Rp30.000/orang dan sudah include menikmati seluruh wahana disini.

Agak disayangkan, akhir-akhir ini kondisi pulau banyak membuat wisatawan kecewa lantaran kurangnya perawatan. Apalagi menurut rumor beredar, Pulau Siba sedang dijual. Meski begitu, pulau yang masih tersembunyi ini sepertinya oke juga untuk dijadikan tempat berlibur alternatif bagi orang Medan sekitarnya.
Pulau Siba, Resort Wisata di Belawan yang Masih Tersembunyi Reviewed by Pariwisata Sumut on 7/07/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.