Top Ad unit 728 × 90

Batang Gadis dan Bentang Sorik Marapi di Ketinggian 2.145 Mdpl

Batang Gadis National Park dan Gunung Sorik Marapi merupakan bagian dari wilayah konservasi alam yang berada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) sendiri bernaung di bawah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sebagai upaya pelestarian terhadap flora dan fauna yang ada di sepanjang bentang alam TN Batang Gadis.


Sejarah Taman Nasional Batang Gadis

Penetapan Batang Gadis sebagai taman nasional berlangsung pada 2004 silam atas prakarsa pemerintahan daerah (Pemda Madina), masyarakat sekitar dan pemerhati lingkungan untuk menjaga kearifan lokal serta mempertahankan keasrian lingkungan hidup yang kemudian disetujui oleh Menteri Kehutanan saat itu.

Kawasan yang dulunya memiliki luas mencapai 108.000 ha ini mengalami pengurangan lahan pada tahun 2012 dan saat ini tersisa seluas 72.803,75 ha.

Tonton Video Gunung Sorik Marapi dan Taman Nasional Batang Gadis


Pengembangan Ekowisata di Batang Gadis National Park

Di TN Batang Gadis terdapat beberapa destinasi wisata yang dibuka untuk untuk umum diantaranya Sungai Ngai Sihayo, Air Terjun Langit Saotik, Danau Saba Begu dan jalur pendakian Gunung Sorik Marapi (2.145 mdpl).

Di sekitar Taman Nasional Batang Gadis pun kini sudah berdiri sebuah kawasan Ekowisata bernama Bara Indah Permai  yang mencakup 3 desa yakni Sopotinjak (STPN Wilayah III Muarasoma), Desa Sibanggor dan Desa Pastap Julu (STPN Wilayah II Kotanopan).

Baca Juga:
Tempat Wisata di Toba Samosir 
Tempat Wisata di Pamah Simelir Langkat 

Batang Gadis National Park mulai ramai dikunjungi oleh para pendaki yang berasal dari Medan dan luar kota. Banyak juga mahasiswa dari berbagai kampus/universitas yang datang untuk melakukan penelitian (LN/PSN).
Batang Gadis dan Bentang Sorik Marapi di Ketinggian 2.145 Mdpl Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/07/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.