Top Ad unit 728 × 90

Raja Ampat Madina, Indahnya Wisata Pondok Lima di Mandailing Natal

-- --
raja ampat madina
Dibalik pesona alam yang menakjubkan, ternyata ada destinasi tersembunyi bernama Raja Ampat Madina yang dapat dikatakan sebagai tempat wisata terbaru di kecamatan Muara Batang Gadis, Mandailing Natal.

Julukan Raja Ampat Madina berasal dari turis yang terpesona setelah mengunjungi Wisata Pondok Lima. Mereka mengaku penampakan wisata di Batang Toru - Mandailing Natal ini sedikit mirip dengan Pianemo di Papua karena menawarkan pemandangan danau yang indah berpadu dalam gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Raja Ampat Madina

Berlokasi di Jalan Lintas Batang Toru - Pantai Barat, tepatnya di Desa Batu Mundom dan dapat ditempuh dari Panyabungan dengan jarak sekitar 204 kilometer.

1. Wisata Pondok Lima di Desa Batu Mundom

wisata pondok lima
Eloknya wisata Pondok Lima baru mendapat perhatian beberapa waktu terakhir. Daya tarik berupa gugusan pulau-pulau hijau dengan jumlah ratusan buah di kawasan ini memang sedap dipandang mata. Jika dilihat dari atas, panorama yang disajikan sepintas menyerupai Raja Ampat.

Keindahan lain dari objek Wisata Pondok Lima adalah perbukitan yang menjulang di semua sisi dan seolah membentuk laguna versi air tawar. Pesona alam Mandailing Natal di kawasan Muara Batang Gadis yang menawan tersebut tentunya rugi untuk diabaikan.

Danau air tawar di Desa Batu Mundom yang berbentuk memanjang ini cukup luas. Namun, airnya berwarna coklat tua dan tidak jernih. Letak yang persis di tepi jalan raya pun memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Raja Ampat Madina adalah di waktu siang dan sore. Pasalnya, dari pukul 10.00 hingga 17.00 pantulan sinar matahari yang cerah akan membuat pemandangan di sini terlihat lebih jelas tanpa dihalangi kabut atau awan.

2. Kegiatan Wisata di Raja Ampat Madina


Ekosistem Raja Ampat Madina di Kec. Muara Batang Gadis yang begitu potensial ini recommended untuk dikunjungi, meski masih sangat membutuhkan sentuhan berupa pengembangan amenitas dan sarana wisata.

Di sini, pengunjung biasanya menikmati pemandangan epik Pondok Lima langsung dari tepi jalan atau memilih spot yang dinilai bagus untuk berfoto. Untuk menyaksikan view dengan cakupan lebih luas, kamu dapat mencoba naik ke perbukitan kecil.

Sejatinya, objek wisata di Muara Batang Gadis ini juga menarik untuk dijadikan sebagai tempat foto prewedding outdoor di Mandailing Natal lantaran perpaduan dari alam, langit biru hingga bukit-bukit akan menciptakan angle potret prewed yang menawan.

3. Lokasi dan Rute
Terletak di Desa Batu Mundom, Muara Batang Gadis, Mandailing Natal. Jika perjalanannya ditempuh dari dari Panyabungan memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam karena harus melalui jalan sepanjang 203 kilometer.

4. Tiket Masuk
Hingga saat ini, pengunjung dapat menikmati obyek wisata ini secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya masuk.

Minimnya fasilitas di lokasi adalah kekurangan dari Wisata Pondok Lima. Sebab itu, ada baiknya untuk membawa bekal dan kebutuhan pribadi jika ingin liburan ke sana. (sk/psn)
Raja Ampat Madina, Indahnya Wisata Pondok Lima di Mandailing Natal Reviewed by Pariwisata Sumut on 8/09/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.