Top Ad unit 728 × 90

Rumah Adat Karo Garista, Tempat Wisata Selfie Terbaru di Medan

-- --
rumah adat karo garista - foto: akhyar nasution
Tidak perlu jauh lagi ke Kabanjahe atau Desa Lingga jika hanya ingin melihat Siwaluh Jabu. Pasalnya, di Kota Medan Sumatera Utara pun sudah bisa dijumpai bangunan Rumah Adat Karo bernama Garista, sebuah tempat wisata selfie dan budaya terbaru yang instagramable di Sempakata Medan Selayang.

Wisata selfie di kota Medan ini memang belum terlalu happening, sehingga kamu bisa berfoto selfie dan wefie sepuasnya. Konsep bangunan yang bercirikan nuansa tradisional dijamin akan membuat feed di media sosial kamu terlihat menarik.

Rumah Adat Karo Garista, Wisata Selfie di Medan

Lokasi rumah adat yang dibangun sekaligus diprakarsai oleh Fernando Barus ini berada di belakang Lona Garden, yaitu di jalan Herba nomor 5 kecamatan Medan Selayang.

1. Pesona Siwaluh Jabu yang Khas dan Unik

siwaluh jabu
Siwaluh Jabu merupakan salah satu rumah adat Sumatera Utara yang punya tampilan menawan dan memiliki ciri khas. Ya, masyarakat Karo memang dikenal sangat erat dengan beragam seni, termasuk dalam seni bangunan. 

Arsitek bangunan Siwaluh Jabu di komplek Garista persis mengikuti pola yang sudah diwariskan dari nenek moyang Etnis Karo secara turun-temurun. Mulai dari atap ijuk, susunan kayu hingga desain ala rumah panggung.

Siwaluh Jabu bukanlah tempat tinggal biasa, setiap incinya punya filosofi luhur yang memuat pakem adat-istiadat suku etnis Karo. Hal tersebut merupakan alasan mengapa mendirikan Siwaluh Jabu bukanlah perkara mudah.

Keanekaragaman budaya memang menjadi salah satu aset pariwisata terbesar, apalagi jika budaya tersebut masih orisinil, nisaya turis domestik maupun internasional tak sungkan untuk datang berkunjung.

Selain untuk ikut menjaga peninggalan budaya, tujuan dibangunnya Rumah Adat Karo Garista ini juga berkaitan dengan tokoh legendaris yakni Guru Patimpus Sembiring Pelawi yang diketahui sebagai sosok berpengaruh dalam peradaban Kota Medan.

2. Tempat Selfie di Medan yang Khas dengan Budaya

wisata selfie di medan - foto: yani bait
Objek wisata sarat akan budaya ini terdiri dari 2 buah bangunan tradisional, sangat indah dipandang mata. Pun, suasana baru dengan keindahan budaya yang dihadirkan akan membuat kamu seperti sedang traveling di Karo.

Bagi penghobi photography dan kawula muda, wajib rasanya mengunjungi destinasi selfie ini, apalagi kalau ingin menambah koleksi postingan di media sosial wajib. Selain menikmati nuansa budaya, berfoto hits di spot instagramable-nya dengan aneka gaya pastilah akan menjadi kegiatan menyenangkan.

Penataan pelataran di komplek wisata Medan Selayang ini juga asri dan bersih, selain dihias dengan taman dan bunga-bunga, beberapa patung dengan simbol khas masyarakat Karo pun semakin menyemarakkan suasana.

Biaya masuk ke rumah adat Karo di Medan ini sangat bersahabat, begitu juga lokasinya dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Nah, di mana lagi kamu bisa menjumpai objek wisata yang sarat akan kultur tetapi tetap asik untuk tempat foto, yuk berlibur ke Rumah Adat Karo pertama di Kota Medan. (sk/psn)
Rumah Adat Karo Garista, Tempat Wisata Selfie Terbaru di Medan Reviewed by Pariwisata Sumut on 9/10/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.