Top Ad unit 728 × 90

Pemandian Air Panas Pariban - 9 Gambar, Lokasi dan Tiket Masuk 2019

-- --
Lagi pegal dan mau refleksi di pemandian alam di Karo?

Tak salah pilih sob! kaki gunung Sibayak memang surganya nature bath. Bagi wisatawan dari Medan maupun turis luar, Pemandian Air Panas Pariban merupakan lokasi terfavorit lantaran memiliki fasilitas waterboom mini, kolam renang dan akomodasi penginapan layaknya sebuah taman rekreasi.

pemandian air panas pariban raja berneh - image: (dhonyzr)
Akses ke Pemandian Pariban Sidebuk debuk nggak sulit kok ditemukan. Pun, letaknya paling gampang dicari karena ada plang dan gerbang sebagai pertanda. Untuk traveler yang selama ini selalu mencari spot pemandian yang gak hanya menyediakan air belerang tetapi ada air tawarnya juga, lebih baik ke destinasi hits di Sumatera Utara ini.

Pemandian Air Panas Pariban

Beralamat di Desa Jaranguda, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo dengan waktu operasional yang buka selama 24 jam setiap hari. Untuk pemesanan atau langsung bertanya ke manajemen Pariban, sia kontak via nomor telepon 085371735734.

1. Harga Tiket Masuk 2019

pemandian-air-panas-pariban
image: (prasetioakbar19)
Di pintu retribusi resmi milik Dispar Kab Karo, kamu akan dipungut biaya karcis masuk Rp5.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan mobil dan bus pariwisata, biaya mulai dari Rp10.000. Dalam keterangan yang tertulis di karcis, disebutkan bahwa nominal itu untuk pendapatan daerah dan asuransi pertanggungan.

Sebenarnya akses ke Pariban tidak cuma dari simpang Semangat Gunung, tetapi bisa juga melalui jalur pendakian Gunung Sibayak yaitu dari Pos Lestari. Rute alternatif ini biasanya dipakai oleh para pendaki gunung yang pulangnya lewat jalan Doulu.

Untuk memasuki area utama pemandian, biayanya dihitung per orang yakni Rp 10k. Nah, tiket parkirnya disesuaikan dengan jenis kendaraan, sekitar 15k - 40k. Kalau seluruh pengeluaran ditotal, butuh kocek 25k.

2. Tarif Penginapan di Pemandian Air Panas Pariban

penginapan di pemandian pariban
Berhubung penginapan di Pariban bertipe villa, jadi bisa dipakai menginap untuk tamu group, batasan jumlahnya dari 8-10 orang. Harga bermalam di sini pun sangat terjangkau lho, kurang lebih dari Rp500k/malam.

Misalnya mau menghemat biaya traveling atau kepingin bikin tenda, pengelola membolehkan pengunjung untuk pasang tenda. Nah, camping di sini relatif murah tak lebih dari 50k. Namun, teman pariwisatasumut.net wajib bawa peralatan pribadi ya.

Sedangkan tempat lesehan berupa gazebo dan pondok, disewakan dengan tarif Rp25 ribu - 60k. Kenapa harganya tidak sama? karena tergantung dari ukuran pondoknya yang berbeda-beda. Sebab, makin luas, makin muat banyak orang.

3. Jalan ke Lokasi

image: (myzell_hrp)
Lokasi ke Pemandian Alam Pariban bisa dicapai dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan nih. Kalau memilih rute biasa dari Medan, jaraknya 70,7 km dengan catatan waktu tempuh selama 2,5 jam jika via Jl Jamin Ginting.

Nanti setelah melewati air terjun sikulikap dan daulu, ada pos polisi di bagian kanan jalan nasional itu. Tepat di seberangnya, akan dijumpai gerbang besar. Tetapi bukan berarti sudah sampai lho! perlu tancap gas 11 km lagi.

Lain dari yang lain, pemandian alam Pariban ini berdekatan dengan alam semesta. Posisinya lumayan paling di ujung sebelum Bukit Manna dan Neraya Ecopark. Owh ya, dari pemandian air panas ini ke gunung Sibayak cuma perlu 15 menit lho, dekat kan?

Sebagai panduan untuk ngecek dari tempat kamu berada, selengkapnya bisa pantau titik koordinat lokasi via: google map

4. Fasilitas Pemandian Air Panas Pariban

Dengan konsep 'Bersantai Bersama Keluarga' fasilitas yang sedia selain homestay diantaranya

# Kolam Pemandian
credit: @rionaldo804
Setidaknya terdapat 5 buah kolam yang bakal memanjakan pengunjung. Rata-rata diisi dengan air belerang dengan temperatur atau suhu berbeda. Pastinya, tetap aman ketika tamu berendam atau mandi-mandi Eits, tetapi kolamnya tidak semua berbau belerang lho.

Kolam-kolam tersebut pun terjaga kebersihannya. Tambah lagi, sudut pandangnya dibuat menghadap Sibayak. Jadi, tamu dapat melepas pandangan ke arah gunung sembari merehatkan tubuh dengan air panas belerang.

Berdiri sejak 2010, kolam air panas ini menjadi solusi tepat untuk terapi kesehatan. Pasalnya, Sauna air panas alami banyak dipercaya bisa membantu teman Pariwisata Sumut yang sekiranya punya masalah sekaligu mempercantik kulit, kali aja pulang-pulang udah makin flawless, kan?

# Waterboom
mini waterboom
Lebih dari sekedar pemandian panas biasa, Pariban boleh dibilang satu-satunya destinasi di seputaran Desa Doulu yang memiliki wahana rekreasi waterboom. Sarana di dalamnya pun cukup komplit, ada water slide dan wahana permainan lainnya.

Jika kolam lain diisi air belerang, lain hal dengan waterboom ini. Justru khusus dipenuhi air tawar sehingga pengunjung tidak perlu cemas kelilipan air belerang yang bisa membuat mata perih. Mungkin, bagi yang enggan mandi belerang bisa puas-puas mandi di pinggir kolam waterboom.

Tak hanya untuk berlibur, Pariban juga ramai dikunjungi orang-orang dari berbagai tempat. Entah untuk mengadakan acara gathering, retreat maupun kegiatan komunitas. Maka itu, sedia aula yang dapat menampung 70 orang.

# Restoran
el resto pariban
Setelah dirasa lelah bermain air, saatnya mengembalikan energi di area El-Resto Pariban. Dari menikmati seduhan secangkir kopi khas Karo atau memesan makanan seperti nasi goreng atau mi goreng. Percaya nggak? makan di tempat dingin itu bikin makin lahap lho!

# Pondok Mejuah-juah
pondok
Desain pondoknya unik lho! dibuat berjejer dan dihias lukisan bermotif khas Karo. Atapnya dibuat dari ijuk dan ditata seperti rumah kecil.

Baca Juga: Bukit Kubu Berastagi

Sangking instagramable-nya, pondok tersebut selalu jadi buruan anak hits untuk berfoto. Soalnya, lekuk perbukitan di belakangnya memberikan tambahan point of view yang keren. Tambah lagi, bunga warna-warna dibuat mengitari area tersebut, di depannya terlihat kolam ikan dengan air mancur, epik banget pokoknya!

# Motor ATV
fasilitas credit: deby_novitasari
Nah, kalau datangnya siang hari, cobain deh naik all terrain vehicle alias ATV. Seru-seruan naik motor di atas medan berlumpur gak bakal terlupakan. Kendaraan tangguh ini memang sangat sesuai dipakai di zona rekreasi.

Menjelajah indahnya taman rekreasi dan pemandian air panas di bawah lereng Sibayak tentunya gak akan bikin bosan. Alamnya yang hijau ditambah asap putih yang muncul dari puncak gunung, akan membuat momen berkendaraan dengan motor ATV terasa menyenangkan.

# Lainnya
Amenitas lain yang dapat dinikmati yaitu ruang ganti terpisah untuk pria dan wanita, kamar mandi, tempat duduk santai dan loker penyimpan barang.

Seperti istilah 'Pariban' dalam bahasa Batak, sosok yang dicintai, Mandi air panas ke Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk memang asiknya di tempat hits ini. (an/psn)
Pemandian Air Panas Pariban - 9 Gambar, Lokasi dan Tiket Masuk 2019 Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/26/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.