Top Ad unit 728 × 90

Sikulikap, Air Terjun dan Wisata Instagenik di Penatapan Doulu

-- --
credit: @ayeasibuan
Ditata ulang menjadi lebih kekinian sehingga cocok untuk traveler yang hobi explore wisata instagenik, Air Terjun Sikulikap seperti destinasi baru yang menyuguhkan pesona menawan di Penatapan Doulu.

Sempat ditinggal pengunjung, kondisi terbaru wisata Sikulikap jauh berbeda. Kini sudah ada beberapa spot instagramable yang keren untuk berfoto. Pun aksesnya telah terawat sehingga layak dikunjungi.

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap (bahasa Karo: Sampuren Sikulikap) merupakan destinasi wisata yang berada di perbatasan Karo dan Sibolangit (Deli Serdang). Berada tepat di bawah kawasan Penatapan Doulu dan tersembunyi di antara lebatnya hutan.

1. Air Terjun Sikulikap, Hadir dengan Tampilan Baru

sampuren sikulikap - credit: @andi_phyau
Adalah Kristian Ginting dan Ardian yang berinisiatif mengubah kondisi Sikulikap. 2 sosok pemuda Karo tersebut memutuskan untuk merevitalisasi destinasi yang sempat terabaikan itu agar dapat kembali menarik minat pengunjung.

Dahulu, sekitar tahun 90-an, Sikulikap cukup familiar bagi turis mancanegara. Banyak wisatawan berkunjung ke destinasi ini karena menawannya pemandangan yang dimiliki. Apalagi, obyek air terjunnya terletak di tengah hutan alami yang diketahui masuk kawasan taman wisata alam Sibolangit.

Surutnya minat pengunjung ditenggarai karena akses ke lokasi serta keadaan sekitar yang sama sekali tak terawat. Padahal, sampuren ini satu garis dengan Penatapan Doulu yang sering dijadikan tempat beristirahat traveller atau ngaso sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Saat ini, kondisi benar-benar berubah. Tak hanya jalannya saja yang diperbaiki. Namun, kedua pemuda Karo tersebut menciptakan atraksi baru berupa spot berfoto, rumah hobbit dan juga rumah pohon.

2. Kegiatan Seru di Air Terjun Sikulikap

credit: @rohelmamilala
Deretan spot wisata selfie disini pastinya seru untuk kegiatan hunting foto. Bukan itu saja, suasana alamnya yang adem karena dikelilingi pepohonan besar terasa sangat menyegarkan mulai dari gerbang masuk hingga ke area sampuren.

Semburan air terjun yang jatuh dari tebing dengan ketinggian 10 meter pun terlihat menawan. Pengunjung bisa menyaksikannya langsung dari salah satu dermaga kecil yang disediakan pengelola. Nah, sumber air terjun ini diketahui berasal dari hutan di wilayah perbukitan Karo.

Misal sahabat pariwisatasumut.net sedang ingin camping di lokasi yang punya air terjun dan rindang sebab dikelilingi hutan. di sini pun tak kalah seru kok, apalagi areanya tergolong luas.

3. Penatapan Doulu

sikulikap - credit: @dantasinulingga
Siapa tak tahu Penatapan Doulu? bagi mereka yang hendak ke Aceh Singkil atau Dairi, penatapen sering dijadikan tempat perhentian lantaran udaranya yang ekstra dingin. Menariknya, di sepanjang alur Penatapan Doulu terdapat banyak tempat nongkrong untuk bersantai.

Nah, setelah dirasa puas mengunjungi wisata Sikulikap, bisa sejenak makan wajik atau sekedar minum kopi di Penatapan Doulu.

4. Lokasi Air Terjun Sikulikap
Untuk lokasi air terjunnya, berada di Desa Doulu, Martelu Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara atau agar lebih mudah dapat dilihat melalui peta berikut: titik koordinat lokasi

5. Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap
Tak terlalu mahal, tiap pengunjung cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000/orang.

Wajah baru dari wisata di sekitar Penatapan Doulu ini tentu pasti bisa jadi referensi liburan bagi traveler yang mau menikmati keindahan alam juga spot instagenik yang tidak terlalu jauh dari Kota Medan. (sk/psn)
Sikulikap, Air Terjun dan Wisata Instagenik di Penatapan Doulu Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/25/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.