Top Ad unit 728 × 90

7 tempat wisata di Calang dan Aceh Jaya yang Recommended 2019

-- --
wisata calang dan aceh selatan - credit: @andrikilua
Kota Calang merupakan salah satu destinasi di Provinsi Aceh yang reccommended untuk dikunjungi. Pesona alam, puncak menyejukkan dan pantai menawan, seolah tiada habis menarik perhatian. Apalagi jarak dari Kota Banda ke Calang cukup dekat, hanya sekitar 147 kilometer. Maka tak berlebihan rasanya jika menjadikan tempat wisata di Aceh Jaya sebagai tujuan berlibur.

Di Kabupaten Aceh Jaya, tersedia alternatif wisata yang komplet. Mulai dari menjelajah gunung dengan sajian panorama laut, keindahan tradisi, kuliner khas hingga menyusuri peradaban akulturasi budaya lokal dan keturunan Portugis di daerah Lamno.

Tempat Wisata di Calang dan Aceh Jaya

Di bawah ini pariwisatasumut.net uraikan deretan 10 tempat wisata di Calang dan Aceh Jaya yang hits pada 2019.

1. Puncak Gunung Geurute

credit: @putrarif
Berada di jajaran kawasan hutan Ulu Masen membuat Gunung Geurute bak menampilkan 2 daya tarik sekaligus. Yakni eksotika perbukitan penyumbang oksigen dari alam Pulau Sumatra dan keindahan pemandangan atap puncak.

Variasi liburan yang ditawarkan pun amat berbeda. View Samudera Hindia dan gugusan pulau di hamparan air asin itu terlampau memanjakan mata. Unik bin ajaibnya, sekawanan monyet jinak di sini pun selalu siap diajak berinteraksi.

Meski disebut gunung di Kabupaten Aceh Jaya, nyatanya Geurute bisa dikunjungi tanpa harus mendaki. Akses ke lokasi yang terletak di pinggir jalan nasional yaitu di perlintasan Meulaboh dan Banda Aceh pun memudahkan sahabat PSN untuk sampai di alamatnya.

Jadi tempat istirahat favorit, lengkapnya amenitas wisata dataran tinggi Geurute alhasil memikat para pemudik untuk rileks sebentar dari penatnya perjalanan. Sebelum lanjut ke destinasi lainnya, cobalah untuk duduk di warung yang rata-rata menyajikan pemandangan laut. Kapan lagi ngopi dan nongkrong di alam bebas?

2. Pasi Saka

credit: @akmalzakiyya
Kawasan pantai mudah ditemui di Aceh Jaya, Pantai Pasi Saka misalnya. Spesial dengan pantai berpasir putih seperti butiran gula, pengunjung pantai ini dijamin sulit lupa akan keindahan pantainya yang menawan karena punya pasir seperti kristal.

Dekat dari Gampong (Kampung) Jeumpeuk, wisata Pasi Saka ini terletak di Kecamatan Babah Nipah. Meskipun fasilitasnya masih minim, spot tersebut wajib dikunjungi. Bukan karena pesonanya saja, tetapi turis yang datang ke Pasi Saka juga belum terlalu banyak sehingga kealamian di tempat itu terasa jauh lebih natural.

Pantai Pasei Saka bak tersembunyi karena disisi kiri dan kanannya berdiri 2 buah bukit. Namun, disitulah letak keindahannya. Turis dapat leluasa bermain di atas gundukan pasir. Aktivitas wisata olahraga yaitu snorkeling dapat juga dilakukan. Hanya saja belum tersedia penyewaan peralatan tersebut, jadi wajib bawa sendiri.

3. Pulau Reusam

credit: @dhikagram
Apakah obyek wisata terpencil berupa pulau yang menawarkan pengalaman berlibur seperti milik pribadi yang jadi target traveling selanjutnya? Jika iya, maka pulau di Aceh Jaya yang dinamai Reusam ini wajib dimasukkan ke daftar bucketlist.

Pulau Reusam merupakan daratan kecil dikelilingi laut lepas di wilayah Kec Darul Hikmah. Lokasinya tak jauh dari Teluk Rigaih. Selain itu, pulau indah ini memiliki pemukiman penduduk yang punya pola tradisi unik.

Prospek wisata di Pulau Reusam kini sedang dibenahi Disbudpar Aceh dan dicanangkan sebagai tujuan wisata halal.

Rekomendasi kegiatan di Pulau Reusam selain berwisata bahari yaitu menyaksikan tradisi adat Gampong Lhok Timon. Ya, di sanalah tetua adat setempat biasa bermusyawah.  Termasuk, menyelenggarakan beragam kegiatan menjelang Bulan Ramadhan.

4. Pantai Kuala Merisi

credit: @awie_aska
Yang unik dan kekinian pun ikut mengisi wisata di Krueng Sabee. Bagi turis yang aktif bermain Instagram, yuk berburu foto di Pantai Kuala Merisi. Pasalnya, konsep wisata yang ditawarkan hampir sama dengan romance bay.

Di bibir pantainya berdiri serangkaian spot yang ciamik, seperti kupu-kupu dan jembatan dengan latar laut biru yang instagenik. Lantaran suasananya tenang, ramai pengunjung yang mengadakan rekreasi atau wisata keluarga. Cocok pula untuk mereka yang ingin merasakan suasana malam hari, Pantai Kuala Mersi sering dimanfaatkan sebagai tempat camping di Aceh Jaya.

Kuala Mersi yang terletak di Jalan Titi Pahlawan, Desa Dayah Baro, Kecamatan Krueng Sabee ini tak perlu diragukan keindahannya. Terutama saat sunset kecantikannya begitu memancar. Biaya masuknya juga terjangkau, sekitar Rp10.000/orang.

5. Ujong Gla

credit: @alan_hardi
Berdekatan dengan Saka Beach, letak pantai Ujong Gla berada di Desa Babah Nipa, Kecamatan Sampoinet. Pemandangannya lebih alot, pasalnya hampir seluruh garis pantai dan laut birunya dibatasi bebatuan.

Oleh penduduk setempat, destinasi dengan panorama terbaik di Sampoinet ini sering disebut sebagai Kostarika-nya Aceh. Sebab, batu-batu berukuran besar tampak mengisi sebagian besar permukaan laut. Tetapi ombak di Ujong Gle lumayan tinggi akibat kencangnya hembusan angin.

Menurut traveler yang sudah ke Ujong Gla, tiap wisatawan diharuskan memakai jasa guide lokal alias pemuda setempat. Bagi yang lagi pacaran, jangan ke sini ya. Karena disini sudah diberlakukan halal tourism.

6. Taman Bunga Aceh Jaya

credit: @nuraisyah_nst04
Ini merupakan tempat wisata terbaru di Aceh Jaya yang pernah viral beberapa waktu lalu. Ya, apalagi selain Taman Bunga Celocia Desa Alue Piet?. Dibandingkan celosia garden lainnya di Indonesia, Taman bunga ini tampil lebih berani, terlihat dari rumah ala Belanda yang dibangun di sisi kebun.

Destinasi wisata hits di Panga Aceh Jaya ini tak hanya dikunjungi masyarakat Kota Calang. Bahkan dari luar daerah seperti Banda Aceh pun jauh-jauh datang kemari. Siapa tidak berkeinginan melihat indahnya taman ini?

Tiket masuk ke Taman Bunga sekaligus agoriwisata tersebut hanya Rp10.000/pengunjung. Dengan biaya masuk itu, sudah bisa sepuasnya berfoto di seluruh area taman seluas 1 hektar. Mengenai lokasi, berada di Desa Kuta Tuha, Kecamatan Panga.

7. Pulau Keuh Patek

credit: @iam_sipop
Menikmati panorama akuarium bawah laut yang menawan tak hanya di Sabang saja. Di Pulau Keuh Patek, atraksi serupa pun bisa dilihat. Ya, jika menyelam ke dasar lautnya, akan ditemukan sebuah tempat dimana ikan-ikan dan terumbu karang bersembunyi.

Pulau Keuh merupakan destinasi surfing (selancar) di Aceh Jaya yang berlokasi di Desa Gampong Baro Patek, Kecamatan Darul Hikmah. Walaupun belum banyak dikenal wisatawan mancanegara, Pulau Keuh Patek justru sudah banyak dikunjungi turis daari Australia dan Kanada.

Biaya ke Pulau Keuh Pateh dibedakan untuk turis dan wiswan, tiket masuknya hanya Rp50-100 ribu/orang dan sudah termasuk boat penyeberangan. Sayangnya, belum ada akomodasi entah hotel maupun homestay di Keuh Patek.
7 tempat wisata di Calang dan Aceh Jaya yang Recommended 2019 Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/16/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.