Widget HTML Atas

11 Tempat Wisata di Calang dan Aceh Jaya Recommended 2021

Kota Calang merupakan salah satu destinasi di Provinsi Aceh yang reccommended untuk dikunjungi. Pesona alam, puncak menyejukkan dan pantai menawan, seolah tiada habis menarik perhatian. Apalagi jarak dari Kota Banda ke Calang cukup dekat, hanya sekitar 148 kilometer. Maka tak berlebihan rasanya jika menjadikan tempat wisata di Aceh Jaya sebagai tempat berlibur.

tempat wisata di calang aceh jaya
tempat wisata di calang aceh jaya - credit: @andrikilua
Di Calang Kabupaten Aceh Jaya, tersedia beragam alternatif tempat wisata yang komplet. Mulai dari menjelajah gunung dengan sajian panorama laut, keindahan tradisi dan kuliner khas, hingga menyusuri peradaban akulturasi budaya lokal dan keturunan Portugis di daerah Lamno.

Tempat Wisata di Calang dan Aceh Jaya

Di bawah ini pariwisatasumut.net uraikan deretan tempat wisata di Calang dan Aceh Jaya yang hits serta paling baru tahun 2021. Meliputi pesona wisata seperti air terjun, pantai dan puncak perbukitan yang recommended dikunjungi.

Puncak Gunung Geurute

tempat wisata di calang aceh jaya
Lokasi: Babah Ie, Jaya, Aceh Jaya - Image: Instagram.com/putrarif
Berada di jajaran kawasan hutan Ulu Masen membuat Gunung Geurute bak menampilkan 2 daya tarik sekaligus. Yakni eksotika perbukitan penyumbang oksigen dari alam Pulau Sumatra dan keindahan pemandangan atap puncak.
 
Variasi liburan yang ditawarkan oleh destinasi wisata Aceh Jaya ini pun amat berbeda. View Samudera Hindia dan gugusan pulau di hamparan air asin itu terlampau memanjakan mata. Unik bin ajaibnya, sekawanan monyet jinak di sini pun selalu siap diajak berinteraksi.
 
Meski disebut gunung di Kabupaten Aceh Jaya, nyatanya Geurute bisa dikunjungi tanpa harus mendaki. Akses ke lokasi yang terletak di pinggir jalan nasional yaitu di perlintasan Meulaboh dan Banda Aceh pun memudahkan sahabat PSN untuk sampai di alamatnya.
 
Puncak Geurute menjadi tempat istirahat favorit, lengkapnya amenitas wisata yang dihadirkan memang mampu memikat para pemudik untuk rileks sebentar dari penatnya perjalanan. Sebelum lanjut ke destinasi lainnya, cobalah untuk duduk di warung yang rata-rata menyajikan pemandangan laut. Kapan lagi ngopi dan nongkrong di alam bebas?

Lokasi: Babag Ie, Jaya, Kabupaten Aceh Jaya (Peta)

Pasi Saka

tempat wisata di calang aceh jaya
Lokasi: Pasi Saka, Babah Nipah, Jeumpheuk, Aceh Jaya - Image: Instagram/akmalzakiyya
Kawasan wisata santai mudah ditemui di seluruh wilayah Aceh Jaya, Pantai Pasi Saka misalnya. Spesial dengan pantai berpasir putih seperti butiran gula, pengunjung pantai ini dijamin sulit lupa akan keindahan pantainya yang menawan karena punya pasir seperti kristal.

Dekat dari Gampong (Kampung) Jeumpeuk, Pasi Saka merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Babah, Aceh Jaya. Meskipun fasilitasnya masih minim, spot tersebut wajib dikunjungi. Bukan karena pesonanya saja, tetapi turis yang datang ke Pasi Saka juga belum terlalu banyak sehingga kealamian di tempat itu terasa jauh lebih natural.

Pantai Pasei Saka bak tersembunyi karena disisi kiri dan kanannya berdiri 2 buah bukit. Namun, disitulah letak keindahannya. Turis dapat leluasa bermain di atas gundukan pasir. Aktivitas wisata olahraga yaitu snorkeling dapat juga dilakukan. Hanya saja belum tersedia penyewaan peralatan tersebut, jadi wajib bawa sendiri.
Baca Juga: Tempat Wisata di Subulussalam Terbaru

Pulau Reusam

tempat wisata di calang aceh jaya
Lokasi: Pulau Reusam, Darul Hikmah, Aceh Jaya - Image: @dhikagram
Apakah obyek wisata terpencil berupa pulau yang menawarkan pengalaman berlibur seperti milik pribadi yang jadi target traveling selanjutnya? Jika iya, maka wisata pulau di Aceh Jaya yang dinamai Reusam ini wajib dimasukkan ke daftar bucketlist.
 
Pulau Reusam merupakan daratan kecil dikelilingi laut lepas di wilayah Kec Darul Hikmah. Lokasinya tak jauh dari Teluk Rigaih. Selain itu, pulau indah ini memiliki pemukiman penduduk yang punya pola tradisi unik.
 
Prospek wisata di Pulau Reusam kini sedang dibenahi Disbudpar Aceh dan dicanangkan sebagai tujuan wisata halal. Rekomendasi kegiatan di Pulau Reusam selain berwisata bahari yaitu menyaksikan tradisi adat Gampong Lhok Timon. Ya, di sanalah tetua adat setempat biasa bermusyawah.  Termasuk, menyelenggarakan beragam kegiatan menjelang ramadhan.
 

Pantai Kuala Merisi

Tempat wisata di Calang Aceh Jaya
Lokasi: Dayah Baro, Krueng Sabee, Calang -  Image: @awie_aska
Yang unik dan kekinian pun ikut mengisi wisata di Krueng Sabee. Bagi turis yang aktif bermain Instagram, yuk berburu foto di Pantai Kuala Merisi. Pasalnya, konsep wisata yang ditawarkan hampir sama dengan romance bay.

Di bibir pantainya berdiri serangkaian spot yang ciamik, seperti kupu-kupu dan jembatan dengan latar laut biru yang instagenik. Lantaran suasananya tenang, ramai pengunjung yang mengadakan rekreasi atau wisata keluarga. Cocok pula untuk mereka yang ingin merasakan suasana malam hari, Pantai Kuala Merisi sering dimanfaatkan sebagai tempat camping bagi mereka yang ingin menikmati destinasi wisata Aceh Jaya.

Lokasi pantai ini ada di Kuala Mersi, tepatnya di Jalan Titi Pahlawan, Desa Dayah Baro, Kecamatan Krueng Sabee. Tak perlu diragukan keindahannya. Terutama saat sunset kecantikannya begitu memancar. Tiket masuk ke tempat wisata di kabupaten Aceh jaya yang sedang dibahas ini juga terjangkau, sekitar Rp10.000/orang.

Pantai Ujong Gla

Lokasi: Ujong Gla, Babah Nipa, Aceh Jaya - Image @alan_hardi
Berdekatan dengan Saka Beach, letak pantai Ujong Gla berada di Desa Babah Nipa, Kecamatan Sampoinet. Pemandangannya lebih alot, pasalnya hampir seluruh garis pantai dan laut birunya dibatasi bebatuan sehingga membuat nama tempat wisata di Aceh Jaya ini paling populer dibanding dengan lainnya.

Oleh penduduk setempat, destinasi dengan panorama terbaik di Sampoinet ini sering disebut sebagai Kostarika-nya Aceh. Sebab, batu-batu berukuran besar tampak mengisi sebagian besar permukaan laut. Tetapi ombak di Ujong Gle lumayan tinggi akibat kencangnya hembusan angin. Sebagai referensi lain, simak Pantai di Aceh dengan Panorama Paling Memukau untuk perbandingan.

Menurut traveler yang sudah ke Ujong Gla, tiap wisatawan diharuskan memakai jasa guide lokal alias pemuda setempat. Bagi yang lagi pacaran, jangan ke sini ya. Karena disini sudah diberlakukan halal tourism.

Taman Bunga Aceh Jaya

Lokasi: Desa Alue Piet, Calang, Aceh Jaya - Image: @nuraisyah_nst04
Ini merupakan tempat wisata terbaru di Aceh Jaya yang pernah viral beberapa waktu lalu. Ya, apalagi selain Taman Bunga Celocia Desa Alue Piet?. Dibandingkan celosia garden lainnya di Indonesia, Taman bunga ini tampil lebih berani, terlihat dari rumah ala Belanda yang dibangun di sisi kebun.

Destinasi wisata hits di Panga Aceh Jaya ini tak hanya dikunjungi masyarakat Kota Calang. Wisata ini bahkan dikunjungi oleh warga dari luar daerah seperti Banda Aceh pun jauh-jauh datang kemari. Siapa tidak berkeinginan melihat indahnya taman ini?

Tiket masuk ke Taman Bunga sekaligus agoriwisata tersebut hanya Rp10.000/pengunjung. Dengan biaya masuk itu, sudah bisa sepuasnya berfoto di seluruh area taman seluas 1 hektar. Mengenai lokasi, berada di Desa Kuta Tuha, Kecamatan Panga.

Pulau Keuh Patek

Tempat wisata di calang aceh jaya
Lokasi: Pulau Keuh, Desa Gampong Darul Hikmah, Aceh Jaya - Image @iam_sipop
Menikmati panorama akuarium bawah laut yang menawan tak hanya Sabang saja. Di Pulau Keuh Patek, atraksi serupa pun bisa dilihat. Ya, jika menyelam ke dasar lautnya, akan ditemukan sebuah tempat dimana ikan-ikan dan terumbu karang bersembunyi.
 
Pulau Keuh merupakan destinasi surfing (selancar) di Aceh Jaya yang berlokasi di Desa Gampong Baro Patek, Kecamatan Darul Hikmah. Walaupun belum banyak dikenal wisatawan mancanegara, Pulau Keuh Patek justru sudah banyak dikunjungi turis dari Australia dan Kanada.
 
Biaya ke Pulau Keuh Pateh dibedakan untuk turis dan wiswan, tiket masuknya hanya Rp50-100 ribu/orang dan sudah termasuk boat penyeberangan. Sayangnya, belum ada akomodasi entah hotel maupun homestay di Keuh Patek.
 

Pantai Kuala Dhoi

pantai khuala dhoi - image: bima nsp
Pantai Kuala Doi merupakan destinasi pesisir tepi laut. Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Desa Khuala Dhoi, Kecamatan Setia Bakti. Uniknya, pantai tersebut cukup dekat karena jaraknya cuma 13 km dari kota Calang.
 
Tempat wisata ini lebih populer dengan sebutan Camp Eropa. Dikatakan demikian karena pengunjungnya lebih banyak berasal dari Eropa. Menakjubkannya lagi, pengunjung bisa bermain surfing alias berselancar di pantai berombak ini.

Lokasi: Desa Kuala Dhoi, Setia Bakti, Aceh Jaya.
Tiket Masuk: -

Air Terjun Alue Teungoh

air terjun ceuraceu - image credit: instagram/marhaban_isnan
Piknik ke air terjun yang ada di Aceh Jaya, sebaiknya datangi Air Terjun Alue Teungoh, sebuah destinasi air yang tak hanya menyegarkan mata, tetapi juga mampu menyegarkan jiwa dan raga. Kealamian tersebut mejadikan setiap pengunjung ingin memburu keindahannya.
 
Air terjun di Calang, Aceh Jaya ini mulai di kenal sekitar 2009an. Karena kondisi alamnya yang tak gersang, maka vegetasi tumbuhan sangat padat di sana. Satu hal lagi nih yang wajib Anda tau, Air Terjun ini selalu tak pernah kekeringan, bahkan ketika kemarau.
 
Air Terjun Alue Teungoh merupakan sebuah air terjun dengan karakteristik unik. Letaknya yang berada di kawasan hutan basah menjadikannya sangat eksotis dan keren untuk Anda abadikan.

Lokasi: Panton Kabu, Panga, Kabupaten Aceh Jaya
Tiket Masuk: Rp5.000

Taman Cleopatra

wisata taman aceh jaya
image credit: andry fernandus/googlemap
Masih seputar wisata pantai dan alam, Taman Cleopatra menyuguhkan tempat makan dengan pemandangan alam yang berpadu menjadi satu. Anda bisa kulineran sembari bermain air. Tempat ini sangat teduh sebab pengelola menanami area taman dengan bermacam jenis pohon.
 
Sebab di bawah pepohonan tersebut sudah disediakan kursi dan meja. Maka Anda bisa langsung mencicipi makanan atau minuman sambil memandangi sajian alam yang begitu istimewa. Di Cleopatra Park juga banyak tersedia spot selfie untuk berfoto gratis.
 
Taman yang satu ini tentu bisa membuat Anda rileks. Sembari meneguk segelas minuman air kelapa, angin yang berhembus sepoi-sepoi akan membuat suasana semakin syahdu. Tenang rasanya bila mendapatkan suasana seperti bukan? Maka datanglah ke Taman Cleopatra di kota Calang ini.
 
Lokasi: Jalan Raya Aceh Jaya, Dayah Baro, Krueng Sabee, Kota Calang.
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
 

Pantai Lhok Kubu

wisata aceh jaya
image credit: instagram/ariuchtar
Salah satu destinasi wisata di Calang selanjutnya ini masih bertipe laut, yaitu Pantai Lhok Kubu yang merupakan tujuan wisata bahari di kota tersebut. Destinasi ini terletak di Gampong Bahagia, Krueng Sabee.
 
Pantai ini dibuka selama 24 jam sehingga Anda dan keluarga dapat berkunjung tanpa harus menunggu waktu. Selama setahun terakhir, beberapa investor dikabarkan tertarik untuk berinvestasi disini. Hal ini tak bisa kita lepaskan dari keberadaan pelabuhan yang baru dibangun di sekitarnya.
 
Lokasi: Desa Gampong Bahagia, Kec. Krueng Sabe, Aceh Jaya
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Itulah beragam destinasi wisata di Calang Aceh Jaya yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Anda tertarik untuk mengeksplor tempat tersebut satu per satu?