Widget HTML Atas

9 Pantai di Aceh dengan Panorama Paling Memukau, HTM & Lokasi

Demikian cantik pantai di Aceh sehingga menjadi alasan untuk kembali lagi mendatangi tepi laut Kota Banda, Nanggroe Aceh Darussalam. Mulai dari pantai berpasir putih, dihiasi karang sampai destinasi yang menawarkan keunikan dan keistimewaan tersendiri.

Di Aceh, pantai adalah aset wisata terbaik. Anda tak harus menyeberangi laut untuk mendatangi tempat tersembunyi di provinsi tersebut. Soalnya, ketika berada di Kota Banda Aceh, pantai yang tersohor dan jadi favorit wisatawan pun mudah ditemukan letaknya.

Pantai di Aceh

Tak dapat dipungkiri, tiap-tiap objek wisata berupa pantai yang ada di Aceh dinilai sangat layak dikunjungi. Kali ini, kami telah memilihkan daftar 9 pantai di Aceh yang menyuguhkan panorama cantik dan alami selain Pulau Weh.

Soal pantai di Aceh, hampir semuanya memamerkan sisi memukau. Paling asik lagi, sederet di antaranya baru muncul dengan konsep kekinian. Jika dahulunya berenang, snorkeling dan diving merupakan aktivitas inti yang disenangi wisatawan. Sekarang, mengambil gambar pun sudah jadi kegiatan wajib.

Pantai Lampuuk

pantai di aceh
image via @leesubastian, @fotoriza/instagram
Pantai di Aceh yang pertama adalah Lampuuk. Wisata pantai yang berada di 30 km arah utara kota Banda Aceh tersebut menjadi salah satu destinasi Tanah Rencong yang survive dan tetap hits di tengah gempuran pantai baru yang lebih kekinian. Padahal, kondisinya pernah luluh lantah paska diterjang tsunami, lho!

Pantai ini sangat bersih dan alami, sempurna buat pengunjung yang ingin cuci mata dengan panorama cakrawala langit dan laut biru. Mendamparkan diri di Pantai Lampuuk merupakan hal menyenangkan. Laut yang begitu jernih tak akan henti mengajak anda untuk berenang di kolam renang raksasa Aceh yang alami.

Untuk masuk ke pantai, Provinsi Aceh telah menyediakan 4 jalan utama yang bisa diakses pengunjung. Paling sering digunakan ialah Babah 1 dan Babah 2. Selain karena merupakan pintu gerbang terdekat, di kedua kawasan itu, pelancong akan lebih mudah mencari spot menarik.
Pantai Lampuuk
Lokasi: Jalan Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Aceh - lihat titik koordinat di sini
HTM: Rp3.000 per orang (tiket masuk di luar biaya parkir)
Jam Buka: Pantai ini dibuka selama 24 jam penuh karena di sekitarnya berdiri beragam penginapan dan homestay yang selalu beroperasi.

Alue Naga

pantai di aceh
pantai alue naga - image via @senjamenyapakita
Anda hanya 10 menit berkendara dari Kota Banda Aceh ke Pantai Alue Naga yang lokasinya ada di Kajhu Aceh Besar. Setibanya di sana, kalian akan menjumpai pesona eksotik yang tak terlupakan meski air lautnya sendiri tidak terlalu biru.

Apabila sedang beruntung, tradisi tradisional Aceh yakni "tarik pukat" dapat Anda saksikan. Aktivitas yang ditawarkan tak kalah beragam. Selain kulineran, menanti matahari terbenam pun cukup menarik. Apalagi kala langit sedang cerah-cerahnya, di kejauhan akan terlihat jelas Pesona Sabang.
Pantai Alue Naga
Lokasi: Gampong Alue Naga, Syiah Kuala, Aceh - lihat peta di sini
Tiket Masuk: Rp5.000 per orang
Jam Buka: Menerima kunjungan setiap hari.

Lhok Mee

pantai di aceh
pantai lhok mee - image via aydrus moulizarv/googlemap
Jujur ya, pantai Lhok Mee ini ibarat kepingan Maldives-nya Aceh. Bagaimana tidak terpikat? Pasirnya benar-benar putih seperti intan baru diasah. Keindahannya tak ada duanya. Tak mengagetkan lagi kalau tempatnya selalu disesaki oleh pengunjung yang ingin mendulang daya tarik itu.

Hal unik lain yang ditemukan di pantai Lhok Mee adalah pepohonan besar yang terikat akarnya di dalam laut. Hobi menjelajahi pemandangan under water? Perjalanan ke pantai dengan terumbu karang di Aceh ini tak akan sia-sia kok. Di beberapa titik, Pantai Lhok Mee menawarkan tempat snorkeling yang menggoda. Ya, berenang di sini tak boleh dilewatkan.

Awalnya, pantai ini tidak se-hits sekarang, justru banyak dihindari karena dianggap seram. Tapi kini sudah tak begitu lagi setelah dipoles cantik oleh Dispar Aceh. Gak sekadar pantai, kamu juga akan takjub dengan kehadiran 'Jembatan Selfie Lamreh" yang belum lama dibangun.
Pantai Lhok Mee
Alamat: Lamreh, Aceh Jaya - Koordinat pantau di sini
HTM: 5.000/orang
Jam Buka: 08:00 WIB - 18:00 WIB

Babah Dua Beach

pantai di aceh
image via @japo3, @traastrindaa/instagram
Jangan berharap bisa rileks kalau sudah menginjakkan kaki di Pantai Babah Dua, bukan karena ombak kencang, hanya saja dekorasi kekiniannya tak akan sanggup membuat kalian berdiam diri saja. Kata orang, ini memang pantai ter-Instagenic di Aceh!

Disebut pantai paling kekinian karena garis pantainya dibikin sesuai selera milenial. Banyak pernak-perniknya gitu, lho! Seperti karangan bunga, ayunan, kursi hias dan tulisan-tulisan yang khas dengan isi hati anak muda. Tak lupa, singgahi juga penangkaran penyu di sini ya.

Akses ke Pantai Babah Dua tidaklah sulit. Misalnya dari Kota Banda Aceh, pantai yang disolek dengan atraksi khas anak muda itu bisa dicapai menggunakan angkutan umum kurang lebih 20 menitan. Supaya lebih nyaman, direkomendasikan untuk rental mobil.
Pantai Babah Dua
Lokasi: Lhoknga, Aceh - peta panduan lihat di sini
Tiket Masuk: Rp10.000 per orang (termasuk biaya berfoto) untuk tiket normal Rp3.000.
Jam Buka: 07:30 WIB sampai dengan 18:30 WIB.

Pantai Momong

pantai di aceh
pantai momong aceh - image via @tetynasution/instagram
Ini sih wisata yang layak dinamai pantai tersembunyi versi Aceh. Kenapa begitu? Struktur bebatuan, bukit dan tebing yang kokoh menjadikan Pantai Momong seperti dibentengi oleh alam. Duh, bikin nggak mau beranjak sih kalau sudah nyantai di sini.

Di area pantai yang agak tinggi dibangun sederet pondok-pondok kecil. Nah, umumnya pengunjung nongkrong di situ sembari merasakan angin sejuk yang berhembus lembut dari samudera luas. Di hadapan mata, bukit dan tebing terjal menyuguhkan sisi epik, romantis luar biasa!

Mendatangi Pantai Momong berarti membiarkan pesona Aceh mengejutkan kamu. Ya, formasi alam yang ditampilkan nyaris tak terlupa, begitu juga Tebing Lampuuk yang seolah membingkai pantai terlihat menakjubkan.
Pantai Momong
Alamat: Meunasah Bale, Kec. Lhoknga, Aceh Besar - panduan lihat di peta
Tiket Masuk: Rp3k per wisatawan
Cara ke lokasi: Gunakan sepeda motor karena jalan ke sana hanya muat dilalui roda dua.

Lhok Mata Ie

pantai di aceh
image via @enmphit.s @ikaa_092/instagram
Banyak sekali traveller mengatakan bahwa Lhok Mata Le Beach merupakan pantai tersembunyi yang ada di Aceh. Tidak main memang, untuk bisa menikmatinya, wisatawan harus terlebih dulu melewati baris pegunungan selama 45 menit. Dan kalian tau? Itu dilakukan dengan trekking alias berjalan kaki.

Lhok Mata Ie Beach jauh dari keramaian, bahkan tidak ditemukan penginapan di sana. Bila hendak bermalam, camping jadi satu-satunya pilihan. mungkin karena pengunjung harus menyusuri jalan yang menguras keringat.

Namun, yang menjadi daya tarik pantai istimewa di Aceh ini adalah keasrian alam yang dijumpai. Rasanya yang seperti pantai private membuat Anda bebas berenang dan melakukan kegiatan seru. Coba, ada pantai se-eksklusif ini di tempatmu?

Cara ke Sana bagaimana nih? Usahakan beramai-ramai. Kalau berangkatnya dari Banda Aceh, 15 menitan hingga ke pinggir jalan besar. Dari area parkir ke dalam, sekitar 40-45 menit. Perlu dicatat, tidak ada plang penunjuk jalan, bertanyalah kepada warga.
Pantai Lhok Mata Ie
Alamat: Gampong Ujung Pancu, Lam Pageu, Aceh Besar (koordinat)
HTM:  Cukup membayar tiket parkir sebesar 5ribuan.

Pantai Lange

pantai di aceh
image via @junaidisyah_
Ingin melihat air laut memancur ke atas melalui celah batu karang? Atraksi wisata yang terdapat di Pantai Lange wajib kamu datangi.

Rasanya baru sedikit orang mengetahui tempat ini. Biasanya mereka yang pernah berkunjung ke pantai di Aceh tersebut, sekaligus ingin menjajal spot pemancingan ikannya. Memang, jarang sekali terlihat nelayan mengayuh sampan sehingga sehingga bisa dipastikan ikan-ikan di dalam lautnya berkembang pesat.

Sangking terpencilnya, suasana pantai benar-benar alami. Terletak di Gampong Meunasah Lamigrek, jaraknya 34 menit dari Banda Aceh. Ingat, itu belum dihitung sewaktu kalian melalui jalan setapak di tengah kanopi hutan tropis.
Pantai Lange
Lokasi: Provinsi Aceh - pedoman dan rute lihat di peta
Biaya masuk: Gratis

Pantai Kuala Leupung

image via zaila_dean
Payung warna warni yang digantung di cabang pohon cemara asri mengisyaratkan Anda sedang berada di Pantai Kuala Leupung, Aceh.

Ibarat terjebak di dalam pantai berkonsep Instagramworthly, Kuala Leupung menjadi tempat pelarian terbaik bagi Anda penikmat foto selfie. Spot yang disediakan tak terhitung jumlahnya, seperti sarang burung sampai pemandangan danau kecil di tepi laut yang dibumbui dekorasi kain memesona.

Destinasi pantai yang romantis di Aceh ini cocok untuk pasangan kekasih yang sudah sah. Jika ke sana, pastikan membawa kamera dengan memori kosong agar bisa mengambil gambar pantai sebanyak-banyaknya.
Pantai Kuala Leupung
Lokasi: Jalan Meulaboh - Banda Aceh, Dayah Memplam, Leupung - koordinat di sini
Tiket Masuk: Rp20.000 per orang
Jam Operasional: 08:00 s/d 18:00 setiap hari, dari jumat sampai minggu.
Nah, itulah semua pantai-pantai berpanorama cantik yang dapat Anda jelajahi selama berada di Aceh, jika mempunyai rekomendasi lainnya, berbagi informasilah dengan kami.

Berlangganan via Email