Widget HTML Atas

10 Tempat Wisata di Subulussalam Terbaru dan Terhits 2020

Subulussalam merupakan salah satu wilayah perkotaan di Provinsi Aceh yang menjadi penghasil buah durian terenak. Di balik itu, Subulusalam juga memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah sehingga cocok dibuat jadi tempat wisata. Apalagi banyak destinasi pariwisata yang belum banyak diketahui wisatawan sebagai pilihan tujuan berlibur.

Dominasi destinasi wisata di Subulussalam adalah objek wisata alam, selebihnya lagi adalah rekreasi buatan, wisata sejarah ataupun budaya dan kuliner. Beberapa diantaranya memang sudah menjadi tempat wisata paling terkenal di Subulussalam. Di sana, pemandangan alam sudah menanti Anda.

Jika dalam waktu dekat ini Anda berniat mengunjungi Subulusalam. Silahkan simpan atau bookmark daftar tempat wisata di Subulussalam yang kami ulas kali ini. Sekiranya Anda tertarik menengok keindahan alam Subulusalam nantinya, Anda tak lagi perlu mencari spot terbaik. Yuk simak info 10 tempat-tempat berikut.

Area Wisata Sikelang

Lokasi: Desa Sikelang, Kota Subulussalam, Aceh - Gambar: Youtube.com/aldiafriansyah
Warga Subulusalam sangat familiar dengan Wisata Sikelang. Pun bagi Anda yang tertarik akan pantai berwujud pemandian alam, wajib mengunjungi tempat berlibur favorit ini. Selain memiliki sungai jernih dan kolam renang, terdapat jembatan Sikelang untuk dijadikan spot berfoto paling kekinian.

Atraksi yang bisa ditemukan di wisata Sikelang adalah pemandangan indah memanjakan mata. Aktivitasnya pun bermacam-macam, seperti bermain air, menikmati segarnya sungai Lae Kombih dan memandang keasrian alam dari pondokan di tepi Lae Kombih. Keindahannya itu akan membuat Anda tak sabar untuk mengabadikannya dengan gambar.

Anda penasaran dengan destinasi wisata paling terkenal di Subulussalam? Inilah rekomendasi pertama sekaligus terbaik. Untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal lainnya, beralihlah Anda ke jembatan gantung di Kampoeng Sikelang yang merupakan daya tarik baru. Niscaya, Anda akan terpukau oleh panoramanya yang epik.

Air Terjun Silangit-langit

tempat wisata di subulussalam
Lokasi: Singgersing, Sultan Daulat, Subulussalam - Gambar: wahyuberampu
Objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kota Subulussalam adalah Air Terjun Silangit-langit. Eksotikanya bahkan sudah Anda dapat ketika menjelajahi perjalanan ke pedalaman Subulusallam ini. Trekkingnya benar-benar di luar dugaan!

Ya, sebelum tiba di sana, Anda wajib menyeberangi Sungai Lae Roso dari Desa Singgersing dengan perahu kayu. Penyeberangan ke Air Terjun Silangit-langit paling lama hanya 2 jam. Usai menginjakkan kaki ke tanah, bukan berarti petualangan berakhir di situ, hutan dengan baris pepohonan pun harus dilintasi.
Baca: Tempat Wisata di Aceh Singkil yang Populer
Petualangan panjang melintasi kawasan hutan Kota Subulussalam ini bisa menjadi kegiatan mengasikkan bagi wisatawan minat khusus. Apalagi jika sudah bertemu dengan air terjunnya yang bertingkat, Anda pasti takjub dan tak sabar untuk segera menceburkan diri.

Desa Namo Buaya

tempat wisata di subulussalam
Lokasi: Desa Namo Buaya, Penanggalan, Subulussalam - Gambar: @abusalam_id
Tempat lainnya yang kerap dicuitkan ialah Desa Namo Buaya di Subulussalam. Kampong ini punya 2 objek wisata yakni irigasi dan air terjun. Menurut warga, kampong tersebut paling ramai ketika libur tahun baru dan hari besar. Ramainya bahkan membuat seluruh area terisi penuh oleh pengunjung.

Irigasi di desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat ini semula dibangun Pemko Subulussalam untuk saluran sekaligus penampung air untuk mengairi sawah warga. Potensi itu lambat laun sedot perhatian masyarakat yang kemudian menjadikannya sebagai rekreasi alam.

Lantaran promosi mulut ke mulut yang berjalan sukses. Alhasil pengunjung pun berdatangan dari berbagai daerah. Tambah lagi, tempat wisata andalan Subulussalam ini mudah diakses dari arah kota dengan 30 menit saja. Wisatawan pun terbantukan dengan fasilitasnya yang lumayan memadai.

Taman Kota Subulussalam

wisata di subulussalam
Lokasi: Taman Kota Subulussalam, Aceh - Gambar: Nurjati/Googlemap
Setiap kota di Indonesia selalu berupaya menghadirkan wisata taman kepada warganya. Tak ketinggalan dengan Taman Subulussalam di Desa Tangga Besi yang tak boleh dilewatkan ini. Meski tak ditanami bunga, tetapi tempat bermain yang dihadirkan menjadi tempat nongkrong paling asyik bagi warga kota.

Dibuka setiap hari, di Taman Kota Subulussalam ini Anda bisa berjalan-jalan, berolahraga, jogging dan bersepeda. Atau, melakukan beberapa kegiatan menarik lainnya seperti piknik atau berkumpul dengan sahabat terdekat. Namun, perlu Anda perhatikan jika kondisi taman ini tidak terlalu terurus.
Simak Juga: 9 Pantai di Aceh dengan Panorama Paling Memukau
Sebagai opsi lain, ada Tugu Kota dan Taman Digital di Subulussalam yang mungkin layak sebagai alternatif. Tenang, lokasinya saling berdekatan kok.

Air Terjun SKPC (Penutungan)

kota subulussalam
Lokasi: Air Terjun SKPC, Lae Bersih, Penanggalan, Subulussalam - Gambar: @rizki_rivaldi93
Berjarak 8 kilo dari Subulussalam, wisata air terjun SKPC atau Penutungan terletak di antara perkebunan buah. Nama wisata alam ini tidaklah sembarangan, jika hurufnya dipanjangkan berarti Kelompok Pemukiman Blok C yang merupakan lingkungan transmigran asal Pulau Jawa.

Air terjun tersebut merupakan air terjun tertinggi di Subulussalam. Panjangnya mencapai 20 meter dengan deburan air yang deras. Konon, wisatawan yang mandi di sini bisa awet muda lho! Wah, nggak perlu lagi deh perawatan kulit atau pakai skincare, iya kan?

Untuk bisa sampai ke Air Terjun SKPC di Desa Penuntungan, ada tantangan lagi nih sobat PSN. Anda perlu turun menguras energi dengan menuruni 100 buah tangga. Tangga tersebut merupakan satu-satunya jalan masuk ke dalam. Tiketnya cuma Rp5.000 rupiah saja, lho!

Ekowisata Lae Soraya

Lokasi: Lae Soraya, Kecamatan Rundeng, Subulussalam - Credit: @ekowisatalaesoraya
Terdapat ekowisata di Subulussalam yang butuh dipromosikan. Namanya ialah Lae Soraya. Ekowisata ini masih merupakan bagian dari Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) sehingga memiliki koleksi flora dan fauna di tengah hutan yang terlindungi.

Sungai besar yang melintasi daerah kota di Subulusalam ini bisa dimanfaatkan untuk rekreasi susur sungai. Apalagi sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat di Kecamatan Longkib tersebut dihuni oleh berbagai jenis ikan air tawar. Anda tentu tak ingin melewatkan DAS tersebut sebagai spot memancing ikan.

Sejak dahulu, Lae Soraya adalah penopang hidup warga sekitar DAS. Perannya tidak hanya untuk kebutuhan pengairan, tetapi juga menopang keperluan air sehari-hari. Itulah kenapa dalam beberapa tahun terakhir penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai terus digalakkan. Seperti saat merayakan Hari Air Sedunia pada tahun 2020 lalu.

Jembatan Dah Rundeng

jembatan rundeng subulussalam
Lokasi: Jembatan Rundeng, Lae Pamualan, Subulussalam - Gambar: Googlempa/andiirawan
Jembatan Rundeng adalah sarana konetivitas jalan darat antara Kecamatan Sultan Daulat dan Kecamatan Rundeng di Subulussalam. Jembatan tersebut menjadi jembatan terpanjang di daerah ini. Dibangun dengan struktur beton sepanjang 150 meter dan diberi nuansa cat warna-warni.

Seolah merupakan ikon wisata, jembatan dekat Pasar Dah Rundeng ini sendiri punya tampilan unik dan eye catchy. Tiang beton penyangga yang menopang jembatan sengaja dicat dengan kuas berwarna-warni, seperti hijau, merah, kuning dan lainnya. Jika dipandang dari kejauhan, pemandangannya terlihat mencolok dan menarik perhatian.

Apabila Anda sejenak berkunjung ke jembatan terpanjang di Subulussalam tersebut, panorama sungai berikut perbukitan sekitarnya akan mencipatakan lukisan alam yang indah. Berada di sini sampai sore, Anda dapat menyaksikan sunset yang maksimal indahnya.

Kebun Buah Naga Longkib

Lokasi: Kebun Buah Naga, Longkib - Gambar: Googlemap
Berkunjung ke tempat liburan di wilayah Longkib, terdapat tujuan rekreasi yang mungkin sedikit berbeda dan cocok bagi Anda yang ingin mencoba hal baru di Subulussalam, yakni Kebun Buah Naga.

Kebun buah dengan luas 10 hektar tersebut berada di puncak bukit sehingga wisatawan juga akan menemukan kesegaran alam yang tiada tara. Anda tak akan rugi mendatangi objek wisata di wilayah Subulussalam yang unik ini.

Tanaman di kebun buah naga di Longkib ini mulai dikembangkan sejak 2018. Pengunjungnya berasal dari berbagai kalangan. Selain memetik buah naga, biasanya pengunjung mengikuti program eduwisata. Karena termasuk wisata langka, sekarang tempat ini menjadi destinasi agrowisata Subulussalam yang disukai banyak orang.

Kolam Renang Kasman

Lokasi: Kolam Renang Kasman, Penanggala, Subulussalam, Aceh
Kolam Kasman menyediakan tempat berenang dan taman rekreasi terbuka. Kolam renang ini adalah tempat yang tepat jika Anda hendak memboyong keluarga liburan. Selain kolam, Anda pun bisa menikmati bermacam fasilitas pendukung seperti gazebo, pakir kendaraan, mushola dan permainan air.

Terletak di Penanggala, Kolam ini merupakan objek wisata yang menarik di Subulussalam. Terbaru, ada juga danau kecil yang indah untuk Anda nikmati pesonanya. Saat cuaca sedang bersahabat, cobalah menyusuri danau kecil ini sambil menyaksikan ikan yang hilir mudik berenang.

Kolam tersebut buka setiap hari, mengenari tarif sepertinya sangat terjangkau bagi setiap tipe pengunjung. Tiket masuk ke Kolam Kasman cuma Rp10.000 per orang.

Air Terjun Tungan

Ibarat wisata terpendam, sehingga warga Subulussalam sendiri pun akan bengong mendengar nama Air Terjun Tungan. Apa eloknya? Saat Anda menengok tempat ini, suara gemericik air akan menciptakan nyanyian alam yang syahdu. Keasriannya pun masih 100 persen.

Kondisi Air Terjun Tungan dibatasi oleh sebuah sungai dan pepohonan. Jalannya pun harus melewati tebing. Tapi setibanya di area air terjun, kecantikan alam yang menjadi daya tarik utama tak akan mengecewakan Anda, sangat asri dan bersih.
Simak: Destinasi Wisata di Aceh Barat yang Wajib Dikunjungi
Wah, sudah sampai nih di penutup. Itulah dia sederet destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi tatkala berwisata ke Subulussalam. Pilihannya memang sangat banyak, kalau lebih tertantang menyusuri tempat liburan baru, silahkan menjelajah ke daerahnya. Namun bila ingin merasakan suasana urban, cukup di area kota saja.

Berlangganan via Email