Top Ad unit 728 × 90

Taman Sri Deli, Oase Historis Kesultanan Melayu di Medan

-- --
taman sri deli - credit: @satriasuhada
Taman Sri Deli merupakan komplek bersejarah di seputaran Medan Maimun yang berada di perempatan jalan Sisingamangara. Dulu, taman seluas 14 hektar ini sebenarnya menyatu dengan Masjid Raya dan Istana Kesultanan Melayu sebelum Kota Medan mengalami modernisasi.

Pesona baru Taman Sri Deli atau Derikanpark seolah menjadi 'oase' pelepas dahaga bagi mereka yang haus akan tempat rekreasi bersejarah di tengah kota. Apalagi paska Pemko Medan melalui Dinas Pertamanan melakukan serangkaian revitalisasi di area kolam dan bangunan sekitarnya.

Dirombaknya Taman Sri Deli Medan alhasil menciptakan destinasi kekinian yang oke punya. Meski nuansa vintage-nya sedikit berkurang, warisan dari Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah tersebut tetap menarik, terlihat lebih hijau dan kekinian.

1. Taman Bersejarah

ruang terbuka hijau - credit: akhyar nasution
Pada masa Sultan Amaludin Sani, tercetuslah keinginan sang pemimpin Melayu Deli ke-10, mendirikan sebuah taman yang diperuntukkan bagi para raja dan bangsawan. Demi mewujudkan keinginan itu, ahli arsitektur dari negara Italia ikut serta dilibatkan.

Tata bangunan yang diadopsi dari Mesir Kuno, India dan Turki yang diaplikasikan ke dalam konsep taman alhasil membuat Derikanpark sangat elok pada masanya. Taman ini kian meneduhkan lantaran diperindah dengan kolam kecil di bagian tengah.

Sayangnya, kondisi Taman Sri Deli yang bersejarah itu sempat tak terurus hingga diambil alih oleh pemerintah untuk dipugar dan direvitalisasi.

2. Memesona Setelah Direhab

wisata historis
Program revitalisasi taman bernilai historis itu mulai dikerjakan pada 2016. Disebutkan bahwa taman itu akan dipercantik lagi agar lebih menawan layaknya Taj Mahal ala Kesultanan Deli. Ide tersebut didasarkan beberapa pertimbangan, terutama posisi taman yang menyatu dengan 2 obyek historis lainnya yaitu Istana Maimun dan Masjid Raya dan mirip seperti Taj Mahal di India.

Sementara ini, Taman Sri Deli pun sudah seru untuk dikunjungi. Fasilitas yang dahulu seadanya sekarang sudah lengkap. Selain toilet, seisi taman telah dilengkapi kursi pengunjung serta lampu penerangan. Fasilitas itu tentu membuat taman yang bersebelahan dengan Masjid Raya ini bisa dijadikan alternatif wisata keluarga dan anak-anak.

Editorial's Pick!
1. Museum Perkebunan Indonesia di Medan
2. Wisata India di Kuil Shri Mariamman

Di sisi jalan menghadap Masjid Raya, berjubel pedagang rujak yang rasanya boleh dibilang senikmat Rujak Simpang Jodoh Tembung. Tak ayal, pengunjung Sri Deli Park tak hanya bisa bersantai di sana tetapi juga kulineran di tengah ramainya perlintasan Simpang Raya.

Warna-warni bangunan di Taman Sri Deli yang cerah tak kalah menggoda untuk dibuat jadi spot berfoto. Faktanya, ada lho fotografer yang membawa client mereka untuk photo shot ke sini.

3. Tiket Masuk dan Lokasi

Taman Sri Deli beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Sumatera Utara tepat di seberang Madani Hotel. Berikut peta yang dapat dijadikan rujukan.



Tidak perlu mengeluarkan biaya kunjungan, siapapun bebas masuk ke dalam taman tanpa terkecuali. Namun, sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan area taman.

Oase historis yang memuat fakta kejayaan Kesultanan Melayu Deli di Medan ini patut dikunjungi. Terlebih lagi bagi penikmat wisata sejarah yang rindu dengan memori tempo dulu. Semoga taman ini tidak cuma ramai saat Ramadhan Fair lagi ya.
Taman Sri Deli, Oase Historis Kesultanan Melayu di Medan Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/02/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.