Top Ad unit 728 × 90

Petualangan Spektakuler Pulau Weh, dari Menyelam hingga Bermalam di Resort

-- --
pulau weh via pulauwehresort.com
Tiada destinasi seindah Pulau weh, begitulah kata traveler yang telah menjalani petualangan di barat Pulau Andalas. Entah sekali seumur hidup, berkunjunglah ke destinasi diving dan snorkeling yang menyajikan pemandangan biota laut spektakuler di Aceh.

Tempat wisata Pulau Weh di Aceh merupakan destinasi paket lengkap dan mempunyai pemandangan mahal. Pulau Weh tidak cuma populer di kalangan turis domestik. Bahkan, para diver dan surfer dunia sering bolak-balik ke resort yang ada di sana lantaran terkesima akan dahsyatnya ombak dan keindahan karang.

Pulau We atau Weh merupakan gerbang laut negara Indonesia yang terletak di sisi Sumatera. Dimana sebagian wilayahnya bergugusan dengan negara lain dan hanya dipisahkan oleh samudera. Weh adalah tujuan wisata spektakuler yang tiap lokasinya menawarkan potret alam sempurna.

Cara ke Pulau Weh

image via demitra.atashi_lubis
Pelancong dapat memilih 2 moda transportasi yaitu via laut atau udara. Klaim terbaik adalah menggunakan kapal ferry. Paling tidak sahabat pariwisatasumut.net akan lebih leluasa menikmati momen perjalanan sekaligus menghemat budget.

Sepengetahuan penulis, terdapat 2 jenis kapal penyeberangan ke sana. Lama atau tidaknya tergantung sarana transportasi yang dipilih. Misalnya menggunakan kapal cepat, maka 1 jam saja sudah tiba di pelabuhan Pulau Weh. Sedangkan kapal lambat tentu lebih lama, memakan waktu hingga 3 jam.

Jadwal keberangkatan kapal penyeberangan ke Weh dibuka 3 kali sehari yaitu pukul 7:30, 10:30 dan 14:30 (tahun 2019) dengan tiket penumpang sebesar Rp25k. Namun, waktu berangkatnya kapal dapat berubah tergantung kondisi cuaca.

Sejarah

image via zulkiram3011
Terasa kurang lengkap kalau tidak ikut membahas tentang sejarah dan misteri yang terdapat di Weh. Setidaknya, terdapat 2 fakta menarik yang sudah terungkap yakni proses terbentuk dan nilai historis yang dimiliki.

Arti kata "Weh" dalam bahasa Aceh adalah "pisah". Asal penamaan itu tentu saja berkaitan dengan proses terbentuknya. Ratusan tahun silam, terjadi fenomena alam dimana sebagian lempeng daratan Banda Aceh mengalami pergeseran.

Daratan yang bergerak itu lantas menjadi sebuah pulau yang sekarang dikenal sebagai Pulau Weh. Uniknya, jika dilihat melalui citra satelit, pulau vulkanik ini memiliki bentuk seperti huruf W.

Destinasi Petualangan Bawah Laut

spot diving image via saltreefdivers
Menyelam merupakan kegiatan petualangan yang paling digilai oleh penikmat bawah laut. Banyak titik lokasi penyelaman yang keren di perairan laut Pulau Weh yang seru untuk ditelusuri. Berikut diantaranya.

Batee Tokong
Layaknya akuarium raksasa yang ditinggali sekawanan individu hewan laut, batee Tokong adalah tempat menyelam paling digemari oleh turis mancanegara. Panorama berupa ikan zebra, belut pita dan moray akan membuat takjub.

Hal menakjubkan lainnya, destinasi yang dapat ditempuh sekitar 20 menit dari Iboih ini menjadi lokasi perlintasan komunitas ikan-ikan hiu.

Sophie Rickmers
Merasakan pengalaman menyelam di dalam kapal jadi sensasi unik yang harus dirasakan sahabat PSN. Sama halnya dengan Mandeh, di Pulau We pun ada sebuah kapal kargo yang mulai dieksplor sebagai spot diving sejak tahun 1942 yaitu Sophie Rickmers.

Batee Glaa
Dinding bebatuan yang ditumbuhi ribuan spesies biota laut menjadi panorama epik di Batee Glaa. Batuan koral tampak menggunung dan mengisi kontur permukaan pasir. Bagi yang belum terlalu profesional dalam hal berenang, tempat ini sangat direkomendasikan karena arus lautnya sangat tenang.

Terdapat beberapa jasa pemandu profesional untuk diving di sana seperti Salt Reef  Dive, Scuba Weh dan Rubiah Tirta Divers. Mereka biasanya akan membawa pelancong ke spot yang disepakati. Perlengkapan untuk penyelaman juga disediakan oleh mereka.

Pulau Weh Resort

pulau weh resort
Sebenarnya sangat banyak penginapan di sabang yang sangat dianjurkan sebagai tempat bermalam. Tapi, ada satu yang cukup banyak disorot yakni Pulau Weh Resort.

Lain dari pada hotel lainnya, resort ini mempunyai akomodasi cottage yang dikelilingi oleh laut dan pepohonan kelapa di lahan seluas 2 hektar. Tamu yang ingin berpetualang pun tidak perlu bingung mencari guide karena di resort tersebut sudah tersedia.

Namun, penginapan privat di Pulau Weh ini hanya menyediakan 13 kamar cottage dan hampir setiap hari terisi oleh tamu. Sebab itu sangat dianjurkan untuk melakukan pemesanan jauh hari sebelum berkunjung.

Berpetualang di kedalaman laut serta menyibak keindahan di dalamnya menjadi pengalaman paling berharga yang akan didapatkan saat mengexplor pulau eksotik di Sumatera tersebut. Sudah siap untuk menjelajah?
Petualangan Spektakuler Pulau Weh, dari Menyelam hingga Bermalam di Resort Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/10/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.