Top Ad unit 728 × 90

8 Gambar Kampung Wisata Sawah: Lokasi Adem Tiketnya Pun Murah!

-- --
Atraksi alam yang menyajikan keindahan panorama sawah menjadikan Desa Pematang Johar spontan naik daun. Sebab, tempat wisata yang terletak di seputaran Kawasan Industri Medan (KIM) tersebut termasuk unik dan jarang ditemukan di kota besar.

kampung wisata sawah pematang johar labuhan deli - credit: agus/fb
Apabila sahabat PSN tengah rindu dengan nuansa alam hijau, adem dan menentramkan hati, maka Kampung Wisata Sawah adalah destinasi sensasional yang berada di Kecamatan Labuhan Deli ini, sudah seharusnya disinggahi.

Objek wisata Kampung Sawah Desa Pematang Johar merupakan tujuan berlibur yang belum lama diluncurkan. Tempat ini menawarkan spot-spot berfoto dengan sederet kegiatan khusus. Kendati berkonsep masa kini yang diketahui banyak disukai remaja, tapi tak sedikit juga pengunjung berkunjung ke sana bersama keluarga.

Supaya kunjungan ke tempat wisata di Labuhan Deli itu semakin lancar. Alangkah bagusnya jika sederet informasi lengkap mengenai akses, amenitas dan daya tariknya lebih dahulu sobat ketahui. Berikut kami uraikan detailnya.

Lokasi Kampung Wisata Sawah

Dijamin tak sulit untuk sampai ke alamat Kampung Wisata Sawah, yakni di jalan Johar Raya, Dusun VI Rawa Badak, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kab Deli Serdang. Yuk, lihat petanya di bawah ini.


Jika dari pusat kota Medan, Desa Pematang Johar letaknya di arah barat. Sehingga kita perlu mengambil rute terdekat dengan jarak 36 km melalui jalan KL Yos Sudarso. Setibanya di jalan Pulau Sumatera, temukan jalan Rawe 7 yang menjadi titik koordinat terakhir.

Jalan alternatif terbaik dapat melalui tiga opsi. Perjalanan paling ringkas kedua ialah Sampali dan ketiga lewat Williem Iskandar. Durasi perjalanan kurang lebih 37-45 menit. Sedangkan jaraknya sendiri tercatat 17-18 kilometer.

Calon pengunjung tentunya dapat mengendarai roda empat seperti bus dan mobil, atau kendaraan roda. Kondisi infrastruktur ke sana sudah bagus. Misalnya ingin menggunakan angkutan umum, tersedia trayek dari Braywn yaitu angkot 79 hijau.

kampung wisata sawah
pemandangan padi dan sawah pematang jonar - image via puji widakdo

Biaya Masuk

Supaya kita bisa memasuki Kampung Wisata Sawah. Maka tiket wajib dimiliki. Adapun nominalnya ialah Rp5.000 per pengunjung. Tarif  tersebut berlaku mulai Senin - Minggu.

Biaya masuk itu tentu saja murah meriah. Sebagai info tambahan yang menurut kami penting diketahui, objek wisata terbaru di kecamatan Labuhan Deli ini dibuka untuk pengunjung dari pagi sampai malam yakni pukul 08:00 - 20:00.

Fasilitas

Agar pengunjung nyaman ketika berada di Kampung Wisata Sawah. Pengelola telah mengakomodir sederet fasilitas. Meliputi mushola, kamar mandi, tempat makan, taman baca dan pondok istirahat.

Fasilitas out bond sedang dipersiapkan. Kalau nanti sudah rampung, maka pengunjung bukan cuma bisa menikmati pemandangan. Namun, sarana wisata seperti flying fox, taman air sampai wahana pemacu adrenalin dapat dijajal.

image via @andy_armansah

Daya Tarik dan Aktivitas di Kampung Wisata Sawah

Pematang Johar ialah desa yang ditempati oleh para petani. Dengan bantuan dana CSR dari PT Kawasan Industri Modern atau KIM, destinasi ini kemudian didirikan. Tujuannya untuk menopang ekonomi sekaligus memberdayakan masyarakat.

Meski hanya sebatas lahan pertanian, tetapi Kampung Wisata Sawah justru istimewa lantaran memiliki beberapa daya tarik yang potensinya masih terus digali.

Termasuk berburu foto, sederet kegiatan wisata pun dapat dilakukan pengunjung. Berikut beberapa di antaranya:

1. Panorama Sawah dan Kolam

panorama sawah yang cantik
Populer sebagai destinasi baru yang mengandalkan keindahan sawah. Lahan pertanian seluas 2.400 hektar ini sukses mengubah paradigma kita bahwa sawah pun bisa menjadi tempat rekreasi apabila dikelola dan ditata dengan bagus.

Menyaksikan hamparan padi sebelum masa musim panen. Atau, ketika padi masih hijau dijamin menyenangkan. Hawa sejuk yang dihasilkan tanaman holtikutra itu membuat kita lega dan terpana akan bentang sawah yang begitu luas.

Di sudut lain, pengunjung dijamin seru menikmati momen kebersamaan dengan teman dan keluarga. Pasalnya, di kawasan wisata itu ada sebuah kolam. Nah, di sana sudah bisa dijumpai beberapa permainan.

2. Spot-spot Berfoto

gerbang masuk kampung wisata sawah - image via andi/fb
Berburu foto menjadi sesuatu yang tak boleh dilewatkan. Hampir seluruh tempat menyajikan latar yang keren nih sob. Terlebih di jembatan bambu yang dibuat melintang di atas areal persawahan. Sepintas, daya tarik itu mengingatkan kita akan Agrowisata Paloh Naga yang juga mempunyai daya tarik serupa.

Usut punya, tingginya antusias pengunjung ternyata berasal dari unggahan pengguna Instagram yang memamerkan pesona objek wisata Pematang Johar di media sosial, baik gambar maupun video, sama-sama menampilkan tatanan landskap dengan pemandangan luar biasa.

Suasana itu pun lantas membuat masyarakat terpana. Terpikat akan panorama khas yang biasanya hanya dijumpai di pedesaan. Mereka yang rindu ingin pulang bisa sejenak mengalihkan ingatan. Permainya alam ikut menyegarkan pikiran.

3. Taman Baca

sarana wisata
Objek wisata yang dikelola sepenuhnya oleh badan usaha milik desa (bumdes) ini pun tak ingin abai terkait edukasi. Pengunjung yang hobi membaca pasti tertarik melihat sebuah bangunan perpustakaan yang baru didirikan.

Objek menarik yang difungsikan sebagai taman baca itu tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat sekitar. Untuk wisatawan yang mungkin lelah setelah mengelilingi persawahan, bisa beristirahat di spot ini sambil membaca buku sekaligus memandang keasrian alam yang begitu nyata.

4. Sunrise dan Sunset

suasana sunset via @dicky_sebastian26
Setelah puas berfoto, berkeliling, bermain air dan berjalan di jembatan bambu berbentuk panjang yang terhubung dengan gazebo. Momen paling ditunggu selanjutnya yaitu menyaksikan sunset bersama sahabat atau orang terkasih.

Mungkin sebagian dari kita sudah jatuh cinta dengan pesona matahari terbenam di pantai atau laut. Namun lokasi wisata di darat ini tetap memberikan gambaran langit yang memesona. Sebelum hari gelap dan melewati pukul 18:30, atmosfer alam akan terasa begitu romantis.

Kombinasi warna yang indah dan menembus cakrawala langit tersebut sekaligus menutup kunjungan ke Kampung Wisata Sawah. Nah, jangan lupa memeriksa barang pribadi sebelum beranjak untuk pulang.

Banyak hal menarik lain yang akan sahabat PSN temui di Kampung Wisata Sawah. Yuk manfaatkan waktu luang dan berkunjung ke objek wisata di Labuhan Deli.
8 Gambar Kampung Wisata Sawah: Lokasi Adem Tiketnya Pun Murah! Reviewed by Pariwisata Sumut on 2/09/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.