Widget HTML Atas

Pantai Pondok Permai: Rute ke Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ketika singgah di Perbaungan, Serdang Bedagai, berkunjung sejenak ke Pantai Pondok Permai adalah kegiatan berlibur yang menarik. Di tempat tersebut, kita tidak hanya bisa menikmati panorama alam. Makanan sea food di restoran yang menggetarkan lidah juga sedap untuk dicicipi.

pantai pondok permai - image via @teukumiliala
Jika berwisata ke Pantai Pondok Permai menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan. Pastikan melakukan beberapa aktivitas seru di sepanjang bibir pantai. Karena hanya berjarak 54 kilometer dari Medan, maka destinasi di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin ini cukup terjangkau.

Berikut informasi lengkap mengenai Pantai Pondok Permai yang tentu dibutuhkan sahabat Pariwisata Sumut.

Harga Tiket Masuk Pantai Pondok Permai

Tidak ada penambahan biaya retribusi. Sekalipun sering mengadakan acara, pengelola tetap membandrol HTM yang sama seperti tahun sebelumnya. Rincian di bawah ini berlaku untuk pengunjung anak-anak, remaja dan dewasa.

Biaya Masuk: Rp20.000,- per orang
Parkir Roda 2: Rp5.000 per motor
Roda 4: Rp.10.000 per unit

Wajib dicatat, biaya tersebut di atas belum termasuk pemakaian wahana air, sewa pondok dan lainnya. Tetapi, kalau datangnya hanya sebatas ingin merasakan nuansa pantai dan mengambil gambar di spot berfoto, tidak perlu mengeluarkan tambahan ekstra.

Lokasi dan Rute ke Pantai Pondok Permai

Pantai ini berada di Dusun 3, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin Kanan, Serdang Bedagai. Atau, sila tentukan titik koordinat dari peta google yang telah dicantumkan berikut. Agar perjalanan lebih gampang.


Jalan ke pantai Pondok Permai sudah bagus, dapat dilalui oleh berbagai macam jenis kendaraan termasuk bus pariwisata. Supaya bisa sampai ke tempat tersebut jika berangkatnya dari Medan sekitar, maka cara terbaik menggunakan jalan tol.

Adapun rutenya, ambil arah menuju simpang 3 Pantai Cermin. Terus hingga melewati pantai Bali Lestari. Kemudian belok hingga bertemu plang atau gerbang bertuliskan Pondok Cermai.

Fasilitas

Dari segi kenyamanan obyek wisata ini memang sudah memberikan yang terbaik. Pengelola memfasilitasi semua kebutuhan utama pengunjung. Berikut sederet amenitas yang telah tersedia dan dapat dipakai oleh wisatawan.
  • Wahana bermain
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Area parkir luas
  • Restauran
  • Tempat berfoto
  • Aula/ruang pertemuan

Sedangkan permainan air yang dapat kita pakai setelah membayar biaya tambahan meliputi:
  • Banana boat
  • Speedboat
  • Fery
  • Sepeda air 
  • Karoke
  • Kolam pancing

Objek Wisata di Pantai Pondok Permai

Salah satu pantai di Serdang Bedagai yang lengkap dan fokus dengan atraksi hiburan adalah Pantai Pondok Permai. Keadaan pantai ini sangat selaras dengan alam sehingga memberi nuansa permai dan menenangkan.

1. Spot Berfoto
spot berfoto di pantai pondok permai - image via sannyli2811
Untuk sahabat PSN yang menggeluti hobi fotografi. Pantai ini menawarkan banyak sekali spot foto. Bahkan bagi yang belum profesional pun, pesona Pondok Permai dijamin akan menghasilkan gambar yang bagus kendati dijepret dengan menggunakan handphone murah.

Meski tak sekondang pantai romantis, namun pantai ini mampu membuat kita takjub akan panorama yang terbentang indah. Bukan itu saja, pasir yang disugukan di sepanjang pantainya juga putih dan bersih.

Mengeksplor sederet tempat berfoto di pantai Pondok Permai menjadi keseruan tersendiri. Apalagi, di setiap sudut sudah dibuat area khusus untuk berselfie yaitu spot photo booth. Seperti kapal nelayan hias dan gazebo yang dipasangi kain kelambu. Tentu bahagia rasanya mengabadikan keelokan laut itu.

2. Restauran Pantai Pondok Permai
restaurant pondok permai merupakan spot kuliner sea food
Tempat makan di pantai ini ialah restauran Pondok Permai. Seperti destinasi kuliner di daerah pesisir pada umumnya, jenis makanan selalu identik dengan hasil tangkapan ikan laut seperti gabus merah, cumi-cumi dan lainnya.

Bagi sebagian orang, bersantap di sana mungkin mahal. Tapi tergantung menu yang dipesan. Apabila sekedar minum, pengunjung cuma perlu merogoh kocek sekitar Rp20k. Sedangkan untuk makanan laut, harganya mulai dari Rp35.000 per porsi.

Seandainya baru pertama kali datang, cobalah memesan menu andalan restauran yaitu kepiting. Selain bergizi, kepitingnya masih segar sebelum diolah. Dan sebagai penutup, jangan lupa meminum air kelapa muda.

3. Wahana Berfoto
wahana berfoto dan permainan
Jilatan ombak laut yang memesona serta desiran air menjadikan tempat ini terasa begitu permai. Selain bercengkrama dengan teman dan keluarga, menikmati lautnya juga dapat kita lakukan dengan mencoba beberapa permainan air.

Petualangan membelah laut dengan menaiki speed boat ataupun banana boat tentu menggembirakan. Apalagi pantai ini sangat aman. Tidak ada hewan laut yang akan mengganggu nikmatnya masa berlibur.

Setelah merasakan sederet keseruan itu. Duduk di kursi yang dibuat pengelola menghadap ke arah pantai menjadi kegiatan terakhir yang bisa pengunjung lakukan. Apalagi kalau bukan menunggu sore hari dengan sunset yang indah sebelum kembali ke kota Medan.

Selain nuansa permai yang dihadirkan pantai tersebut, berbagai event seperti cap Go Meh, Idul Fitri, Tahun Baru dan Imlek selalu rutin diadakan sepanjang tahun.