Widget HTML Atas

13 Potret Terkini Kebun Binatang Medan - Biaya Masuk, Koleksi dan Lokasi

Jalan-jalan tapi nggak harus keluar dari kota Medan?

Maka tempat pemeliharaan hewan di Simalingkar yakni Kebun Binatang Medan adalah destinasi wisata pertama yang muncul di memori kita. Kebun binatang populer di Sumatera Utara ini diklaim punya ratusan koleksi satwa. Plus, arena bermain dan amenitas yang menjadikan Medan Zoo cukup populer.

kebun binatang simalingkar medan via instagram/rudy.ho
Pertama kali berkunjung ke taman yang merawat aneka spesies satwa di tengah kota dengan penataan layaknya hutan tropis. Mungkin timbul beberapa pertanyaan tentang kebun binatang Medan masa kini. Sudah cukup layak dan bagus kah lokasi konservasi hewan di Simalingkar itu untuk didatangi atau, berapa tiket masuk ke dalam agar dapat melihat keadaannya secara langsung.

Kebun Binatang Medan merupakan taman margasatwa seluas 300 ribu meter persegi. Sejarahnya, taman rekreasi terpadu tersebut tercatat sudah mengalami beberapa kali perombakan, pemindahan, perbaikan dan penambahan sarana.

Kebun Binatang Medan

Berikut deretan 13 potret kebun binatang di Medan terkini dilengkapi ulasan, info terbaru terkait fasilitas dan koleksi yang akan dijumpai di sana.

1. Rute dan Alamat

jarak ke kebun binatang medan cukup dekat
Kebun binatang ini terletak di Simalingkar, Medan Tuntungan dan berbatasan dengan Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Tepatnya di Jalan Bunga Rampai IV 100, Simalingkar B, Ujung Labuhen. Secara detail, titik koordinat lokasinya dapat dipantau di google map.

Untuk menuju ke sana, rute tercepat bila ditempuh dari Jalan Brigjend Katamso, Kampung Baru. Melalui jalan AH. Nasution. Kemudian arahkan kendaraan ke Jl Luku hingga akhirnya sampai ke Jalan Pintu Air IV. Jika ditotal, waktu tempuhnya hanya sekitar 17-18 menit.

Aksesnya tergolong aman dan tidak terlalu ramai. Kecuali Anda berkunjung saat libur nasional, nataru atau momen idul fitri. Kemungkinan konektivitas akan sedikit macet padat karena rute ini sering digunakan pemudik.

2. Tiket Masuk Kebun Binatang Medan (Update 2020)

loket tiket masuk - credit: aminrais.aps
Harga tiket Kebun Binatang Medan terbilang cukup murah. Untuk weekdays maupun weekend biaya masuknya tetap sama. Jika di tempat lain ada isitilah premium dan reguler, di sini justru tidak ada perbedaan karcis retribusi.

Mulai dari tahun 2019 - 2020 tidak ada perubahan, besarnya harga tiket tersebut tetap sama ketika musim lebaran maupun high season lainnya yaitu Rp15.000 per orang. Berlaku untuk dewasa maupun anak-anak.

Tiket tersebut dapat dibeli di loket penjualan yang letaknya di area pintu masuk utama. Karcis yang sudah diperoleh jangan tercecer atau hilang karena ketika keluar dari area, lembaran kertas itu akan kembali diminta.

3. Jam Buka Kebun Binatang

Perlu diinfokan bahwa waktu operasional (jam buka) Kebun Binatang Medan dibuka setiap hari yakni Senin s/d Minggu dari pukul 09:00 dan akan ditutup sorenya pada pukul 17:00.

4. Transportasi

kebun binatang simalingkar - sumber: kumparan.com
Hanya ada sejumlah angkutan umum ke Kebun Binatang Simalingkar yaitu angkot bernomor 54 merah dan 67 kuning yang akan mengantarkan anda langsung ke depan gerbang.

Transportasi tersebut biasanya berangkat dari Pinang Baris dengan rute tetap atau pulang-pergi. Tapi, pengunjung pun dibolehkan mengendarai motor atau mobil sendiri. Nantinya akan dikenai uang parkir.

Sebetulnya bisa juga menggunakan ojek online. Namun dari pengalaman kami, dari SM Raja ke sana ongkosnya lumayan mahal Rp60 ribu sekali berangkat. Daripada menghabiskan duit, lebih hemat naik moda transport publik. Jadi, pilih sesuai kenyamanan saja.

Daya Tarik dan Aktivitas

Tujuan utama ke taman margasatwa tentu untuk melihat kepolosan dan mengenal beragam suaka. Karenanya, kebun hewan ini pun layak untuk tujuan wisata edukasi. Nah, apa saja sih isi Kebun Binatang Medan?

5. Koleksi Hewan

sepasang harimau di kebun binatang medan - sumber: pariwisatasumut.net
Medan Zoo ialah taman yang difungsikan untuk edukasi publik. Karenanya, destinasi ini menawarkan konsep hutan kota. Binatang-binatang yang dikumpulkan tidak hanya berasal dari Sumut, tetapi juga didatangkan dari luar daerah seperti Jawa dan Kalimantan.

Mengenai jumlah satwa terhitung, kebun binatang ini mempunyai koleksi kurang lebih 157 spesies. Berdasarkan kategorinya, berikut rincian penghuni Medan Zoo yang dapat dilihat pengunjung.

a) kategori aves
Bahagia sekali rasanya melihat si kecil bisa melihat keanggunan dan kelincahan berbagai jenis burung dengan sayap-sayapnya yang begitu indah. Sebut saja burung pelikan, merak, kakatua rajawai, elang, kowak malam, dan jalak Bali yang senantiasa menebarkan pesona menawan.

aves jadi koleksi terbanyak medan zoo
b) kategori hewan liar
Berkeliling di kebun binatang simalingkar ini memberikan nikmat tersendiri. Pasalnya, pengunjung tak perlu berkelana di hutan liar untuk melihat gagahnya harimau sumatera, rusa, buaya, kera sulawesi, dan beragam jenis spesies ular.

Baca Juga: Sunflower Garden Medan

c) kategori primata
Koleksi hewan paling baru di sini adalah 2 orangutan Kalimatan yang lucu. Tambah hewan mamalia yang berasal dari Amerika Serikat yaitu capybara. Ke depannya, jumlah koleksi hewan akan terus ditambah mengingat kunjungan masyarakat sumut ke tempat wisata tersebut cukup tinggi.

6. Wahana

atraksi menunggangi kuda - credit: jun.zb
Pertunjukan gajah dan orangutan di sini paling banyak dicintai pengunjung. Tentunya, pertunjukan itu sangat menghibur karena tingkah mereka yang menggemaskan dan bikin kita tertawa. Bagi yang berminat, bisa berkeliling areal kebun binatang dengan gajah lho!

Kesempatan menaiki beberapa satwa pastinya jarang sekali kita rasakan. Namun di sini beberapa hewan diperbolehkan seperti kuda dan gajah. Namun, untuk menaiki mereka di sepanjang jalur, pengunjung harus mengeluarkan sedikit biaya ekstra.

Kendati wahana-nya tidak sebanyak mickey funland, tapi menghabiskan masa liburan sekolah dan lebaran di sini seyogianya bisa dibuat alternatif.

7. Rekreasi

credit: tonny_lie1
Eits, sarana rekreasi di kebun binatang ini cukup seru loh untuk dicoba. Untuk anak-anak bisa naik perahu di telaga yang mirip danau kecil. Bagi remaja dan dewasa, permainan lebih serius yang bikin adrenalin terpacu pantas dicobai. Seperti permainan outbond, flying fox dan bungee trampolinee.

Pengunjung yang datang dari jauh seperti darmawisata sekolah ataupun liburan dengan keluarga, dibolehkan untuk menggelar tikar. Siapa sih tidak tertarik untuk piknik di tempat yang menyajikan nuansa alam dan udara segar?

Kalau lupa membawa tikar atau matras, bisa menyewa dari pelapak. Harga rentalnya sekitar 45-60 ribu. Di tempat rekreasi ini mudah menemukan camilan. Bahkan makanan dan minuman berat dapat pengunjung beli dari warung-warung yang berada di pinggir jalur trekking.

8. Aturan dan Larangan

peta areal dan petunjuk arah koleksi satwa
Setiap taman margasatwa selalu disertai aturan bagi pengunjung. Sederet hal yang boleh dan tidak diperbolehkan dilakukan di Kebun Binatang Medan meliputi:

a). Pengunjung tidak diperkenankan memberi sembarang makanan kepada koleksi hewan-hewan yang ada di dalam kandang.
b). Yuk, sahabat PSN wajib ikut menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan cara meletakkan sampah organik dan non organik ke tong yang sudah tersedia
c). Bagi pengunjung yang membawa anak-anak harap memantau setiap gerak-gerik mereka.
d). Jangan mengejutkan hewan supaya mereka tidak merasa terusik atau terganggu.
e). Diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman dari luar.
f). Harap parkiran kendaraan di zona yang sudah ditetapkan

9. Fasilitas

a) Zona Berfoto
b) Mushola
c) Souvenir
d) makanan hewan
e) wahana permainan
f) sarana outbond

kolase pintu masuk

Sejarah Kebun Binatang Medan

Sejarah taman margasatwa di Medan ini cukup panjang. Jadi tim pariwisatasumut.net akan mengulasnya secara singkat tanpa menghilangkan poin-poin penting yang barangkali perlu diketahui khalayak.

Jauh sebelum dipindahkan ke Simalingkar B, dahulu taman botani ini terletak di Medan Maimun. Seiring pertumbuhan kota yang cukup padat dan bertambahnya koleksi suaka, akhirnya pemko berinisiatif untuk memindahkannya ke tempat yang baru.

Di lokasinya yang sekarang, branding Medan Zoo diperkuat. Konsepnya digodok sedemikian rupa agar nyaman untuk tujuan rekreasi keluarga. Pengelolaannya pun ditargetkan modern dan menerapkan kemajuan teknologi. Dari segi tampilan, mengedepankan tata ruang terbuka hijau layaknya hutan kota.

Semenjak kepindahan itu, bukan berarti kebun binatang ini lepas dari keluhan pengunjung. Kekecewaan wisatawan didasarkan atas beberapa alasan. Mulai dari kandang yang kondisinya tak terurus, tak terisi sampai kebersihan yang seyogianya perlu ditingkatkan.

Nah, demikian seluruh informasi lengkap yang sudah kami himpun untuk sahabat PSN, semoga bermanfaat dan mari lestarikan bumi.

Berlangganan via Email