Widget HTML Atas

Pemandian Air Terjun Simarudan Udan - Lokasi, 10 Gambar dan Ulasan

Kecamatan Raya Kahean mempunyai sebuah pemandian alam dan air terjun yang indah untuk dikunjungi. Tempat wisata baru tersebut adalah Simarudan-udan. Terletak 17 km dari arah desa Bartong, Sipispis, Serdang Bedagai.

pemandian air terjun simarudan udan - credit effendi sibarani
Tidak bisa dipungkiri, pemandian dan air terjun Simarudan Udan merupakan destinasi berlibur di balik pesona belantara. Lokasi wisata yang menawarkan keindahan tersebut disukai para pengunjung lantaran mendeskripsikan permainya alam.

Jalan ke Simarudan-udan memang membutuhkan sedikit kegigihan lantaran harus melewati beberapa dusun, jembatan kecil dan perkebunan. Tetapi siapa pun yang sudah berkunjung ke sana pasti tidak menolak untuk datang lagi di lain waktu.

Pemandian dan Air Terjun Simarudan Udan

Berada di Desa Sambosar Raya, Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun. Namun, bisa juga diakses melalui Dusun III Desa Bartong. Objek wisata tersebut dibuka dari jam 08:00 - 17:00 setiap hari.

1. Harga Tiket Masuk

air terjun simarudan udan - credit: chandrah alvino/fb
Biaya berlibur ke Air Terjun Simarudanudan sebesar Rp5.000 per pengunjung dan dipastikan harga tiket tersebut masih berlaku sampai sekarang. Tidak ada penambahan biaya baik saat long weekend maupun saat libur nasional.

Tentunya biaya yang tercantum itu di luar dari keperluan pribadi. Seperti bahan bakar kendaraan atau konsumsi yang dapat ditaksir sesuai kebutuhan pribadi.

Kalau dihitung, mungkin total biaya yang diperlukan tidak lebih dari 100 ribu. Apalagi jika tempat tinggalnya tak jauh dari lokasi misalnya pengunjung yang berasal dari Tebing Tinggi atau Pematang Raya, pasti semakin bisa nge-trip murah.

2. Rute dan Akses ke Lokasi

image via adiputra5383
Yuk segera meluncur ke alamat pemandian alam dan air terjun Simarudan-udan yang dapat dijumpai di Desa Sambosar, sebuah wilayah administratif Kec. Raya Kahean ini. Mengenai rute, bisa pilih 3 opsi berikut:

Akses dari Medan akan memakan waktu cukup panjang sekitar 2,5 jam dengan panjang trek perjalanan kurang lebih 120 kilometer (menggunakan jalan tol). Setelah keluar dari gerbang tol Tebing Tinggi, jangan ambil rute ke Pematang Siantar ya. Tapi temukan jalan Letda Sujono.

Dari Letda Sujono, Teruskan perjalanan hingga melewati Desa Gunung Pane, Buluh Duri hingga bertemu Desa Bartong di Serdang Bedagai. Nah, dari sini sudah dekat, cuma 5,9 kilometer atau 13 menit lagi untuk sampai ke tujuan yaitu Simarudan-udan.

Sebagai pengingat, jangan lupa membawa kendaraan yang fit. Akses ke sana lebih bagus naik motor atau roda dua saja supaya lebih irit dan tidak terlalu ribet. Kalau butuh informasi detail, tanyakan ke warga setempat atau ikuti panduan via: google map.

3. Fasilitas

image via @andreypoetra19
Karena berkonsep alam dan dikelola warga setempat, maka di Simarudan-udan tidak banyak fasilitas yang bisa dijumpai pengunjung. Di sana hanya terdapat warung kecil yang menjual makanan dan minuman sederhana.

Mengenai atraksi, pengelola menyediakan ban pelampung dan rakit. Nah, mana tahu sahabat pariwisatasumut berniat untuk berkeliling di sekitar pemandian tersebut. Jadi dapat menggunakan perahu bambu itu.

Sebagai tambahan, tempat wisata di sekitaran Desa Bartong ini bisa kok untuk sarana berlibur ramai-ramai dengan keluarga. Di beberapa spot, ada area pemandian yang dangkal dan aman bagi anak-anak. Dijamin tidak ada hewan yang mengganggu momen liburan.

Daya Tarik dan Kegiatan

Membahas magnet wisata Air Terjun Simarudanudan dan pemandian alam di Raya Kahean yang pesonanya tiada akhir ini pastinya menarik. Bukan hanya sekedar mengambil gambar atau berfoto. Melainkan sederet kegiatan alam pun bisa kita kerjakan.

4. Air Terjun Simarudan-udan yang Berjajar Indah

image credit: dany purba - ayu fitria/fb
Komposisi air terjun Simarudan-udan memang bikin kagum. Tebing yang kokoh terlihat hijau karena diselimuti oleh tetumbuhan. Dari antara dedaunan dan dinding tebing itu pula, mengucur air deras yang eksotik.

Air terjunnya sendiri memang tidak terlalu tinggi. Hanya saja cukup unik dipandang karena menyebar dan membentuk sulur dengan garis air yang merata. Sebelum akhirnya air itu menyatu ke permukaan sungai kecil di bagian bawah.

Demi melihat seluruh pesona itu, kita pasti larut dalam kekaguman. Selama ini, objek wisata di Simalungun tersebut memang tidak banyak diketahui orang. Hal itu sekaligus menjadi alasan mengapa baru ramai dikunjungi wisatawan beberapa bulan terakhir.

5. Pemandian

image via effendi putra sibarani
Berbeda dengan pesona air terjun lainnya, di sini justru terdapat sebuah sungai kecil yang cenderung tidak deras. Putihnya aliran air sungai itu seakan ikut menambah kesempurnaan pemandangan alam nan hijau.

Hawa khas pegunungan menciptakan nuansa yang menenangkan. Entah di bagian bawah air terjun ataupun di area sungainya, pengunjung akan dibuat nyaman dan ceria untuk berenang atau berendam.

Sungai jernih di Raya Kahean yang melintasi beberapa kabupaten di Sumut ini seru untuk aktivitas air. Sebagian pengunjung memilih kegiatan wisata yang lebih menantang. Yaitu melompat dari bebatuan hingga menceburkan diri ke dalam sungai yang dingin.

Tempat wisata di Raya Kahean sebenarnya sangat bervariasi, beberapa dari destinasi itu bahkan sudah tergolong anyar seperti tinggi raja dan kawah putihnya. Namun ada juga yang masih belum dieksplor, misalnya Lubang Ni Hormin yang menyimpan sejarah

Berlangganan via Email