Top Ad unit 728 × 90

15 Tempat Wisata di Bengkalis Hits dan Terbaru 2020, Wajib Dijelajahi!

-- --
wisata bengkalis - image via tripriau
Belakangan, Bengkalis menjadi destinasi yang sering dibahas para turis. Hal tersebut erat kaitannya dengan kemunculan jajaran tempat wisata baru yang menambah hits kabupaten tersebut.

Memang objek wisata paling anyar adalah pesisir pulau Rupat. Namun, bukan berarti tempat yang lain seperti alam dan sejarah di Bengkalis tak laik dikunjungi. Justru spot-spot itu bisa dijadikan destinasi alternatif bagi wisatawan yang punya kegemaran berpetualang.

Nuansa alam terbuka ditambah panorama eksotis Bengkalis merupakan sisi lain yang melingkupi salah satu kabupaten terindah yang dijuluki "negeri junjungan" di Provinsi Riau ini. Akses ke sana pun cukup mudah, bisa melalui darat atau laut.

Tempat Wisata di Bengkalis

Jika sahabat PSN sudah menyusuri Kampar dan Dumai. Maka nge-trip seharian dan berkeliling menikmati tempat wisata di Bangkinang adalah mutlak. Seperti menjelajah rekomendasi 19 destinasi berikut.

1. Telaga Suri Perdana

telaga suri perdana via eric laksmana
Telaga Suri Perdana adalah satu-satunya danau di Bengkalis. Kendati danau buatan, tempat wisata di daerah perkotaan ini berhasil menyedot perhatian pengunjung. Lantaran punya spot berfoto yang bagus dan estestis.

Wisata yang terletak di desa Sungai Pakning kecamatan Bukit Batu ini menawarkan rekreasi alam yang memesona. Dari danau jernih kehijauan, pulau kecil di tengah danau akan membuat terpana. Ditunjang fasilitas lengkap, Telaga Suri Perdana semakin komplit sebagai destinasi favorit.

Tak perlu berpikir mengenai retribusi, sebab setiap pengunjung tak akan diminta membayar tiket masuk. Sedang mengeksplor tempat yang instagramble di Bangkinang, jangan lupakan Telaga Suri Perdana.

2. Pantai Selat Baru

pantai selat baru pulau rupat via @aditya_rsvt
Membahas wisata di Rupat Utara merupakan hal mengasyikkan karena daerah destinasi di utara Bengkalis ini dipenuhi oleh pantai-pantai eksotik. Makanya, sayang sekali jika dilewatkan tanpa bertandang lebih dahulu, salah satu yang wajib disinggahi adalah Pantai Selat Baru.

Seolah mewakili keasrian pantai di Bengkalis yang tak kalah indah dengan yang ada di Bangka Belitung. Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana deburan ombak sambil duduk santai di atas pasir putih yang begitu menenangkan.

Untuk pengunjung yang suka fotografi, tempat ini cukup unik apabila dijadikan latar berfoto. Coba eksplor sebuah ayunan kayu yang dibuat persis di atas air laut. Saat berfoto di sana, maka gambar yang dihasilkan akan mengecoh, seolah menampilkan potret wisata Bengkalis yang mirip seperti Bali.

3. Taman Andam Dewi

taman andam dewi via @gladiezznda
Setelah melihat lokasinya yang terletak persis di pinggir laut, ditambah pernak-pernik tanaman hias yang menghadirkan nuansa romantis. Siapa pun pasti mengiyakan bahwa Andam Dewi adalah taman terindah yang berada di Bengkalis.

Taman yang terpaut 80 meter dari Hotel Pantai Marina ini memilik atraksi air mancur. Saat berwisata malam di sini, air mancur di tengah taman akan diberi efek lampu warna-warni sehingga menampilkan tontonan yang luar biasa indah.

Jika baru pertama kali jalan-jalan ke Kota Bengkalis, inilah spot utama yang harus sahabat PSN incar yaitu berfoto di landmark kota bertuliskan "I Love Kota Bengkalis".

4. Pulau Beting Aceh

pulau beting aceh bengkalis - credit: @yul_achyar
Selain Pulau Bengkalis, destinasi bahari populer berupa pulau di kabupaten ini ialah Pulau Beting Aceh yang masih terletak di bujur Utara Rupat.

Bukan main uniknya, wisatawan yang menginjakkan kaki di pulau ini akan menjumpai fenomena pasir berbisik. Selama ini, fenomena alam tersebut selalu identik dengan Parangkusumo Jogja. Namun pulau seluas 2 hektar ini mematahkan pandangan itu.

Hanya perlu 45 menit dari Desa Tanjung Medang, pulau tak berpenghuni tersebut dapat dicapai dengan menaiki kapal speed boat. Sesampainya di sana, bersiaplah menemukan pemandangan pasir putihyang terhembus angin ke arah laut.

5. Hutan Lindung Bukit Batu

hutan lindung bukit batu via andika saputra
Kendati tak bisa berharap akan menemukan air terjun di kabupaten Bengkalis. Tapi, kita masih bisa melakukan petualangan alternatif ke beberapa objek wisata khas alam dengan nuansa rimba belantara. Di antara tempat yang dimaksud ialah Hutan Lindung Bukit Batu.

Hutan Lindung Bukit Batu sendiri merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan pesona lingkungan hijau menawan dan elok dengan ciri khas biosfer Pulau Sumatera.

Di destinasi cagar alam ini, mengamati tumbuhan endemik serta hewan yang hidup di dalamnya tak akan membosankan. Utamanya bagi traveler yang giat mengeksplor spot tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan.

6. Duri Islamic Center & Masjid Agung Istiqomah

wisata religi di bengkalis - credit: @muhrofy
D.I.C atau Duri Islamic Centre yang diklaim akan berdiri sebagai ikon wisata religi terbesar di seputaran Kab. Bengkalis ini menyuguhkan sisi elok tentang peradaban agama dan budaya di tanah Bengkalis. Hanya saja, kita belum dapat melihat wujudnya lantaran masih dalam pembangunan.

Sebagai opsi, Kota Bengkalis sebenarnya punya objek wisata religi lainnya yang tak kalah megah yaitu Masjid Agung Istiqomah. Tak hanya dipakai untuk beribadah, sederet wisatawan terutama yang berasal dari luar daerah sering mengunjungi destinasi di jalan Patimura, Damon
tersebut karena kemegahannya.

7. Lapangan Pasir Bengkalis

lapangan pasir bengkalis via @erwinsaputrachannel
Jika wisata di seluruh wilayah Bengkalis diumpamakan sebagai mutiaranya Provinsi Riau, maka laut yang indah dan pasir berkilau adalah sisi terbaik yang dimiliki. Bahkan, tempat nongkrong anak muda-nya bukan di cafe, tetapi di pinggir laut.

Sebut saja Lapangan Pasir Bengkalis yang jadi tempat berkumpulnya anak-anak muda. Destinasi yang sekaligus pusat kuliner ini menyajikan vibe nyaman. Merasakan udara sejuk dari air conditioner alami yang berhembus dari laut sembari bersenda-gurau dengan para sahabat tentu sangat nikmat.

Terletak di jalan jendral Sudirman, nomor 123. Wisatawan lokal maupun pendatang bebas masuk tanpa tiket masuk.

8. Pantai Tenggayun

pantai tenggayun - credit @dediiskandar_id
Kegiatan menyenangkan di Pantai Tenggayum yaitu berlibur sambil berbelanja. Ya, di sepanjang bibir pantai ini, kita akan berjumpa dengan para pedagang yang menjual berbagai pernak-pernik kebutuhan, dari makanan sampai aksesoris.

Eits, destinasi wisata terdekat dari Pakning ini pun punya keunikan lain dimana para nelayan biasanya menurunkan hasil panen ikan mereka di sini. Jangan heran kalau banyak pengunjung lokal berbelanja ikan segar dan makanan laut di sini.

Cukup berjalan kaki 5 menit dari kota, pantai ini terletak di kelurahan Tenggayung, Kec. Bukit Kota, Bengkalis, Riau.

9. Taman Laut Prapat Tunggal

taman laut prapat tunggal via @ciyuzxmo
Jika mencari tempat melihat sunset terbaik di Bengkalis, maka Taman Laut Prapat merupakan tujuan pertama yang paling layak untuk direkomendasikan bagi para penikmat senja.

Pemandangan sunset dengan siluet bangunan yang membayang serta langit biru membuat Taman Laut Prapat Tunggal banyak difavoritkan wisatawan. Pada sore hari, ketika matahari mulai turun, orang akan ramai menunggu momen indah itu sambil menikmati gelombang laut yang menghempas bebatuan.

Berlokasi di Desa Meskom, sebelah utara Kota Bengkalis. Taman laut yang dapat dinikmati secara gratis ini sering dipakai untuk hunting foto prewedding. Panorama senja yang menakjubkan memang tiada tanding.

10. Pantai Tanjung Medang

tanjung medang via zhen suseen
Pantai ini bukanlah spot tersembunyi lagi, bahkan keelokannya sudah begitu familiar. Ya, Tanjung Madang sendiri ialah objek wisata yang terletak di Teluk Rhu, Rupat Utara dan cukup populer di kawasan Riau.

Jangan terkejut setelah menginjakkan kaki di Tanjung Medang, pasirnya yang elok dengan garis bibir pantai sepanjang 16 kilometer dari area pelabuhan hingga ke Teluk Rhu. Pesona itu, selalu menghipnotis pengunjung.

Tak perlu sungkan untuk segera melepas sepatu kemudian berenang atau berendam sambil merasakan air garam alami. Tatkala terik mulai membuat gerah, meminum air buah kelapa tentu menyegarkan. Di sini, pohon itu tumbuh berbaris rapi dan bisa dibeli langsung dari pemilik.

11. Mangrove Sebauk

mangrove sebauk
Gencarnya pengembangan tujuan berlibur bertipe ekowisata sejalan dengan pelestarian lingkungan pesisir pulau. Berlokasi di Desa Sebauk, hutan mangrove Bengkalis pun dikelola untuk rekreasi pendidikan.

Fasilitas dan aktivitas bagi pengunjung pun telah disediakan. Nyatanya kita tak cuma bisa melihat hijaunya bakau, kalau hobi memancing, ikan di kawasan rawa ini memiliki ikan-ikan berukuran besar. Sebelum pulang, jangan lupa berswa-foto di jembatan yang melintang di atas pohon mangrove.

12. Pantai Sepahat

pantai sepahat di bengkalis
Pasir hitam yang pekat menjadi ciri khas Pantai Sepahat. Suasananya tak semeriah objek wisata lain. Cenderung sehingga nyaman buat sahabat PSN yang lagi pengen menyendiri. Beda lagi kalau hari libur panjang, buru-buru urungkan niat karna dipastikan ramai.

Panorama pasir hitam dan laut kecoklatan yang mendominasi nuansa objek wisata di Desa Sepahat ini barangkali bisa membantu untuk mencari inspirasi. Atau, melepas lelah dari padatnya jadwal kerja. Nah, situasi menenangkan di pantai yang sepi ini akan membuat kamu semakin rileks.

13. Pantai Lapin

pantai lapin di rupat utara via @mirantidestiranii

Di Pantai Lapin, kita bisa bermain pasir, berkeliling naik perahu nelayan, atau mengadakan kegiatan bahari lainnya. Seperti berfoto rame-rame di bawah puing-puing dermaga yang indah ketika laut sedang surut.

Lokasinya mudah kok, masih di seputaran wisata Rupat Utara yang baru saja dijadikan sebagai destinasi prioritas Indonesia yang terpilih dari wilayah Provinsi Riau. Yakni di kelurahan Desa Tanjung Punak.

14. Pantai Bestari

wisata hits bengkalis
Bestari wajib dikunjungi jika sedang berlibur ke arah Bengkalis. Berada di dusun Pasir Putih, Desa Puteri Sembilan. Destinasi ini mulai dilirik wisatawan setelah direnovasi lebih menarik. Manajemen sepertinya paham betul minat wisatawan masa kini.

Jauh berbeda dengan yang dahulu, sekarang objek wisata di Puteri Sembilan, Bengkalis itu komplit dengan sisi instagenik. Vibe yang ditawarkan oleh Pantai Bali Lestari adalah photo both dan wahana-wahana lucu.

Searah dengan objek wisata tersebut, kamu bisa juga menyinggahi beberapa tempat yang direkomendasikan berikut seperti Pantai Marina, Teluk Pambang atau Pantai Jangkang yang sama-sama menawarkan eksotika laut Bengkalis.

15. Hutan Adat Kesumbo Ampai

wisata budaya kesumbo ampai - image via lokadata.id
Perjalanan wisata terakhir di Bengkalis akan lebih seru seandainya Hutan Adat Kesumbo Ampai dijadikan penutup kunjungan. Sebab, hutan adat tersebut punya rumah adat tradisional dan suku Sakai yang tinggal di sana masih menjalankan tradisi lokal.

Di hutan adat milik masyarakat Sakai, pengunjung dapat menjelajah serta menggali potensi di dalamnya. Banyak tumbuhan obat tradisional di sana yang sampai sekarang masih dipergunakan oleh salah satu suku asli dari Bengkalis tersebut.

Lengkapnya pilihan tempat wisata di Bengkalis merupakan alasan paling utama yang menguatkan bahwa kamu harus menjelajahi kabupaten di selatan Provinsi Riau ini. Yuk diagendakan!
15 Tempat Wisata di Bengkalis Hits dan Terbaru 2020, Wajib Dijelajahi! Reviewed by Pariwisata Sumut on 2/13/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.