Top Ad unit 728 × 90

14 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Anda Jelajahi

-- --
wisata bangka belitung - foto: lingleey
Wisata Bangka Belitung - Nama Babel (Bangka Belitung) mulai populer semenjak kemunculan buku dan film 'Laskar Pelangi' (2008), terhitung 8 tahun setelah pisah dari Sumatera Selatan. Beribukotakan Pangkal Pinang dan berbatasan dengan Laut Natuna, Bangka Belitung adalah salah satu provinsi yang dijuluki sebagai gudang wisata populer di Indonesia.

Pertumbuhan pariwisata Bangka Belitung (Babel) cukup pesat. Berdasarkan data statistik pemerintah, kenaikan kunjungan wisatawan asing dan lokal mengalami lonjakan sekitar 100 ribu/setiap tahun. Ya, Pulau Bangka dan Pulau Belitung memang memiliki pesona destinasi menawan.

Wisata di Provinsi Bangka Belitung

Nah, agar kamu tidak repot untuk menyusun itenary, berikut akan kami ulas lengkap ragam tempat wisata di Bangka Belitung yang keren dan wajib traveler jelajahi. Namun, pastikan teman Traveler tak lupa untuk mencicipi kuliner Babel saat berlibur karena rasanya yang menggiurkan.

1. Pantai Tanjung Tinggi yang Legendaris di Belitung

tanjung tinggi | credit: jo.agueroo
Wisata Bangka Belitung pertama yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi. Ya, batu granit di sepanjang sisi pantai ditambah sinar matahari yang merembes ke permukaan laut menciptakan gradasi memukau, sungguh tiada duanya.

Pantai Tanjung Tinggi sangat instagenik dan idaman bagi fotographer landskap dan aerial. Wajar jika rata-rata traveler selalu menjadikan pantai eksotis ini sebagai destinasi di urutan teratas. Sebagai ikon wisata Babel, fasilitas Pantai Tanjung Tinggi sudah komplit. Kamu bisa bersantai seraya minum air kelapa karena ada beberapa warung di sekitar lokasi.

Terus penginapan dan hotel bagaimana nih? tenang, ada banyak homestay lho yang letaknya cukup dekat dari Pantai Tanjung Tinggi. Masuk ke pantai tersebut gratis, hanya dibebankan biaya parkir Rp10.000/kendaraan.

2. Parai Tenggiri, Indahnya Landskap Pantai di Sungai Liat

pantai parai tenggiri | credit: fajar reger
Pantai Para Tenggiri di Pulau Bangka adalah wisata terdekat dari Bandar Udara Depati Amir. Terkenal dengan kawasan pantai yang relatif landai. Pantai Para Tenggiri dikelilingi bebatuan granit dan pasir putih.

Wisata pantai di Bangka Belitung yang unik dengan warna lautnya yang toscha tersebut pun kerap dinamai Parai Green Resort karena difungsikan sebagai salah satu destinasi hijau. Nah, di Parai Tenggiri pengunjung umumnya snorkeling, berenang dan juga memancing.

Lokasi Pantai Parai Tenggiri yang hampir mirip Puri Asu Resort ini ada di Sungai Liat. Jaraknya cuma 40 kilometer dari Depati Amir Aiport. Sedangkan tiket masuk bagi pengunjung dihitung perorangnya dengan biaya Rp50.000.

3. Museum 'Kata' Andrea Hirata sang Penyair yang Legendaris

museum kata andrea hirata
Siapa sih gak kenal sosok Andrea Hirata, novelis paling hits yang bikin Bangka Belitung dijuluki 'Negeri Laskar Pelangi". Kalau belum pernah bertemu dan terlanjur mengidolakan Andrea Hirata, perlu nih berkunjung ke Museum Andrea Hirata.

Resmi dibuka untuk turis pada November 2012 silam, Museum Andrea Hirata menyandang predikat sebagai museum sastra pertama sekaligus satu-satunya di Tanah Air lho! Terdiri dari beberapa ruangan, koleksi museum Andrea Hirata cukup kaya, dari perjalanan hidup hingga karya yang telah ia ciptakan.

Beranjak ke Belitung Timur, lokasi Museum Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.07 dan mudah diakses dengan kendaraan umum.

4. Warna-Warni Payung Terbang di Pantai Tongaci

pantai tongaci | credit: hendragw
Ingin melihat lebih dekat bagaimana proses penangkaran penyu? maka datanglah ke Pantai Tongaci. Wisata konservasi di Provinsi Bangka Belitung yang gak kalah menarik karena memiliki panorama alam yang bikin terpukau.

Karena tingginya minat pengunjung, Pantai Tongaci telah disulap sehingga bisa sekaligus dijadikan tempat rekreasi. Jadi, aktivitas turis tak lagi sekedar melihat penyu. Fasilitas di Pantai Tongaci pun sudah lengkap, dari kamar bilas, restaurant hingga ruang pertemuan sudah tersedia.

Jika ingin berkunjung, Traveler langsung saja ke lokasi Pantai Tongaci yang ada di sekitar Kampung Pasir, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Baca Juga: Wisata Sibolga yang Menarik untuk Dikunjungi

5. Pantai Tikus Emas, Wahana Permainan Terlengkap di Bangka Belitung

pantai tikus emas | credit: iman_budiman03
Bagaimana kalau ke pantai dan wahana air di Bangka Belitung bernama Pantai Tikus Emas? Nah, Pantai Tikus Emas sangat direkomendasikan sebagai tempat berlibur. Apalagi disini ada ragam wahana permainan menyenangkan.

Wisata baru di Bangka Belitung yang selalu ramai karena keindahan ekstra luar biasa, instagenik dan tentunya kekinian. Ya, di Pantai Tikus Emas wisatawan biasanya naik ATV, berfoto dan tentu bersantai sambil menyaksikan hamparan laut di depan mata.

Sedikit berputar ke kabupaten lain, Pantai Tikus Emas berlokasi di Parit Padang, Sungai Liat. Biaya masuk ke wisata Pantai Tikus emas yang sekelilingnya ditumbuhi pohon pinus cuma Rp10.000/pengunjung, cukup murah kan?

6. Destinasi Terunik di Babel, Pulau Kepayang

pulau kepayang | credit: dj.martincool
Biasanya, turis yang berkunjung ke Pulau Lengkuas pasti dibawa singgal dahulu ke Pulau Kepayang yang juga dijadikan titik konservasi penyu sisik. Tetapi jangan salah, view di Pulau Kepayang tak kalah keren kok.

Di daratan yang sering dinamai Pulau Babi ini, terdapat pula transplantasi terumbu karang lho teman Traveler. Selain itu, Pulau Kepayang juga populer sebagai satu dari sekian banyak tempat diving terbaik di Bangka Belitung.

Gak perlu ribet, biasanya tour operator yang menangani perjalanan wisata pengunjung memasukkan Kepayang di dalam hoping island ketika menuju Pulau Lengkuas. Terletak di Kabupaten Belitung, untuk sampai di Pulau Kepayang harus menggunakan transportasi laut. Info menariknya, di pulas seluas 12 hektar ini juga ada eco-lodge menawan.

7. Danau Kaolin Air Bara yang Ekstra Instagenik

danau kaolin | credit: aidahnain
Jadi destinasi wisata favorit Bangka Belitung, danau yang dulunya merupakan lokasi pertambangan ini seketika terkenal setelah terisi air. Siapa tak tertarik? air danaunya sangatlah biru dan dikelilingi bukit putih.

Ya, meski proses terbentuknya tak alami seperti Kawah Putih Tinggi Raja, danau Kaolin punya pemandangan alam tak kalah eksotis. Banyak pasangan yang akhirnya memilih spot di Babel tersebut untuk mengambil foto pre-wedding.

Lokasi Danau Kaolin tergolong mudah dicapai, letaknya berada tepat di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Tiket masuk ke Danau Kaolin juga gratis alias tanpa harus mengeluarkan biaya.

Baca Juga: Pantai Tanjung Tinggi di Bangka Belitung

8. Pantai Uber di Kawasan Teluk yang Sempit

pantai teluk uber | credit: eksaspears
Menyerupai cekungan cantik di kawasan bibir pantai, Pantai Teluk Uber menawarkan suasana asri yang lagi-lagi dihiasi bebatuan granit yang sepertinya sudah jadi ciri khas Pariwisata Bahari di Provinsi Bangka Belitung.

Pantai di Sungailiat ini terhampar di sebagian Teluk Uber yang diketahui areanya seluas 25 hektar. Karena berada di teluk, kawasan pantai yang luasnya hanya 15 meter ini diapit oleh bebatuan granit yang sekaligus jadi ciri khasnya dibandingkan destinasi wisata lain di Bangka Belitung.

Menariknya, di pantai yang terletak di Desa Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka ini telah berdiri sebuah hotel yang menyenangkan dan mengandalkan view laut dari ketinggian.

9. Gunung Menumbing, Suguhan Landskap View Babel yang Menawan

gunung menumbing | credit: ratripermata
Mau hiking sederhana tanpa butuh waktu lama sampai di puncak? cobalah ke Gunung Menumbing yang juga sarat dengan wisata sejarah Bangka Belitung. Ya, Gunung Manumbing memiliki kaitan dengan 2 tokoh proklamator kita yaitu Bung Karno dan Hatta.

Gunung di provinsi Babel yang tingginya hanya 355 meter di atas permukaan laut (mdpl) namun daya tariknya yang memiliki sisi sejarah jadi pilihan tepat bagi Traveler yang ingin menyaksikan landskap Bangka Barat dari dataran tinggi.

Gunung Menumbing berada di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kab. Bangka Barat. Nah, di Pulau Bangka sebenarnya masih ada beberapa bukit dan gunung lainnya dengan tinggi berkisar 347 m hingga 700 meter.

10. Hutan Pelawan dan Desa Wisata Babel

hutan wisata pelawan | credit: adedarmawansyah
Hampir sama dengan Aek Nauli yang dikelola sebagai kawasan hutan khusus, di Babel pun ada Hutan Pelawan yang dijuluki paru-paru hijau di Bangka Belitung yang berkembang pesat sebagai destinasi desa wisata.

Di Hutan Pelawan ini, para wisatawan dapat berkeliling ke berbagai area, melihat pepohonan hijau dan melihat langsung pembudidayaan madu dan jamur Pelawan. Nah, desa wisata tematik di Bangka Belitung ini berada di Desa Namang, Kab. Bangka Tengah.

11. Pulau Lengkuas, Si Cantik Destinasi Wajib Traveler

pulau lengkuas | credit: yogi_trianda
Pulau Lengkuas adalah destinasi Bangka Belitung yang paling banyak diincar oleh turis, baik mancanegara maupun nusantara. Ya, inilah Pulau Lengkuas yang fenomenal dan unik berkat keberadaan mercusuar bersejarahnya.

Ada banyak sekali kegiatan wisata yang bisa dilakukan saat berada di pulau terindah di Bangka Belitung tersebut. Dari snorkeling dengan ikan-ikan jinak, menaiki mercusuar hingga ke puncak dan memotret keindahan lautnya yang bikin berdecak kagum.

Pulau fenomenal yang pernah dijadikan tempat syuting film sekelas internasional ini memang pantas jadi idaman. Soal lokasi, pulaunya ada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Tiket masuk umumnya sudah termasuk dalam paket wisata yang disediakan travel agent setempat.

12. Melancong ke Destinasi Religi di Vihara Dewi Kwan Im

vihara dewi kwan im
Kalau Sumut punya Patung Dewi Kwan Im di Pematangsiantar maka Bangka Belitung punya Vihara Dewi Kwan Im yang ternyata bangunannya sudah berusia 268 tahun. Itulah sebabnya wisata religi di Babel ini cukup melegenda.

Pesona wisata Bangka Belitung ini tak hanya sejarahnya yang cukup panjang, namun keindahan di sepanjang jalan menuju lokasi pun sama menariknya dimana setiap pendatang akan melewati 86 buah tangga hingga sampai ke kawasan vihara.

Lantaran sangat menarik, pengunjung disini tak hanya umat Buddha, terlihat dari banyaknya wisatawan asing dan lokal yang juga datang untuk melihat destinasi yang ada di Desa Burung Mandi ini.

13. Pantai Penyusuk yang Dekat dari Pusat Kota

pantai penyusuk - foto: @mantylie27
Destinasi lainnya yang juga wajib banget dikunjungi yaitu Pantai Penyusuk yang amenities destinasinya sangat memadai,apalagi jarak dari pusat kota Belitung ke Pantai Penyusuk ini hanya butuh 20 menit.

Daya tarik obyek wisata di Desa Penyusuk ini lebih kepada batu granit yang hampir 80%-nya menutupi areal pantai. Jadi kalau mau memandang-mandang, banyak wisatawan memilih untuk menaiki bebatuan.

14. Wisata Bukit Merah yang Unik dan Mengesankan

red hill - credit: @agnesiawalandouw
Sekitar 30 menit dari Pangkal Pinang, ada Bukit Merah atau populer juga dengan sebutan Red Hill yang keindahannya sekilas mirip dengan Sipoholon. Bedanya, Red Hill ditandai dengan perbukitannya yang berwarna merah.

Terbentuk akibat keberadaan danau Ampar, Red Hill menawarkan pemandangan eksotik si danau Kaolin dengan sudut ekostik dari perbukitan merah. Sangking instagenik-nya, Red Hill juga jadi tempat bersantai paling asik di Pangkal Pinang.

Supaya lebih seru, kamu juga bisa memakai jasa paket wisata Bangka Belitung yang disediakan oleh beragam tour operator. Namun, liburan sendiri juga asyik kok, hanya perlu tahu jarak tempuh serta transportasi dari H.A.S Hanandjoeneddin Int' Airport atau Bandara Depati Amir ke objek wisata pilihan Traveler (SK/Th.E/PSN)
14 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Anda Jelajahi Reviewed by Pariwisata Sumut on 5/27/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.