Widget HTML Atas

8 Potret Wisata Tani Panteng Kleset, Rekreasi Desa yang Indah

wisata tani panteng kleset via agus marwan/bung kirman sergai
Wisata Tani adalah badan usaha milik desa (bumdes) Madani Desa Melati II, yang beralamat di jalan Sei Tontong, Panteng Kleset.

Letak wisata tani yang berada di areal pertanian menjadikan Panteng Kleset hits dengan aneka taman hiburan dan penginapan ala homestay. Bukan hanya mengandalkan pemandangan padi yang elok, destinasi tersebut juga memiliki sederet obyek menarik.

Wisata Tani Panteng Kleset

Berkunjung ke Wisata Tani adalah tujuan terbaik bagi para penikmat spot berfoto. Alamnya yang hijau semakin keren dengan pesona desa budaya Jawa. Tak ketinggalan, atraksi agritour di peternakan kambing etawa. Lebih asik lagi, serangkaian aktivitas menyenangkan dapat dilakukan pengunjung.

1. Lokasi

Titik koordinat Wisata Tani sebenarnya sudah dapat ditemukan bila sahabat PSN membuka google map. Nah lokasinya sendiri ada di Desa Melati 2, Kec Perbaungan, Kab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, 20986. Atau, lihat saja peta di bawah ini ya.



Jarak menuju Panteng Kleset misal dijangkau dari arah Jalinsum sekitar ,1,6 kilometer atau 25 menit perjalanan Mudah diakses oleh kendaraan jenis apapun baik roda empat maupun dua lantaran kondisi jalan sudah cukup bagus.

2. Tiket Masuk dan Biaya Inap

wisata tani panteng kleset
Wisata Tani tidak memberlakukan tiket masuk, artinya setiap pengunjung bebas dari karcis retribusi. Kecuali kalau mau mencoba permainan yang disediakan, tentu wajib mengeluarkan biaya.

Biaya Masuk: -
Parkir: motor Rp3.000,- mobil Rp10.000,-
Bus keliling: Rp300.000,- (seat 30 orang)
ATV: Rp20.000 per 15 menit.
Penginapan: Harga mulai dari Rp150.000 per malam.

Akomodasi penginapan yang disediakan wisata tani panteng kleset dikelola sendiri oleh warga. Konsepnya cukup unik di mana masing-masing rumah memiliki 1 atau 2 unit homestay. Jika ditotal, jumlah penginapannya mencapai 60 unit.

Aktivitas dan Daya Tarik

Hampir sama dengan kampung wisata sawah, pun Panteng Kleset menawarkan tempat kekinian yang tentu saja Instagramable. Kira-kira, kegiatan atraktif apa saja yang dapat dieksplor sahabat PSN saat di sana?

3. Desa Adat Jawa Tojoyo

image via fajar rafianto
Hal menarik pertama di Panteng Kleset adalah desa budaya jawa Tojoyo. Sepintas, seisi komplek ini didominasi miniatur kultur dan bangunan kuno suku Jawa. Seperti candi, patung dan berbagai obyek yang tampak begitu unik.

Tempat ini mungkin lebih asyik untuk tujuan wisata edukasi. Khususnya anak-anak dan para pelajar yang ingin mengenal sejarah kerajaan di Pulau Jawa dahulu kala. Tapi seru juga kok untuk para penikmat foto selfie. Makanya, jangan tinggalkan kamera di rumah kalau main ke sini.

Tembok sekitarnya pun dilukis pemandangan menarik, seperti kondisi sawah tatkala menguning hingga lukisan pulau Samosir yang dikelilingi danau Toba. Di Tojoyo ini kerap juga ditampilkan tarian tradisional Jawa.

2. Petik Buah Jeruk

wisata petik jeruk serdang bedagai
Atraksi wisata petik buah biasanya banyak ditawarkan para petani jeruk. Jika selama ini kita berpikir bahwa petik buah jeruk hanya ada di dataran tinggi, Maka Desa Melati II Serdang Bedagai akan mengubah pemikiran itu.

Baca Juga: Durian Sidikalang dan 7 Buah Oleh-oleh Khas Sumatera Utara

Kendati ditanam di dataran rendah, kualitas dan rasa jeruk di Sergei tidak kalah manis. Pengunjung bisa memakan di tempat atau dibungkus untuk dibawa pulang. Lumayan kan? tak perlu capek lagi deh mencari oleh-oleh.

2. Peternakan Kambing Etawa

peternakan susu etawa sergei via etawajaya.com
Spot asyik yang juga seru dikunjungi bersama keluarga adalah peternakan kambing etawa. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan langsung bagaimana proses perawatan kambing etawa lho. Mulai dari pakan hingga jenis-jenis mereka.

Atau, ingin ikut memerah langsung? boleh juga!

Tempat peternakan ini tertata rapi dan steril, sehingga pengunjung bisa meminum susu kambing etawa usai dipanen. Uniknya, produk yang dihasilkan tak sebatas susu saja lho! mereka juga mengolah susu tersebut ke berbagai bentuk produk, seperti sabun mandi yang katanya cukup bagus untuk kulit.

3. Permainan Out Door

wisata tani image via t. fachrizal mochrin
Ini sih paling dicari kalau berkunjung ke suatu destinasi. Rasanya pasti sedikit hambar jika obyek wisata tak memiliki tempat bermain. Untungnya, Panteng Kleset di Desa Melati II mengerti akan kebutuhan pengunjung.

Terdapat 2 buah wahana kendaraan dapat dicoba, yakni motor ATV dan sepeda. Misalnya lebih memilih untuk mengelilingi area persawahan memakai sepeda, kita wajib merental dengan biaya Rp10.000 selama 1 jam.

Jalur trek motor ATV dibuat memanjang dan tepat berada di antara irigasi air dan lahan persawahan. Sambil seru-seruan mengendarai ATV, kita bisa sekalian menikmati bentang hijau yang terhampar luas di depan mata. Atau, melihat orang bermain layang-layang.

4. Spot Berfoto

spot berfoto di panteng kleset
Di sini pengunjung bebas untuk hunting foto. Pemandangan lahan pertanian yang tertata sedemikian rupa akan membuat hasil jepretan terlihat cantik dan cocok untuk diunggah ke sosial media.

Hampir semua titik menarik diabadikan dengan kamera. Bahkan, saluran irigasi yang dipagari ban bekas dan bambu cukup eye catchy. Kawanan burung yang sesekali hinggap di antara rerimbunan padi pun bisa dijadikan obyek menarik.

Jika sudah puas, deretan saung yang dibangun oleh pengelola dapat dipilih bila ingin beristirahat sejenak sebelum pulang. Berwisata ke Panteng Kleset dapat dijadikan alternatif untuk mengisi waktu kosong di akhir pekan. Yuk segera bikin agenda kunjungan!

Berlangganan via Email