Top Ad unit 728 × 90

Durian Sidikalang dan 7 Oleh-Oleh Khas Istimewa dari Sumatera Utara

Pariwisata Sumut Net - Tak afdol rasanya bila berkunjung ke suatu tempat tanpa membawa pulang buah tangan bagi keluarga. Apalagi berupa makanan khas dari satu daerah. Begitu juga ketika Anda berwisata ke Sumatera Utara, setiap kabupaten/kota di provinsi ini memiliki oleh-oleh beragam, mulai dari makanan tradisional hingga buah-buahan yang sudah begitu identik dengan daerah tersebut.

Bila Anda tengah berkunjung ke Sumatera Utara dan ingin membawa oleh-oleh khas dari hasil pertanian daerah setempat, 8 makanan ini dapat dijadikan sebagai referensi:


1. Nenas Sipahutar
Memiliki serat dan kaya akan vitamin C, nanas biasanya dimakan setelah masak dan bisa juga diolah ke dalam berbagai jenis makanan seperti rujak atau sayur. Sipahutar terletak di Tapanuli Utara, salah satu desa dengan sentra produksi buah nenas yang manis dan berdaging lembut. Tidak harus jauh-jauh ke Sipahutar bila Anda ingin membeli buah ini, di pusat ibukota yakni Tarutung, banyak pedagang yang setiap hari menjual Nenas Sipahutar.
Baca juga: 7 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara


2. Jeruk Pakpak Bharat
Hampir di setiap desa di Kabupaten Pakpak Bharat dapat ditemukan buah jeruk. Buah ini biasanya dijual kepada para distributor dan disalurkan ke berbagai daerah di Sumatera Utara. Jeruk Pakpak Bharat dikenal dengan rasa yang manis dan berukuran sedang. Selain itu, nenas Pakpak Bharat juga sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh.
Baca juga: Pesona Alam dan Wisata Pakpak Bharat
 

3. Markisa Berastagi
Kabupaten Karo sudah iconic sebagai penghasil buah, sayur dan bunga di Sumatera Utara apalagi Markisa Berastagi yang kini banyak dijadikan sebagai minuman olahan berupa sirup. Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini dapat Anda beli di Berastagi, kota wisata yang sudah populer hingga ke mancanegara.
Baca juga artikel menarik lainnya: Garunggang Village di Langkat
 

4. Durian Sidikalang
Bila Anda tengah berkunjung ke Medan, menikmati Buah Durian tentu wajib dilakukan. Namun taukah Anda bila durian tersebut berasal dari berbagai daerah di Sumut?. Para pedagang durian di Medan selalu menyediakan Durian Sidikalang mengingat tingginya animo dan permintaan para pelanggan.


5. Rambutan Binjai
Tidak jauh dari Medan, Binjai dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki buah khas yakni Rambutan Binjai. Bahkan tanaman ini telah dibudidayakan hingga ke luar pulau Sumatera karena keunggulannya. Bila tengah musim, para pedagang biasanya akan menggelar dagangan mereka di tepi jalan dengan harga yang cukup bervariasi.


6. Mangga Sibandang
Pulau Sibadang berada di Kabupaten Tapanuli Utara dan dikelilingi oleh danau terbesar di Asia Tenggara. Seperti diketahui, di Danau Toba terdapat 5 pulau dan Sibandang adalah salah satunya. Mangga dari Sibandang cukup digemari oleh para wisatawan. Tidak harus menyebrang, Anda dapat membeli Mangga Sibandang dari Muara, pelabuhan di tepi Danau Toba yang merupakan tempat penyebrangan ke Sibandang. 


7. Kopi Silintong
Popularitas Kopi Silintong bahkan diabadikan dalam sebuah lagu tradisional Batak sebagai bukti betapa lezatnya minuman dari Humbang Hasundutan ini. Kopi Silintong sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Cita rasa dan aroma yang khas membuat Kopi Silintong pantas diancungi jempol. Baca juga: Keren, Garuda Kini Layani Penerbangan Langsung dari Medan ke Makassar


8. Salak Sidempuan
Lirik lagu "masa musim salak sibual-buali" cukup akrab di telinga masyarakat Sumatera Utara, penggalan lirik tersebut membuktikan bahwa buah Salak sudah begitu terkenal. Memiliki rasa yang manis membuat Salak Sidempuan selalu dijadikan sebagai buah tangan baik.7 hasil produksi pertanian yang iconic di atas dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh ketika tengah berkunjung ke Sumut. Salam Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.
Durian Sidikalang dan 7 Oleh-Oleh Khas Istimewa dari Sumatera Utara Reviewed by Pariwisata Sumut on January 03, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.