Widget HTML Atas

Bukit Singgolom - Tempat Berburu Sunrise di Atas Danau Toba

bukit-singgolom
bukit singgolom - image source: @johnnysiahaan/instagram
 Danau Toba nggak hanya sunrise saja yang keren, sunset yang luar biasa indah juga bisa kamu nikmati tatkala mengunjungi Bukit Singgolom. Panoramanya persis seperti di atas awan, apalagi kalau kabut putih sedang turun menyelimuti bumi.

Bukit Singgolom adalah obyek wisata baru di Danau Toba. Kendati demikian, sudah pernah ramai dikunjungi oleh turis mancanegara dan domestic. Keindahan pemandangan mentari terbit dan terbenam di dataran tinggi desa Nihuta ini memang terlihat sangat mahal.

BUKIT SINGGOLOM

Singgolom menjadi tempat wisata paling direkomendasikan bagi penikmat sunset dan sunrise. Terlebih lagi, belum banyak orang yang mengetahui destinasi tersembunyi di Kabupaten Toba ini, sehingga kamu bisa lebih bebas beraksi.

1. Lokasi

bukit-singgolom
image source: @tampahan.nauli/instagram
Agar sampai di puncak buhit hijau ini, kamu memerlukan peta google agar memudahkan perjalanan. Nah, lokasi obyek wisata Bukit Singgolom sendiri terletak di Jalan Sei Ambat Dalan, Desa Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba 22312.

Namanya juga memburu sunrise, itu berarti kamu harus siap bangun pagi-pagi. Karenanya, coba cari penginapan di Balige yang dapat mempersingkat estimasi perjalanan. Atau, punya ide berkemah di atas bukit tropis ini? boleh juga kok untuk meminimalisir bajet.

Dari arah Medan ke Tampahan di mana Bukit Singgolom berada sekitar 6 jam dengan panjang lintasan sekitar 238 km. Destinasi ini terletak di jalur wisata lho! Jadi sekalian saja nanti ke Tara Bunga kalau waktu luangmu cukup banyak.

Satu hal penting lagi nih, persiapkan kendaraanmu dalam kondisi bagus dan benar-benar fit ya! jadi setiap kali melewati medan tanjakan dan turunan, bisa lebih prima ketika menghadapi rute yang kerap memaksa kamu merem kendaraan.

Aktivitas dan Daya Tarik Bukit Singgolom

Bukit hijau di Tampahan ini sangatlah luas. Selain memamerkan keindahan tak terbantahkan dari Danau Toba, pengunjung dapat melakukan sederet aktivitas asik yang menyenangkan. Apa saja ya? simak ulasan pariwisatasumut.net berikut yuk!

2. Camping Seru di Malam Hari

bukit-singgolom
image source: @tampahan.nauli
Jika kebanyakan destinasi perkemahan yang terletak di atas bukit selalu memiliki cakupan area sempit. Tetapi hal itu tidak akan ditemukan di bukit Singgolom. Justru sebaliknya, kawasan bukit ini tergolong luas dan memiliki permukaan tanah yang rata.

Nggak terbayang bagaimana mudahnya menemukan tempat untuk mendirikan tenda, kan?

Sangking luasnya, pada 2018 lalu bukit ini sempat dijadikan lokasi penyelenggaraan World Music Kaldera Toba yang dihadiri ratusan pengunjung. Tapi kamu harus hati-hati ya, wajib memperhitungkan jarak tenda dengan tebing agar tidak tergelincir dan terhindar dari sapuan angin.

Sayangnya, di tempat ini sama sekali tidak ada sewa tenda jadi kamu wajib membawa perlengkapan pribadi. Soal fasilitas sih, terdapat beberapa rumah warga yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

3. Berburu Spot Foto Terindah di Singgolom

singgolom lintong nihuta - image source @anthonysiallagan
Tempat ini tidak ditata seperti destinasi kekinian, jadi spot foto yang ada pun menawarkan suasana alami. Agar tak kelewatan momen sunrise, sahabat PSN tentu harus bangun pagi-pagi buta, sembari menunggu mentari terbit, jangan lupa menghangatkan badan dengan meneguk secangkir kopi.

Momen paling indah di sini tentu sunrise itu sendiri. Cahaya matahari yang terbias semakin cantik jika diselingi panorama kabut tipis. Warna keemasan yang memancar dari langit tambah sempurna dengan view bukit-bukit hijau di seberang danau.

Siapkan memori kamera dan handphone sebanyak mungkin deh agar setiap momen yang indah itu dapat terekam. Entah lewat video atau gambar biasa, hasil jepretanmu pasti menakjubkan dan instagramable.

4. Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

image via @tampahan.nauli
Agak berbeda dengan kebanyakan, untuk tiket masuk Bukit Singgolom justru tidak ada sama sekali. Siapa pun orang yang berkunjung dapat menikmatinya secara cuma-cuma. Mungkin hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sekitar Rp2.000 saja.

Sejalan dengan program percepatan pariwisata di Toba, fasilitas yang sudah ada akan terus ditingkatan. Meskipun sekarang fasilitas yang tersedia masih terbatas parkir, bumi perkemahan dan toilet. Targetnya memang luar biasa, di mana obyek wisata ini diharapkan menjadi destinasi baru yang nyaman bagi setiap kalangan.

Nah, itulah ulasan Bukit Singgolom yang sepertinya bisa jadi referensi berlibur kamu ke depannya. Tidak harus antri kok untuk menuju tempat ini. Saran terbaik, usahakan datang sewaktu musim kemarau ya.

Berlangganan via Email