Widget HTML Atas

Inilah Tarabunga Balige, Dataran Tinggi Eksotis Tobasa

Tarabunga Balige - Semenjak bandara Sibisa dibangun, Tobasa semakin diminati oleh sederet traveler nusantara yang ingin piknik ke Danau Toba. Salah satu destinasi paling terkenal di kabupaten seluas 2.352 km persegi ini adalah dataran tinggi yang mengelilingi Toba bernama Tarabunga Balige.

Tarabunga Balige sejajar dengan Meat dan Pakkodian, letaknya cukup berdekatan. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak traveler mengincar ketiga tempat wisata di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tersebut. Selain indah, masing-masing punya keunikan tersendiri.

tarabunga balige via @wonderlaketoba
Pakkodian misalnya, landskap persawahan menyerupai rice terrace versi Sumatera Utara dapat kamu lihat di sini. Sedangkan Tarabunga dan Meat menampilkan pemandangan serupa yakni panorama indah Danau Toba.

Persentase kunjungan wisatawan ke Bukit Tarabunga Balige sebenarnya tidak terlalu signifikan, bahkan cenderung menurun dari waktu ke waktu. Ya, berkaca dari tahun 1970 dan berlanjut sampai tahun 1980, tempat wisata di Tobasa ini pernah berada di titik kejayaan selama 10 tahun berturut-turut. Saat itu, tak sedikit lho turis mancanegara yang datang ke Tarabunga.

tarabunga balige by @alexandernikita
Berkurangnya minat kunjung wisatawan tak lepas dari kondisi jalan ke Tarabunga yang sudah tidak terawat. Pun fasilitas yang ada jauh dari harapan.

Namun, bagi sobat traveler sejati, selagi masih ada jalan menuju lokasi sepertinya tidak akan menjadi alasan untuk mengurungkan niat traveling ke salah satu bukit di Sumatera Utara ini. Apalagi bila mengingat view spektakuler Danau Toba jika dilihat dari Tarabunga.

Baca: Keren, Ada Kolam Warna-Warni Bumi Pelangi Jalaksana di Kuningan

Yap, bagi kamu yang butuh tempat wisata camping di Tobasa, Tarabunga adalah referensi yang tepat. Nuansa alam saat sunrise dan sunset akan benar-benar terasa menarik.

view tarabunga via @afrilliadian
Jika ingin mengunjungi destinasi lainnya di sekitar lokasi, kamu bisa menikmati restoran seafood terapung yakni Timothy cafe Terapung, atau ke Pondok Berata dapdap dan tak kalah seru adalah menginap di Tiara Bunga Hotel, salah satu hotel infinity pool di Danau Toba.

Surga Bagi Pecinta Fotografi

Kamu tidak harus memerlukan kamera DSLR untuk mengabadikan Bukit Tarabunga, bermodalkan handphone saja, hasil tangkapan fotomu pasti tetap menarik.

tarabunga aerial via @mavicgrapher
Itulah mengapa Tarabunga sering dijadikan spot hunting bagi komunitas photographer di Sumut, bahkan dari luar provinsi. Di berbagai ajang perlombaan fotografi, Tarabunga juga tak kalah keren dijadikan sebagai objek foto landskap.

Baca: Pasar Tikung, Pasar Wisata Pertama di Sumatera Utara Kini Ada di Medan

Lokasi dan Rute ke Tarabunga Balige

Bukit Tarabung yang berada di Tampahan, Lintong Nihuta, Toba samosir ini berjarak sekitar 11 km dari Kota Balige dengan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh, hanya 30 menit bila memakai kendaraan pribadi.

Ingin mendapatkan update seputar Pariwisata Sumatera Utara? pastikan kamu sudah follow @pariwisata_sumut di Instagram ya sobat traveler! (SK/PSN)