Widget HTML Atas

Agrowisata Medan Istana Jambu - Akses ke Lokasi & Tiket Masuk 2020

Istana Jambu adalah destinasi agrowisata buah Medan yang berada di Jalan Pembangunan, Sidirejo.  Tempat liburan khas yang terletak pada ketinggian 121 - 128 mdpl tersebut, menawarkan basis tour edukasi dan wisata pertanian sehingga selalu ramai dikunjungi oleh warga metropolitan.

agrowisata medan istana jambu
agrowisata medan istana jambu
Tempat wisata bertipe agrowisata di Medan yang digelari Istana Jambu ini menjadi spesial karena pengunjung bisa melakukan beragam kegiatan menarik yang berhubungan dengan usaha pertanian. Seperti menanam, melihat proses budidaya tanaman sampai ikut memetik buah-buahan segar.

Karenanya, destinasi wisata agro di Medan tersebut nggak cuma ideal bagi orang dewasa, anak-anak juga cocok banget dibawa berlibur ke Istana Jambu, dijamin suka deh! Selain bisa bikin pengetahuan mereka bertambah, sarana rekreasi yang dibangun di atas lahan pertanian seluas 3 hektar ini tidak kalah menarik, lho!

Agrowisata Medan Istana Jambu

Tempat wisata agro sebelah utara kota Medan ini tidak hanya menyuguhkan panorama alam khas pertanian. Meski berlokasi di dataran rendah yang identik dengan iklim panas. Suhu udara disini justru sejuk karena didukung oleh lingkungan yang hijau.

Lokasi Istana Jambu

Tujuan wisata agro populer di Medan, yakni Istana Jambu beralamat di Jalan Pembangunan, No 77, Sidirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20356. Jarak yang ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi dari arah ibukota hanya 16 km.


Seperti yang terlihat pada map (peta) di atas, lokawisata agronya sendiri berdekatan dengan beberapa destinasi alam terkenal. Kalian bisa menggagendakan tour ke beberapa obyek wisata sekaligus, diantaranya The Le Hu Garden dan Pancur Gading.

Dari sekian banyak orang yang sudah pernah mengunjungi keindahan agrowisata Medan tersebut, rata-rata pengunjung memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, akses ke tempat itu belum sepenuhnya terjangkau oleh transportasi publik.

Tiket Masuk Agrowisata Medan Istana Jambu

Ada 2 jenis tiket masuk yang ditawarkan oleh agrowisata di Medan ini, yakni tiket normal dan paket wisata khusus untuk tamu rombongan.

Tiket masuk normal untuk kunjungan pribadi/perseorangan:
Anak-anak: Rp20.000 per orang.
Dewasa: Rp30.000 per orang.

Yang menjadi keuntungan membeli tiket normal adalah kalian akan langsung diberikan voucher dengan nominal yang sama dengan harga tiket. Nah, voucher itu sendiri bisa digunakan untuk membeli makanan atau minuman.

Soal paket wisata, Istana Jambu mengemas paket tour ke dalam beberapa kelompok. Umumnya disesuaikan dengan jumlah tamu dan tujuan kunjungan. Untuk field trip misalnya, disediakan paket edukasi dengan rentang harga Rp60.000. Selain itu, ada juga paket booking dan paket perpisahan/wisuda.

Fasilitas dan Jam Buka

agrowisata di medan
istana jambu menjadi agrowisata di medan yang hits
Fasilitas di Agrowisata Medan Istana Jambu sangat lengkap dan mendukung untuk dijadikan tempat kegiatan rekreasi keluarga maupun program outing. Berikut adalah beberapa sarana yang telah disediakan oleh pengelola:
  • Play ground
  • Kolam renang
  • Resto kuliner
  • Parkir kendaraan
  • Spot berfoto
  • Aula terbuka 
  • Mushola
  • Rest room
  • Karaoke
Bagi kalian yang hendak menjelajah Istana Jambu, agro wisata Medan ini dibuka mulai pukul 08:00 pagi sampai 18:00 sore setiap hari, dari senin hingga minggu. Tidak ada hari libur, jadi waktu operasional tersebut sudah berlaku semenjak diresmikan pada November 2019.

Objek Wisata Agro di Medan Istana Jambu

Seharian tour keliling di agrowisata Medan ini, kalian akan disuguhi beragam jenis buah yang dihasilkan dari lahan seluas 3 hektar. Wisata pertanian tersebut memiliki kondisi bersih dan terawat, bahkan jalan setapak ke masing-masing spot telah dibuat permanen.

Di akhir perjalanan ke Istana Jambu, pengunjung bisa membeli hasil panen buah-buahan untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut ulasan tentang Agrowisata Medan yang infonya mungkin kamu perlukan sebelum jalan-jalan ke sana.

Baca Juga: 6 Potret Terkini Danau Aek Natonang

Kebun Buah An-Organik

agrowisata medan istana jambu
agrowisata petik jambu - image source: ayu.ayunda.98/instagram
Menyebut agrowisata Medan ini boleh dibilang serba mengasikkan. Bukan hanya karena bisa melihat budidaya tanaman jambu air saja, tetapi disini pengunjung juga bisa ikut memanen beragam varietas buah jambu, seperti spesies tong sam sie, taiwan red dan kistal non biji. Rasanya pasti seru, seperti kebun sendiri!

Tidak melulu buah jambu, di destinasi wisata agro yang strategis ini kamu pun punya kesempatan melihat langsung bagaimana wujud pohon buah ajaib, rambutan papua, apel inda, srikaya, dan pisang-pisangan yang dibudidayakan bersama di lahan pertanian tersebut.

Kalau capek berkeliling, coba istirahat sejenak di pondok yang dibangun di antara rimbunnya pohon. Sejauh mata memandang, buah-buahan yang bergelantungan terlihat begitu menggiurkan. Berada di Medan Istana Jambu, kamu tak akan kekurangan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Masih di kawasan serupa, terdapat sebuah rumah kaca yang dikhususkan untuk varian bunga anggrek. Meskipun tidak terlalu luas, tetapi indah dipandang karena Orchidaceae yang dikembangkan tergolong langka dan umumnya hidup di hutan.

Field Trip

agrowisata medan istana jambu
image via rasief harahap/googlemap
Di Medan Istana Jambu, field trip adalah program wisata paling direkomendasikan. Karena melalui program tersebut, pengunjung benar-benar diberi wawasan mengenai dasar-dasar bertani, seperti menyemai, menanam hingga perawatan yang dibutuhkan.

Tak mengherankan jika agrowisata Medan tersebut menjadi sarana edukasi favorit bagi para pelajar. Hampir setiap minggu tempat ini dikunjungi oleh institusi sekolah, lho! Pun rombongan keluarga selalu tampak bahagia menghabiskan akhir pekan yang ceria disini.

Setelah melakukan kegiatan field trip, spot selanjunya di agrowisata Medan Istana Jambu ialah kolam renang yang sekaligus menjadi rangkaian penutup agenda liburan. Seru banget lah pokoknya, habis bermain-main di kebun buah, bisa main air lagi!

Berlangganan via Email