Widget HTML Atas

Pesona Kuta Belkih, Hutan Wisata di Adin Tengah

Ada yang sudah pernah mendengar Gua Kembar Seribu Lorong di Langkat? Kita tentu tahu bahwa gua yang terletak di Tambak Tajoh itu merupakan satu tempat wisata di Desa Adin Tengah yang sudah lama populer. Tetapi masih ada destinasi baru lain di lokasi serupa, namanya adalah Kuta Belkih.

kuta belkih wisata adin tengah
kuta belkih salah satu wisata di adin tengah
Bila sedang mencari tempat liburan di Adin Tengah, berkunjung ke Kuta Belkih mungkin bisa dijadikan agenda petualangan baru. Bermacam keindahan yang mengesankan akan sahabat temui. Karena pada dasarnya, setiap sudut di dusun melati tersebut menyajikan bermacam atraksi alam yaitu air terjun dan hutan wisata.

Kuta Belkih di Desa Adin Tengah ini menghadirkan agrowisata yang ordinary. Hanya saja, spot berlibur tersebut lebih condong untuk penikmat wisata petualangan.

Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata di Kuta Belkih, Anda harus membayarkan tiket masuk yang tarifnya sendiri boleh dibilang lumayan terjangkau, HTM atau harga tiket masuknya sekitar Rp10.000 per pengunjung.

Bagi pengguna motor, tak ada uang parkir yang wajib dibayarkan lantaran biaya tersebut sudah include dalam HTM. Bila Anda berminat untuk camping atau bermalam, tarif retribusinya tentu akan sedikit berbeda lagi.

Objek wisata di desa Adin Tengah yang belum begitu lama diluncurkan ini dikelola sepenuhnya oleh Kelompok Tani Hutan Melati. Jam bukanya dari 09:00 sampai 17:00 setiap hari. Kecuali Anda putuskan untuk berkemah, waktu operasional yang tertera tentu tak berlaku.

Daya Tarik Wisata Kuta Belkih

Kelompok Tani Hutan Melati sudah mulai membuka beberapa objek alam yang menarik. Mereka juga menawarkan beragam aktivitas spesial bagi Anda yang berniat untuk merasakan liburan ala hutan wisata.

1. Telusur Air Terjun di Adin Tengah

kuta belkih wisata adin tengah
air terjun dan pemandian alam - image via meidi kembaren
Hal pertama yang wajib dilakukan sesampainya di lokawisata Adin Tengah adalah menghirup udara sepuas mungkin. Rongga pernapasan yang sudah terisi udara segar akan membuat Anda lebih rileks dan siap menjelajah pesona tersembunyi di balik hutan wisata ini.

Air terjun setinggi 40 meter di Kuta Belkih yang menyeruak dari sisi area tebing menampilkan potret alam nan asri. Keindahan alam yang diperlihatkan di depan mata tentu saja membuat setiap orang langsung menyukainya. Jika dipandang ke bagian atas, percikan air yang mengisi jalur bebatuan begitu indah terasa.

Untuk menikmati air terjun ini, berendam di antara aliran airnya yang damai dan menenangkan adalah suatu keharusan. Kesegarannya itu akan membuat Anda leluasa meluruhkan semua beban pekerjaan maupun rutinitas keseharian yang begitu membosankan.

Kunjungi juga Lau Kulap dan Bekancan River yang masih satu jalur dengan destinasi ini.

2. Berinteraksi dengan Penduduk

kuta belkih wisata adin tengah
cincau, produk wisata kuta belkih
Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan saat mengunjungi objek wisata di Adin Tengah ini ialah berinteraksi dengan warga lokal. Program wisatanya cukup unik, dimana pengunjung akan dilibatkan dengan beberapa kegiatan, seperti melihat tanaman atau ikut bercocok tanam.

Kegiatan yang diprogramkan oleh Kelompok Tani Melati tersebut merupakan andalan sekaligus ciri khas dari wisata Kuta Belkih. Melalui kegiatan agrowisata itu, para wisatawan tak hanya sekedar memangku tangan, tetapi juga bisa membawa pulang sedikit banyak wawasan tentang hutan wisata ini.

Selain itu, Anda tentu tertarik melihat produk yang dihasilkan oleh hutan wisata Adin Tengah ini, bukan? Sebagian hutan seluas 4 hektar lebih ini jadi rumah bagi pohon aren. Bila membutuhkan oleh-oleh berupa makanan, beli saja olahan cincau hitam yang dikenal dengan ragam khasiatnya.

3. Atraksi Lain yang Menyenangkan

kuta belkih wisata adin tengah
atraksi alam yang ditemukan di kuta belkih
Selain camping, wisata baru berbasis pemanfaatan hutan ini pun menyediakan penginapan sederhana bagi pengunjung yang hendak bermalam. Pasti Anda ingin juga merasakan suasana saat malam hari di sini. Sensasinya tentu unik dibandingkan tidur di hotel yang ada di Binjai.

Keesokan harinya, menjelajah hutan dan menengok pemandangan permadani belantara jangan dilewatkan. Tumpukan awan yang melintas di atas padatnya pepohonan menciptakan suasana teramat damai. Tempat wisata ini memang sangat ideal untuk melepas kegalauan.

Sebagai rangkaian penutup, selalu ingat untuk mengabadikan pesona indah yang ditawarkan oleh wisata Kuta Belkih dengan kamera mumpuni yang Anda miliki. Pasalnya, destinasi di Sumatera Utara yang berkonsep hutan wisata belum terlalu banyak. Kalaupun ada, hanya cagar alam semata.

Lokasi dan Rute ke Alamat

Sesuai namanya, objek wisata ini beralamat di Dusun Kuta Belkih, Desa Adin Tengah, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumut. Kami menyertakan peta google yang dapat Anda pakai untuk menentukaan koordinat dan jarak tempuh.


Akses ke objek wisata ini kurang memadai dari segi sarana jalan. Berhati-hatilah tatkala melintas. Rute utama menuju lokasi dapat dicapai 5 jam dari Kota Medan, sedangkan kalau titik berangkatnya lewat Binjai, sekitar 3 jam lebih. Namun sepenuhnya tergantung dari kecepatan dan kemampuan kendaraan yang dipakai.

Sebagai hutan wisata yang belum lama dibuka, destinasi baru yang digarap oleh Kelompok Tani Hutan Melati Kuta Belkih ini sayang kalau tidak didatangi. Apalagi Anda yang menaruh minat terhadap agrowisata, air terjun dan atraksi di dalamnya tentu saja akan menambah pengalaman berlibur.

Berlangganan via Email