Widget HTML Atas

Air Panas Tiga Rasa, Pemandian Kolam Bukit Munthe yang Aduhai

Objek wisata alam di sekitar Medan dan Deli Serdang yang bagus untuk relaksasi ada banyak. Tetapi kalau lebih suka berendam di kolam hangat, maka berkunjung sekilas ke Pemandian Air Panas Tiga Rasa Bukit Munthe adalah solusi tepat. Di tempat rekreasi ini, kita bisa berlibur sekaligus mengendurkan otot.

pemandian kolam air panas tiga rasa bukit munthe
pemandian air panas bukit munthe - via @evelynbukit, @ezraeriks/googlemap
Pemandian Air Panas Tiga Rasa Bukit Munthe yang terletak di Desa Mardinding Julu ini menjadi salah satu ide menarik untuk ngabisin waktu akhir pekan. Dimana kamu bisa puas berendam seharian dan menikmati sensasi terapi kolam hangat sampai jam buka ditutup.

Kali ini PariwisataSumut akan berbagi tentang pemandian air panas Tiga Rasa Bukit Munthe yang tentunya penting diketahui sebelum menikmati sensasi sauna di sana.

Harga Tiket Masuk 2020

Mula-mula pas pengunjung sudah sampai di lokasi akan dikenai biaya parkir, sekitar 3k - 5k tergantung tipe kendaraan yang digunakan. Sedangkan soal uang masuk untuk satu orang cuma 5 ribuan. Kalau kami hitung, tiket masuk ke Air Panas Tiga Rasa Bukit Munthe ini sangat terjangkau.

Detail Biaya
Parkir Motor: Rp3.000 per unit
Parkir Mobil: Rp5.000 per unit
Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Sewa Pondok: RP15.000

Ingat ya teman-teman, wisata pemandian kolam renang air panas Tiga Rasa Bukit Munthe ini hanya dibuka 3 hari dalam seminggu yakni jumat, sabtu dan minggu mulai jam 09:00 WIB. Sedangkan selasa sampai kamis ditutup. Kenapa? Karena pada hari yang sudah ditentukan itu, pengelola selalu melakukan perawatan areal wisata secara menyeluruh.

Lokasi

Untuk lokasi pemandian kolam renang air panas Tiga Rasa Bukit Munthe ini terletak di Desa Mardinding Julu, Kecamatan Biru-biru, Sumatera Utara. Letaknya sekitar 25 kilo sebelum bendungan Sileme. Perhatikan titik koordinat melalui peta berikut:


Nah, kalau Anda berangkatnya dari arah pusat Kota Medan ke objek wisata di Mardinding tersebut jarak yang dilalui sekitar 40 km perjalanan dan akan ditempuh selama kurang lebih 45 menit. Ke sini belum ada transportasi umum sehingga pergunakan kendaraan pribadi.

Nah bagi Anda yang datangnya dari luar kota dan membawa family, kolam renang Bukit Munthe pantas juga dijadikan rekreasi keluarga. Bila waktu berliburnya cukup panjang Anda bisa menyinggahi sederet obyek wisata lain seperti Danau Linting dan Pantai Buih di jalur serupa.

Atraksi Wisata dan Daya Tarik

Air panas yang dihasilkan oleh kerak bumi melalui proses geotermal selalu menghasilkan air dengan kandungan mineral dan belerang. Oleh pengelola, air yang keluar dari dalam tanah tersebut dialirkan ke dalam tiga buah kolam.

Saat ini kolam yang tersedia memang masih ada dua, sedangkan satunya lagi sedang dalam pengerjaan. Tetapi bukan berarti tak layak dikunjungi lho lantaran kolam hangatnya sangat luas. Di wisata Sibiru-biru ini kalian bisa menebus lelahnya weekday.

Wah, apa saja kira-kira yang bisa dilakukan saat sudah berada di Pemandian Kolam Air Panas Tiga Rasa Bukit Munthe?

1. Berendam di Kolam Bukit Munthe

pemandian kolam air panas tiga rasa bukit munthe
image via gideo bahtera aruan/googlemap
Kolam renang Bukit Munthe ini suhunya sekitar 30 derajat celcius yang tentunya hangat dan sesuai dengan suhu normal manusia. Karenanya, pengunjung tak lagi perlu menunggu badan menyesuaikan diri dengan suhu air, pun Anda bisa langsung melompat ke dalam kolam hangatnya.

Anda pasti tahu jika melakukan aktivitas berendam di dalam air hangat diyakini mampu mengurangi stress, kan? Tetapi bukan itu saja lho sahabat PSN, ternyata kandungan belerangnya bisa juga mengeluarkan toxic ke luar dari tubuh.

Sembari merasakan hangatnya air kolam, coba saja berenang agar otot-otot tubuh yang selama ini kaku menjadi kendor. Pun bagi orangtua, biasanya banyak yang sudah terkena penyakit tulang. Di sini, kalian bisa meringankan penyakit yang hinggap itu.

2. Relaksasi dan Bersantai

kolam air panas bukit munthe
kolam air panas bukit munthe - image via darma susanto/fb
Lantaran tempat wisata baru di Desa Mardinding Julu, Deli Serdang ini dibangun di antara perbukitan. Tentu saja areanya dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan panorama alami. Anda pasti tak ingin melewatkan pemandangan itu, bukan?

Di pemandian air panas ini dibuatkan juga beberapa pancuran air hangat. Seandainya Anda belum pandai berenang atau sudah merasa kelelahan, mengguyur tubuh dengan air pancuran alami akan membantu kalian untuk relaksasi. Badan seperti dipijat oleh air, lho!

Bagi yang sedang bad mood, pemandian air panas Bukit Munthe merupakan tempat wisata relaksasi yang layak disinggahi. Bukan cuma bisa berendam air hangat, duduk bersantai di tepi kolam seraya merasakan semilir angin juga atraksi yang menggoda.

3. Menikmati Fasilitas Lain

pemandian kolam air panas bukit munthe via ferdinand 123/googlemap
Akan lebih asyik lagi kalau kamu tak sedang terburu-buru sehingga semua fasilitas yang ada di kolam renang air panas Bukit Munthe bisa dinikmati secara sempurna. Bila mengunjunginya beserta keluarga, terdapat gazebo untuk disewa.

Soal makan atau minum tidak usah dikhawatirkan, pemilik sekaligus pengelola kolam renang Bukit Munthe menawarkan beberapa jajanan nikmat. Meneguk nikmatnya air kelapa yang harganya cuma Rp8.000 tentu sangat menyegarkan tenggorokan. Untuk memenuhi asupan  makanan, di sini kalian dapat memesan aneka mie.

Sensasi sauna di Pemandian Air Panas Tiga Rasa Bukit Munthe tentunya wajib dikunjungi karena selain menyehatkan juga menyenangkan untuk mengisi waktu berlibur. Jangan lupa untuk berfoto sepuasnya di sana ya.

Berlangganan via Email