Widget HTML Atas

11 Tempat Wisata Di Medan Yang Gratis Dan Murah 2020

Di penjuru Sumatera Utara, tidaklah sukar mencari destinasi liburan. Wilayah ini seolah sudah memiliki segalanya dalam hal menggaet wisatawan. Tapi, menemukan tempat wisata di Medan adalah hal yang tentu Anda sukai. Lebih menarik lagi jika objek wisatanya murah dan gratis.

Mulai dari mengekplor atraksi alam, man made hingga berkunjung ke destinasi hidden gem menjadikan tempat wisata di Medan merupakan pilihan kegiatan yang bagus untuk menghabisi akhir pekan. Ketika Anda sudah menginjakkan kaki di Kota Medan, nge-trip sehari ke berbagai spot akan jadi cerita perjalanan berkesan.

Tak sabar lagi ingin tahu wisata yang ada di Medan untuk sesi liburan berikutnya? Berikut daftar refererensi yang recommended dari Pariwisatasumut.net untuk Anda simak.

1. Tanah kerukan yang terisi air tawar - Danau Siombak

tempat wisata di medan
image via @dhonyzr
Lupakan sejenak Danau Toba, beranjaklah ke arah timur kota, maka Anda akan menemukan wisata danau di Medan yang legendaris. Pemandangan lanskap dengan permukaan danau berselimutkan air tawar, akan memecah kesunyian di tengah alam Danau Siombak.

Ada 2 opsi berkunjung ke tempat wisata pertama di Medan ini, mau yang berbayar atau gratis? Jika pilih yang free, kalian perlu memutar ke arah Situs Cina. 100 meter sebelum sampai, terdapat spot untuk menikmati pemandangan alam di Danau Siombak secara cuma-cuma.

Jika Anda salah satu yang mencari wisata pemancingan dengan suasana menenangkan, maka berada di destinasi danau Medan ini adalah alasan yang cocok sekali. Sebelumnya, siapkan upan dan alat pancing dari rumah.
Alamat: Jalan Paya Pasir, Medan Marelan, 20252
Tiket Masuk: Mulai 0 - Rp10.000

2. Kampoeng semi warna warni - Kampung Kongsi

tempat wisata di medan
image via mhd dimaz, dinda nabila, ian pelawi/googlemap
Kota Medan punya ribuan jalan gang kecil seperti labirin. Beberapa tahun belakangan, beberapa diantara gang tersebut sudah diubah jadi destinasi wisata kampung warna-warni. Keberadaan spot berfoto ala zaman now tersebut tentu menciptakan keceriaan di tengah padatnya pemukiman warga kota Medan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan tempat wisata dengan latar keren untuk berfoto narsis, maka Kampoeng Kongsi di Medan bisa menjadi salah satu pilihan pertama untuk aktivitas wisata kekinian. Berbagai lukisan mural yang artistik di tembok rumah dan permukaan jalan gang akan membuat Anda tak kehabisan ide untuk berpose.

Sebagai rekomendasi wisata gratis di Medan yang wajib Anda kunjungi, Kampoeng Selfie Kongsi dibuka setiap hari dari pagi hingga jam 8 malam. Tempat liburan di Medan yang terletak di Jalan Dr Cipto, Anggrung ini dikelola sangat bersih dan nyaman. Selain berfoto, tamannya pun asik untuk bersantai.
Kampoeng Selfi Kongsi
Lokasi: Jl. DR. Cipto, Anggrung, Medan Polonia, 20152 lihat peta di sini.
Tiket Masuk: Gratis

3. Penangkaran buaya terbesar se-Asia Tenggara - Asam Kumbang

tempat wisata di medan
image via @debbyaurell, @niksonsihombing/instagram
Tempat wisata di Medan yang selanjutnya untuk Anda kunjungi merupakan Taman Buaya Asam Kumbang. Terletak di Jalan Bunga Raya II, di destinasi ini Anda akan melihat langsung bermacam jenis buaya yang telah dipelihara secara mandiri sejak tahun 1959 oleh Lho Tham Muk.

Koleksi hewan buaya di penangkaran ini menyaingi kebun binatang Medan karena jumlahnya diperkirakan sudah lebih dari 3.000 ekor. Tenang! Hewan-hewan reptil tersebut tidak dibiarkan bebas, tetapi ditempatkan ke dalam sebuah kolam yang mirip danau hijau berlumut.

Tau nggak? Destinasi di Medan tersebut sudah sering diliput oleh media karena keunikan atraksi yang ditawarkan. Bahkan, beberapa selebriti ternama asal ibukota yang menyukai dunia hewan pernah juga mendatangi Asam Kumbang.
Taman Asam Kumbang
Lokasi: Jl. Bunga Raya II, No 59, Asam Kumbang, Medan Selayang, 20128 - peta di sini
Tiket Masuk: Rp6.000/orang

4. Taman cinta di pinggir kota - Taman Lope Lope

tempat wisata di medan
image via syahri pratama/googlemap
Destinasi Medan ini masih tergolong baru, tapi belum terlalu dikenali wisatawan. Anda akan disuguhi pemandangan taman yang ditata dengan nuansa cinta. Kesan romantisnya terasa kental, cukup asyik dijadikan tempat berfoto dengan pasangan.

Taman Lope Lope memang tak terlalu luas. Hanya saja area tersebut dilengkapi dengan sederet properti unik. Sebut saja kolam yang diatasnya melintang sebuah jembatan unik hingga bebatuan berstruktur yang sengaja dibentuk rapi. Sedangkan di sudut lainnya berdiri beberapa ayunan.

Tempat liburan gratis di Medan ini bisa dijadikan destinasi alternatif. Pasalnya, Anda bebas berkeliaran di dalamnya tanpa biaya sepeserpun. Jika berminat, terdapat warung kuliner dengan sajian yang mengguggah selera.
Lokasi: Jalan Sei Deli, Silalas, Medan Barat, Klumpang - lihat koordinat di sini
Tiket Masuk: Gratis

5. Tempat piknik penuh sejarah - Taman Ahmad Yani

objek wisata di medan
image via radin maulana
Nah, bagi Anda yang tak mau jauh-jauh dari inti kota, piknik kecil-kecilan ke Taman Ahmad Yani adalah tempat terbaik untuk memenuhi keinginan itu. Pemandangan dan atmosfir hijau yang disajikan dijamin bikin hati tenang.

Bagi warga Medan, destinasi ini sering kali dimanfaatkan untuk dua tujuan. Pertama untuk jogging dan kedua sebagai sarana rekreasi. Ya, mengingat lapangan di Taman Ahmad Yani sangatlah luas, maka Pemko Medan sebagai pengelola pun menyiapkan bermacam fasilitas penunjang. Terutama sarana gym yang biasanya didirikan di lahan terbuka.

Jika sedikit membandingkan, Patung Jend. Ahmad Yani di taman tersebut adalah daya tarik lain yang membuatnya agak berbeda dengan taman di Medan yang sama-sama gratis. Patung tokoh bersejarah itu jadi incaran para pengunjung untuk berselfie. Spot jogging-nya pun mengasyikkan karena dikerumuni pepohonan besar. Saat malam, taman akan terang benderang oleh lampu-lampu yang mengitarinya.
Lokasi: Jalan Imam Bonjol, Jati, Medan Maimun, Kota Medan, Sumut - peta di sini
Tiket Masuk: Free

6. Sekawanan rusa di tengah kampus - Taman USU

kandang rusa usu - image via hatta yudhistira
Terlebih bagi penikmat jalan-jalan sore, Universitas Sumatera Utara (USU) bukanlah nama asing lagi. Sebab di antara gedung-gedung perkuliahan yang berada di Jl. Dr Mansyur tersebut, terselip sebuah taman luas yang ditinggali oleh sekawan hewan tropis, Kandang Rusa USU namanya.

Kandang Rusa USU merupakan ruang hijau yang dibuka bagi publik. Lokasi ini seolah sudah menjadi wisata alternatif di tengah himpitan bangunan kota. Tatkala weekend, rumput hijau di taman depan Birek USU, akan dipenuhi pengunjung yang tujuannya bermacam-macam.

Selain melihat rusa-rusa menggemaskan dan ikut memberi makan hewan bertotol putih itu. Puluhan komunitas pecinta hewan sering kali berkumpul di sana. Jadi pengunjung dapat juga melihat tingkah lucu dari binatang peliharaan yang sudah jinak, seperti reptil, anjing, kucing dan lainnya.
Lokasi: Komplek USU, Depan Kantor Birek, Padang Bulan, Medan Baru, 20222
Biaya Masuk: Gratis

7. The Little India "kya haal hai" - Kampung Keling

destinasi wisata medan
image via @robintasembiring
Jangan lagi tanyakan letak The Little India, semua orang tentu tahu dimana sebutan itu kerap terdengar. Ya, Anda bisa menemukannya tatkala berkunjung ke wisata India di Medan yaitu Kampung Keling yang merupakan salah satu keistimewaan dari kota metropolitan ini.

Meski bukan destinasi ala Korea yang banyak diimpikan pelancong lokal. Tapi, kerennya Kampung Keling akan membuat kita seperti sedang menginjakkan kaki di negara luar Indonesia. Keunikan kawasan Medan Madras ini memberikan pengalaman berlibur yang tak henti membuat kita sadar betapa indah suatu perbedaan.

Kampung Keling di seputaran Madras memiliki sejumlah aktivitas yang unik. Bila Anda hendak mencoba pakaian India, disinilah spot yang seru untuk memuaskan hobi wisata belanja Anda. Alangkah menyenangkan, bukan?
Jalan Teuku Umar, Medan Petisah Tengah, 20151 - lihat peta di sini

8. Berdiri megah di tanah Medan - Istana Maimon

tempat wisata di medan
image via @ai_ai_dancer/instagram
Bangunan super luas bergaya tempo dulu, dulunya adalah tempat kediaman keluarga kesultanan. Jika pada masa itu bersifat tertutup, namun sekarang, siapa pun sudah bisa masuk ke dalam dan menyaksikan kemegahannya yang luar biasa memukau.

Struktur istana yang ada di tengah kota ini bisa menandingi keindahan istana kerajaan lain di Indonesia, lho! Dari berbagai sudut pandang, kemegahan yang ditampilkan sangat artistik, Apalagi destinasi ini ibarat pintu masuk untuk mengenali Tanah Melayu Deli.

Walau destinasi wisata di Medan ini sendiri merupakan area turisme teramai. Uang masuk yang dibebankan untuk menikmatinya tergolong murah, hanya dengan bajet 10 ribu saja. Bebas sudah menengok seisinya, termasuk melihat meriam buntung dan singgasana megahnya.
Lokasi: Jalan Brigjend Katamso, Kampung Aur, Medan Maimun
Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang

9. Spot keren menikmati alam - Danau Cadika

wisata medan
image via karmila gurusinga, yuda putra wijaya, yusuf rinaldi hrp
Tempat wisata di Medan selanjutnya yang bisa bikin mood Anda kembali segar ialah danau di Taman Cadika. Kendati belum begitu ngehits di media sosial, tetapi danau di Medan tersebut adalah destinasi tersembunyi yang asyik untuk liburan bertemakan alam.

Wisata danau di Medan ini termasuk danau buatan, ukurannya tidak terlalu luas, tetapi tawarkan keindahan dengan 2 daya tarik utama yaitu taman bermain dan tempat bersantai. Jelang sore, rekahan alam hijau di danau tersebut tak pernah gagal menciptakan pesona eksotis.

Simak Juga: Sunflowers Garden Medan
Lokasi: Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Medan Johor - lihat alamat di peta
Biaya masuk: Parkir Motor Rp2.000

10. Gapura dan patung yang otentik - Pura Agung

tempat wisata di medan
image credit, hanxin chen, panjilaksana nababan/googlemap
Ada satu spot di Medan yang menyuguhkan pemandangan bernuansa vintage lho. Panorama seperti itu bisa ditemukan saat melipir ke bilangan Polonia. Hanya 5 menit dari arah kota, gapura otentik bergaya Hindu di Jalan adalah hidden gem-nya para pekerja fotografi.

Tak heran jika banyak fotografer lokal mengambil photoshot di gerbang Pura Agung untuk tujuan pemotretan prewedding. Pasalnya, gerbang yang kiri kanannya dihiasi oleh patung-patung berwujud jelmaan tersebut begitu Instagenic.

Memang, pengunjung tak dibolehkan masuk ke dalam kecuali sudah meminta izin kepada pengelola. Tapi berfoto di luar gerbang pun sudah sangat mendapat hasil jepretan gambar yang memuaskan.

Baca Juga: 9 Destinasi Religi di Medan yang Bikin Decak Kagum
Alamat: Jalan Polonia, 216, Medan
Biaya: Gratis

11. Mau belanja tenun tradisional? - Galeri Ulos Sianipar

tempat wisata di medan
image via sugianto, vincentius valdi
Di galeri ulos Sianipar ini, dipamerkan ragam tenun tradisional yang diproduksi oleh UMKM lokal. Jika membutuhkan oleh oleh khas Medan berupa souvenir atau aksesoris, sempatkanlah menyambangi tempat tersebut.

Galeri yang berlokasi di Gg Pendidikan No 130, jalan lintas Medan - Binjai, Kec Medan Denai ini dibuka dari jam 8 pagi, jika sekedar menengok-nengok aneka kerajinan tangan dari insan industri kreatif dari Medan, tentu tak ada biaya masuk. Mana tau setelah melihat cantiknya hasil karya yang tersimpan, Anda punya minat membeli. Tak usah ragu akan kualitasnya yang oke.

Nah itulah dia 11 tempat wisata di Medan yang menurit kami masih relatif terjangkau bila dilihat dari aspek lokasi dan tiket masuk. Sekarang terserah Anda, mau berkunjung ke destinasi liburan mana terlebih dulu.

Berlangganan via Email