Widget HTML Atas

16 Oleh-Oleh Khas Medan Paling Hits dan Wajib Dibeli

Nggak cuma pas liburan ke Sumatera Utara, waktu mau pulang kampung pun pasti selalu ada yang titip pesan atau bilang seperti ini: "Kalau balik nanti, jangan lupa oleh-oleh khas dari Medan, ya!"

oleh oleh khas medan - image via image via alan_travellingfoodies
Tidak usah kuatir, kamu bisa menyempatkan diri untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Medan yang ada di penjuru kota. Selain makanan terkenal, beragam jenis buah tangan seperti kerajinan tangan souvenir, pakaian, baju atau cinderamata unik dan bagus juga dijadikan kenang-kenangan istimewa.

Soal harga, nyaris semua oleh-oleh khas Medan yang kami cantumkan dalam daftar ditawarkan dengan banderol murah. Jadi kamu bisa borong barang titipan ibu, keluarga, ayah, pacar, sanak-saudara, teman terdekat atau untuk koleksi pribadi.

Oleh-oleh Khas Medan

Untuk urusan buah tangan, kalian wajib tau bahwa buah tangan paling khas berikut dapat dibeli di toko, outlet daerah dan pusat wisata. Agar lebih spesifik, simak daftar oleh-oleh khas Medan yang hits di sini! Periksa juga rekomendasi tempat belinya ya.

Bolu Gulung Meranti

oleh-oleh khas medan
image via @ekasubastian/instagram
Sebegitu famous-nya kue ini sampai-sampai ada istilah "Belum sah dari Medan namanya kalau nggak bawa Bolu Meranti". Siapa tidak tergiur menikmati potongan kuenya yang lembut dengan aneka varian rasa. Dari bolu gulung, bika ubi hingga lapis prunes yang lezat.

Terkini, oleh-oleh khas Medan ini sudah pindah ke lokasi baru, lho! Walaupun kamu bisa saja membelinya via online, walau kamu di Jakarta atau Pekanbaru sekali pun bisa diantar pesan. Tetapi berkunjung langsung ke outlet-nya pasti lebih seru.

Wah enggak sempat nih ke tokonya, keburu telat! Tenang, kalian bisa mengunjungi reseller-nya di Bandara Kualanamu. Naik saja ke lantai 2 KNIA dan temukan nama outlet "Rumah Oleh-oleh". Harganya pasti sedikit berbeda ya, tetapi tidak terlalu mahal kok.
TOKO BOLU MERANTI
Alamat Pusat: Jalan Kruing, Simpang Razak No.7C Medan.
Cabang: Jalan Sisingamangaraja No19B, Kotamatsun III - Lihat lokasi toko di sini
Harga: Mulai dari Rp20.000 - Rp480.000/item

Markisa Noerlan

oleh oleh khas medan
markisa noerlan adalah oleh-oleh berupa minuman - image via instagram/vivijastipmedan
Berlokasi di Jalan Sei Tuan, Kecamatan Medan Baru, oleh-oleh khas dari Medan selanjutnya yang sudah terjamin tahan lama meskipun akan dibawa jauh ke luar negeri adalah Markisa Noerlen. Jadi produk ini bukan makanan ya teman-teman, tetapi minuman sirup dan selai buah-buahan.

Minuman yang diolah merupakan produk home industry. Supaya lebih meyakinkan kamu untuk menjadikan sirup ini sebagai buah tangan. Sepertinya kita perlu kilas balik mengapa Sirup khas Medan yakni Markisa Noerlen begitu populer.

Konon, merek sirup buatan lokal ini sudah eksis sejak tahun 1985. Dari awal dibuka, sang pemilik memang ingin membuat merek usahanya lebih dikenali oleh wisatawan sebagai oleh-oleh berkualitas dan lain dari pada yang lain. Karena saat itu toko oleh-oleh makanan begitu mendominasi. Dengan keahlian dan resep rahasia, buah-buahan dari Berastagi pun diolah sehingga akhirnya muncul minuman khas Medan yang nikmat ini.
Markisa Noerlen
Beli di mana?: Jl. Sei Tuan No.7, Babura, Medan Baru, Kota Medan - lihat di sini
Harga: Rp35.000/botol

Lapis Legit, Affinois

oleh oleh khas medan
image via instagram/affinois
Satu lagi oleh-oleh baru yang nggak boleh dilewatkan di kala kamu mengunjungi Medan. Namanya ialah Affinois. Kamu dapat menemukan Affinois di toko pusat oleh-oleh yang beralamat di Jl. Majapahit No 12E, Petisah Tengah.

Kendati kehadirannya masih termasuk baru, tapi Affinois sukses menjadi alternatif oleh-oleh khas Kota Medan. Bahkan tak sedikit wisatawan yang kini memprimadonakan jajanan tersebut. Jika awalnya hanya sediakan lapis legit, sekarang sudah ada juga  cake jadoel dan bolu gulung.

Makanan berbahan dasar tepung terigu, gula, bubuk spekuk, butter dan susu ini memang terkesan praktis. Namun, butuh ketelatenan dan kesabaran dalam membuat lapis legit yang tentunya lezat. Sejarahnya, kue dengan tampilan berlapis-lapis tersebut merupakan kue perlambang kemakmuran semasa dekade Belanda itu yang diciptakan oleh noni Medan.
Lokasi: Jl. Mojopahit No 12E, Petisah Tengah, Medan Petisah - lihat toko di sini
Harga: Rp200k - Rp350k

Sambal Andaliman, Rumah Giling

sambal andaliman rumah giling
Bagi pecinta pedas, Andaliman adalah oleh-oleh paling cocok. Anda tak perlu repot menggiling dan mengulek bumbu yang bisa bikin lidah bergetar itu lagi. Soalnya, beberapa produk UMKM di Medan telah menyiapkan sambal andaliman dalam botol kemasan.

Selain tahan disimpan dalam jangka waktu lama, oleh-oleh ini boleh dibilang paling khas dibanding makanan lainnya. Yap, Andaliman adalah tumbuhan untuk bumbu dapur yang hanya hidup di Pulau Sumatera. Tanaman itu terutama banyak ditemukan di daerah Tapanuli.

Jika melewati Jl. Alfalah No.26, Sukaramai 1, Medan Timur, singgahlah sebentar ke toko oleh-oleh Rumah Giling Medan. Bermacam varian sambal dapat Anda borong selain sambal andaliman. Sebut saja sambal narata, sambal tipul-tipul dan sambal belacan yang sangat menggugah selera. Untuk harga, dibanderol Rp30.000 - 50.000 per botol.

Bika Ambon Zulaikha

oleh oleh khas medan
image via merlin hutagalung/googlemap
Duh, bika Ambon yang satu ini enak sekali, dijamin suka! Rasa yang paling menonjol dari oleh-oleh ini ialah manis dan legit. Sebab itu, Anda wajib menjadikan makanan ini untuk buah tangan. Alasannya ada dua, pertama namanya sangat terkenal dan kedua mudah didapat. Bahkan, sudah ada di Jakarta yaitu Sylvie Bika Ambon.

Di Medan sendiri, tak sulit untuk mendapatkan Bika Ambon yang enak, hampir di setiap jalan di kota maupun pusat keramaian ada toko roti yang menjualnya. Salah satu yang terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jl. Mojopahit, Petisah Tengah.

Baca Juga: Napoleon Medan dan 4 Kue Artis di Medan
Lokasi: Jl. Mojopahit No 70 A, Medan Petisah
Harga: Mulai dari Rp50.000

Kininduma Chips

oleh oleh khas medan
kininduma chips
Ada untungnya membelikan oleh-oleh berupa cemilan atau jajanan. Bukan cuma soal harganya yang nggak mahal, makanan jenis ini juga tahan lama, bisa awet hingga berminggu-minggu. Seperti Kininduma Chips yang satu ini.

Keripik Kininduma sebenarnya adalah jajanan yang terbuat dari pisang. Spesialnya, keripik yang dipotong berbentuk bulatan itu kemudian dipadukan dengan beberapa varian rasa. Seperti matcha, coklat, susu dan keju.Jadi begitu masuk di mulut, sensasi kriuk yang yummy langsung deh bikin nggak berhenti mengunyah.

Nah, untuk ngedapetin Keripik Kininduma ini pakai sistem online shop, nih! Misal belum sampai di Medan, pesan saja terlebih dahulu. Baik melalui nomor whatsapp atau lewat Instagram resminya di @kinindumachips ya.
Cara order: Telepon atau Whatsapp 082322030026
Harga: Rp12.000/bungkus

Bolu Naila

oleh oleh khas medan
bolu naila - pariwisatasumut.net
Tak bisa disangkal jika beberapa tahun terakhir beragam oleh-oleh khas baru asal Medan semakin membanjiri pasar wisata. Begitu juga dengan Bolu Naila yang mengenyangkan ini. Pasti belum begitu familiar dengan namanya, kan?

Bolu Naila Medan merupakan kue yang komposisinya terbuat dari olahan ubi dengan topping coklat padat. Rasanya tentu nendang! Makan satu potong saja sudah bikin kenyang lho. Misal lagi berkeliling ke wisata Medan kamu bisa membawa kue ini sebagai bekal perjalanan. Jangan sampai dihabiskan ya!
Lokasi: Jl. Brigjend Katamso No.37B, Kp. Baru, Kec. Medan Maimun - toko lihat di sini
Harga: Rp70.000 per box

Aneka Kerajinan Tangan Medan

i love medan
Aneka hasil kriya seperti lukisan, pigura atau miniatur bangunan legendaris yang bisa dipajang di rumah tentu cocok dijadikan bukti bahwasanya Anda pernah beekunjung ke suatu daerah. Karena itu, kerajinan tangan adalah pilihan tepat jika Anda mau memberikan oleh-oleh Medan selain makanan.

Untuk mendapatkan cinderamata dan aneka kerajinan tangan Medan, silahkan langsung ke toko souvenir yang kami rekomendasikan yaitu Toko I Love Medan, Sinclair Stuff dan Vimala Gift Soft. Di sana terdapat beragam pernak-pernik seperti gantungan kunci, miniatur bangunan dan lukisan.

Masing-masing pusat kerajinan tangan tersebut mempunyai kualitas dan produk berbeda. Memang tidak terlalu lengkap. Tetapi masih ada opsi lain yakni mendatangi beberapa pusat pasar yakni Pajus (Pajak USU) Padang Bulan di Jalan Jamin Ginting atau Pasar Olimpia.

Buah Durian

oleh-oleh khas medan
damen durian sidikalang
Nah, kalau cari oleh-oleh khas dari Medan yang natural dan menyehatkan. Admin cukup merekomendasikan kamu untuk membeli buah durian saja. Yap, buah istimewa dari daerah tropis Pulau Sumatera ini biasanya paling banyak diburu wisatawan luar.

Harga perbuahnya memang fluktuatif. Selain banyak didagangkan di tepi jalan raya, kamu pun bisa membelinya di sederet kedai durian medan yang modern dan ditata menyerupai kafe. Biar lebih mudah dibawa, minta saja buah yang sudah dikupas dan dikemas dalam box.
Lokasi Beli: Padang Bulan, Jalan Jamin Ginting
Harga: Rp25-60k per buah

Sirup Rambutan Royyan

oleh-oleh khas medan
image via my fresh store
Gak ada salahnya juga kan bawa minuman khas dari Kota Medan untuk jadi oleh-oleh bagi kerabat atau keluarga di rumah? Tak usah capek mencari, salah satu yang gampang didapatkan adalah Sirup Rambutan Royaan.

Baik pasar tradisional, sentra jajanan maupun warung biasanya menyediakan Sirup Rambutan Royyan. Jika dahulu hanya ada saat menjelang Ramadhan, kini kesegaran sirup rambutan tersebut sudah dapat dirasakan setiap hari.

Selain bisa dicampur dengan aneka buah, Sirup Royyan juga nikmat jika diminum dengan es. Pas banget untuk melepas dahaga. Pemanis pada sirup ini 100% gula murni dan tidak pakai pengawet. So, jangan ragukan kealamiannya.
Tempat Beli: Royyan About Sumatera - Bandara Kualanamu
Harga: Rp15.000/botol

Barang Fashion: Songket Melayu

oleh-oleh khas medan
image via instagram/songketdeli
Songket Melayu Deli memang punya motif dengan desain sangat khas, dari yang klasik hingga temporer. Kain ini dahulu sangat sulit diperoleh, tetapi semenjak ada Galeri Songket Deli di Medan, barang fashion ini banyak diburu untuk dijadikan oleh-oleh dari tanah Melayu.

Oleh-oleh ini sendiri lumayan mahal. Sebab ongkos produksi dan benang yang digunakan untuk membuat Songket Deli adalah bahan dengan kualitas terbaik. Maka oleh-oleh ini sendiri sedikit lebih mahal. Tetapi kualitasnya dijamin terbaik.

Pilihan produk tidak cuma model kain, ada juga tas, baju kurung, selendang hingga sepatu yang semua bercirikan tenun khas Melayu Deli. Harga dari masing-masing kerajinan tangan ini berkisar antara Rp500.000 hingga Rp4.000.000 per buah.
Alamat: Jl. Putri Hijau I/II No 10, Kota Medan
Harga: Mulai dari Rp500k

Pastel Mas

oleh-oleh khas medan
pastel mas
Jika masih bingung soal buah tangan seperti apa yang cocok untuk keluarga, Maka makanan ringan berbentuk kudapan yang wajib dibawa pulang selanjutnya adalah pastel khas lokal dari Kota Medan yaitu Pastel Mas.

Pastel Mas adalah kreasi oleh-oleh baru yang membuat kudapan tersebut begitu disukai penggemarnya. Sebagai pastem hitam pertama di Indonesia, inovasi yang dihadirkan membuat kudapan ini lebih spesial. Pastel ini diisi dengan 5 rasa yang endeus, ayam kari, kacang tanah, sayuran, taro dan ayam lada hitam.

Pastel Mas ini berbeda dengan kue pastel pada umumnya lho!. Gak cuma renyah, isiannya lebih jelas bervariasi. Terutama pastel hitamnya. Berhubung belum banyak dijumpai di kota lain, kamu bisa menjadikan makanan ini untuk oleh-oleh!
Lokasi: Komplek Multatuli Blok B No. 25, Medan
Harga: Rp4.000 per biji.

Bapia Tamiang

oleh-oleh khas medan
image via @kimhua78/instagram
Pia Tamiang adalah hadiah yang pantas diberikan kepada keluarga setelah puas keluyuran di Kota Medan. Kuenya sendiri cukup terkenal. Pasalnya, jajanan sudah hits sejak era 90-an. Soal rasa, pia ini tetap mempertahankan resep awal.

Bayangkan saja, buah tangan ini sudah eksis selama berpuluh-puluh tahun. Wajar jika Bapia Tamiang selalu menyita perhatian wisatawan. Awalnya sih dicoba karena penasaran saja, tapi sudah kena rasanya, akhirnya ketagihan deh.

Nah, Bapia Tamiang ini sudah punya gerai sendiri yang terletak di kawasan Sidodadi, Medan Kota. Buka dari pukul 07:30 dan tutup pukul 19:00, oleh-oleh ini bisa dipacking kalau mau diberikan kepada teman yang menunggumu pulang dari liburan.
Lokasi: Jl. Tamiang No 16, Sidodadi, Medan Kota
Harga: Mulai dari Rp88.800

Sate Kerang Rahmat

oleh-oleh khas medan
sate kerang rahmat
Terletak di Jalan Kruing, Sekip, Sate Kerang Rahmat adalah jajanan kampung yang menjadi go nasional karena kreatifitas pemiliknya. Yap, jika sate lain tak bisa tahan lama, makanan ini malah tetap nikmat meski disimpan selama 14 jam.

Kok bisa ya Sate Kerang Rahmat banjir pelanggan, terus dijadikan oleh-oleh pula? Nah, rupanya sate-sate yang dipesan akan dibungkus dengan alumunium foil sebelum dikemas ke dalam kotak stereofoam. Alhasil, panganan yang sudah ada sejak 1957 tersebut tidak akan membusuk.

Kerang yang dijadikan sate berasal dari daerah Tanjung Balai. Setibanya di Medan, kerang-kerang bulu tersebut kemudian dipilah lagi sebelum diolah. Nah, ada 3 rasa sate yang ditawarkan yaitu sate pedas, sate manis dan sate biasa.
Lokasi: Jl. Kruing No 3D, Sekip, Medan Petisah - lihat peta di sini
Harga: Rp5.000/biji

Kaos Jegez

oleh oleh di kaos jegez
Kaos etnik, souvenir, handycraft merupakan oleh-oleh yang akan Anda temui jika berkunjung ke Kaos Jegez Medan yang beralamat di Setia Budi, Tanjung Sari ini. Bagi para pemandu wisata, ke sinilah mereka biasa membawa tamu untuk membeli souvenir dan cinderamata.

Bukan cuma kaos atau pakaian, ada beragam souvenir yang laik untuk dijadikan kenang-kenangan. Anda bisa borong miniatur rumah adat dan t-shirt bertuliskan kata-kata khas Medan. Semua yang dipamerkan di sini sangat komplit.
Lokasi: Jl. Setia Budi No.370, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang - peta lihat di sini
Harga: Rp45.000 ke atas

Rujak Brayan

oleh-oleh khas medan
rujak brayan
Ini dia oleh-oleh yang tak pernah lupa dipesan keluarga dan kerabat. FYI, Rujak Brayan adalah kombinasi dari potongan buah-buahan segar dengan saus rujak khusus. Meski sudah buka cabang di mana-mana, tapi toko utamanya terletak di Jl. Wahidin simpang.

Rasa paling nendang dari Rujak Brayan adalah manis dan asam. Aromanya yang wangi bakalan bikin kamu makin lahap. Owh iya, saus rujaknya dituang saat masih hangat, lho! Jadi bumbunya meresap sempurna. Wangi buah-buahan yang segar juga ikut tercium.

Omong-omong, oleh-oleh ini sudah dikenal luas, bahkan setingkat nasional. Yap, karena makanan tersebut pernah diulas oleh beberapa stasiun TV dan media cetak.

Sudah bayangkan bakal beli oleh-oleh yang mana, belum? Biar kamu terus ingat, jangan lupa untuk menyimpan atau membagikan artikel ini ke media sosial ya.

Berlangganan via Email