Widget HTML Atas

Pemandian Swimbath: Lokasi, Tiket Masuk dan 4 Pesona Bahapal

Lagi di Siantar atau Serbelawan? Belum lengkap rasanya jika tak sempat berkunjung ke pemandian Swimbath. Objek wisata berupa kolam dengan sumber mata air alami terletak di seputaran Bahapal, Kecamatan Bandar Huluan ini memiliki banyak pesona yang menanti untuk dinikmati.

swimbath
kolam di pemandian swimbath menjadi salah satu objek wisata bahapal - image via reri rere
Kawasan pariwisata di Desa Bahapal ini tentu tak asing bagi warga lokal. Kecuali jika pengunjung berasal dari luar Simalungun. Pasalnya, pemandian alam tersebut memiliki dua nama panggilan lagi, yakni Sembat dan Swembat. Namun apapun identitasnya, tetap saja tempat rekreasi yang dimaksud adalah Swimbath.

Bahapal sendiri merupakan nagori (desa) di kecamatan Raya, Simalungun yang dulunya sempat dijadikan pemukiman warga Belanda. Untuk menuju ke arah Bahapal dimana Swimbath berada sangatlah mudah. Lantas, apa sajakah pesona yang dimiliki?

Harga Tiket Masuk (HTM) Swimbath Bahapal

Untuk memasuki tempat rekreasi alam ini, pengunjung perlu membeli tiket masuk yang boleh dikatakan sangat terjangkau. Pemilik cuma membanderol biaya goceng alias lima ribuan. Berikut rincian biaya masuknya:

Tiket masuk: Rp5.000,- / orang
Sewa ban kecil: Rp5.000/ buah
Ban besar: Rp10.000/orang
Pondok: Rp10.000/unit

Lantaran di rekreasi alam ini tidak ada fasilitas locker room alias tempat menyimpan barang, maka pengunjung disarankan untuk menggunakan pondok agar selalu nyaman tatkala berakhir pekan. Tetapi tak perlu kalau merasa keberatan, karena wisatawan tak diwajibkan menyewa pondok tersebut.

Apa yang Ada di Swimbath?

Berbagai daya tarik serta dibarengi dengan tata kelola yang baik menjadikan destinasi alam di Bahapal ini mempunyai banyak peminat. Pengunjung bisa masuk sesuai jam buka dari pagi hingga tutup pukul lima sore.

Bagaimana rasanya berenang di kolam renang yang airnya berasal dari pegunungan? Yap, menakjubkan! Pengalaman wisata seperti inilah yang ditawarkan oleh Swembat di Bahapal. Lebih lanjut, simak uraian berikut.

1. Tempat Liburan di Bahapal Paling Hits

spot berfoto di swimbath bahapal simalungun - image via sujono/pipin purba
Swimbath mempunyai arti berenang dan mandi. Nama itu diberikan oleh Belanda. Dilihat dari maknanya, identitas objek wisata di Serbelawan ini memang tidak begitu berlebihan. Faktanya, sejak awal didirikan hingga sekarang, tujuan utama pengunjung datang ke kolam renang Bahapal adalah untuk berendam sembari rekreasi.

Asal usul hadirnya Swembat juga memiliki hubungan dengan kedatangan para pekerja perkebunan PTPN 4 Siantar dari luar daerah. Konon, Belanda sengaja membangun kawasan rekreasi tersebut supaya pekerja kebun sawit dan warga kolonial punya tempat berlibur khusus.

Temuan mata air di lahan perkebunan Bahapal adalah sejarah yang menandai awal didirikannya swembat. Oleh pengurus perkebunan kolonial Belanda yang kini dikelola BUMN Indonesia. Maka dibangunlah kolam-kolam untuk menampung air jernih yang mengucur deras tersebut.

2. Dipenuhi Kolam dengan Mata Air Pegunungan

pemandian swimbath
objek wisata ini dikenal dengan beberapa nama seperti swembath dan sembat - image via @nanda_yopo
Bagi mereka yang hobi ngetrip pendek, mengunjungi Swimbath sudah seperti pilihan wajib pertama. Wajar saja, air-air bersih dari pegunungan yang mengisi kolam selalu berganti setiap detik sehingga pengunjung tak perlu jijik atau khawatir soal kebersihannya.

Dengan kedalaman kolam sekitar 30 - 70 cm, Sobat Pariwisatasumut.net bisa tenang selama berada di kawasan rekreasi ini. Air melimpah yang kamu gunakan untuk berendam bersumber dari pegunungan. Jadi, tak perlu ragu akan tingkat kebersihan maupun kejernihannya yang nyata menyegarkan.

Meski di sekitarnya sudah ada kolam renang Yohayo dan kolam rekreasi M. Siahaan. Tetapi pemandian Swimbath masih menjadi primadona yang tak akan terlupakan. Banyak warga menganggap Swembat Siantar ialah spot rekreasi penuh dengan nostalgia yang tetap sejuk meskipun termasuk sudah berusia tua.

3. Diwarisi Suasana Hijau

swembat siantar
wisata di swembath siantar menawarkan atmosfer hijau - image via dimas rafsanjani/instagram
Selain air jernih seperti kilauan kristal cair, sobat PSN akan disajikan dengan panorama hijau yang aduhai indahnya di Swembat Serbelawan ini. Pepohonan rimbun berbatang kokoh memancarkan potret alam yang benar-benar meneduhkan hati.

Airnya yang cukup jernih akan membuat pengunjung langsung berenang. Jangan lupa bawa pakaian renang yang sesuai ya! Tak ada terik-teriknya tempat wisata ini, lantaran pepohonan hijau yang mengelilingi kolam alami tersebut cukup rapat dan menghalangi masuknya sinar matahari.

Puncak paling ramai biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu. Banyak muda-mudi yang akan datang dan menghabiskan waktu di sini. Namun, bukan berarti tak laik untuk tujuan keluarga, lho! Sebab, beberapa permainan air sederhana telah disediakan juga oleh pengelola.

4. Dilengkapi Spot Kuliner

pemandian swimbath
image via @fanii_muhammad14
Keseruan bermain air bisa diakhiri dengan menikmati makanan atau minuman. Salah satu kelebihan dari Swembat adalah banyaknya pondok kuliner yang berbaris di tepi kolam pemandian. Paling mantap sih meneguk secangkir kopi atau sebotol minuman soda badak siantar.

Para pengunjung tidak dilarang membawa makanan ke dalam, misal ingin liburan bareng keluarga, silahkan bawa bekal sendiri supaya biaya liburan lebih hemat dan irit. Jika kelupaan, di sini makanannya murah-murah kok, tidak terlalu menguras isi dompet.
Baca Juga: Penginapan Hotel Murah di Siantar

Lokasi Swimbath

Objek wisata ini terletak di Unit Kebun Laras, PTPN IV tepatnya di Nagori Naga Soppa, Kecamatan Bandar Uluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tidak mau kesasar menuju lokasi, kan? Yuk gunakan peta di google map (lihat di sini).

Akses ke lokasi dapat dilalui dengan mengambil jalan ke Tebing Tinggi melalui rute perlintasan Tebing dan Kota Siantar, setibanya di Dolok Merangin, kemudian putar arah kendaraan ke arah kiri dan teruskan ke Desa Nagori Soppa seputaran Bahapal.

Berlangganan via Email