Widget HTML Atas

Taman Siramah Indah: Tempat Rekreasi Wisata di Dolok Kahean

Mau kemana akhir pekan ini? Kalau tidak punya ide berlibur, coba pertimbangkan untuk berkunjung ke tempat wisata di Serbelawan, Dolok Kahean saja. Adapun destinasi yang banyak sekali direkomendasikan berikut adalah Taman Rekreasi Siramah Indah.

taman rekreasi siramah
Taman Rekreasi Siramah Indah merupakan spot berlibur yang cocok untuk bersantai. Berada di perlintasan Serbelawan dan Sp. Dolok Kahean, lokawisata anyar yang terletak di Dolok Ayan tersebut sudah menjadi primadona sejak awal dibuka.

Bila dilihat sekilas, mungkin banyak dari teman sekalian menganggap taman cantik ini sama saja dengan taman lain. Padahal jika dijelajahi, Taman Siramah Indah menawarkan rangkaian tur yang lengkap, seperti kolam berenang dan sarana permainan outbond.

TAMAN REKREASI SIRAMAH INDAH

Ruang publik kebanggaan Dolok Kahean ini dibangun di atas lahan seluas dua ribu hektar. Meskipun secara administratif cukup dekat dari daerah perkotaan, atmosfir alam yang disajikan masih sangat asri dan terhindar dari polusi udara.

Berikut informasi detail tentang Taman Rekreasi Siramah Indah yang kalian perlukan sebelum menyambangi salah satu tempat wisata di Dolok Ayan, Kecamatan Kahean ini.

Harga Tiket Masuk Taman Siramah

Kendati konsep taman rekreasi keluarga seperti ini jarang ditemukan di kota-kota besar, tetapi biaya masuk ke Taman Rekreasi Siramah Indah justru sangat terjangkau. Bahkan dari awal beroperasi, HTM atau harga tiket tidak pernah mengalami kenaikan.
  • Biaya Masuk: Rp12.000 per orang
  • Parkir Kendaraan: Rp2.000 per unit
  • Naik ATV: Rp20.000 per loop
  • Biaya Outbond: Mulai dari Rp60.000 per peserta

Terbilang murah, kan? Seperti yang bisa kalian lihat pada daftar biaya di atas, tiket masuknya sendiri tidaklah terlalu mahal. Justru tergolong serba murah-meriah sehingga cocok sekali dipilih untuk kegiatan berwisata bersama keluarga.

Akses dan Lokasi Taman Siramah

Taman ini mendapatkan banyak gelar dari para pengunjung. Sebagian mengatakan Taman Rekreasi Siramah Siantar atau obyek wisata Dolok Ayan. Namun secara administratif, Namun sebenarnya jika dipantau dari posisi administratif, terletak di wilayah kabupaten Simalungun.


Yakni, beralamat di Jalan Dolok Ayan, Desa (Nagori) Dolok Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Supaya lebih akurat, silahkan perhatikan lokasinya pada peta yang kami sematkan di atas.

Jika kalian hendak mendatangi lokawisata tersebut menggunakan tipe kendaraan umum, silahkan ambil rute tercepat via Pematangsiantar, melalui jalur Lintas Tengah Sumatera. Setibanya di Toko Leo, belok ke kiri dan kanan masing-masing sekali. Posisinya sebelum Wahana Petualangan Keluarga Asri Lestari yang juga merupakan obyek wisata di Serbelawan.

Fasilitas yang Tersedia

taman rekreasi siramas indah
image: fadli sitompul/googlemap
Fasilitas di taman rekreasi ini memiliki kualitas yang terawat. Setiap zona wisata ditata sangat rapi. Ketersediaan fasilitas tersebut tentu mempengaruhi kepuasan para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang akan kalian temui selama berlibur di sana.

Amenitas dasar yang disediakan untuk mendukung kenyamanan para pengunjung:
  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Warung kuliner
Tersedia beragam sarana rekreasi di Taman Siramah, yakni:
  • Outbond area
  • Gedung pertemuan
  • Karaoke
  • Kolam pancing
  • Kolam renang
  • Kebun binatang mini
  • Spot berfoto
  • Taman bermain
  • Spot berfoto
  • Wahana ATV

Obyek Wisata di Taman Rekreasi Siramah Indah

Sesuai dengan namanya yakni Taman Rekreasi Siramah Indah, destinasi ini cocok banget buat kamu yang ingin melepas lelah. Hutan hijau yang mengelilingi sekaligus membuat udara dan suasana benar-benar dingin. Selain melihat taman bunga dan yang dirangkai begitu indah, berbagai spot Instagramworthly pun tersedia.

Seru rasanya melakukan kegiatan berlibur di beberapa obyek menarik di tempat wisata ini diantaranya adalah:

Taman Agrowisata

taman siramah indah
taman agrowisata di siramah indah - image:ulfa/googlemap
Tempat rekreasi ini memiliki beragam koleksi tanaman berbuah khas daerah tropis, seperti durian, jambu, buah naga dan kelengkeng. Kebun buah tersebut menjadikan Taman Rekreasi Sirandah Indah layak juga untuk tujuan tur bertipe wisata pertanian.

Jika bawa rombongan pelajar, akan diberikan edukasi tentang budidaya tanaman sembari tour keliling ke seluruh area taman. Seru banget deh! Apalagi kegiatan outdoor cukup disenangi oleh anak-anak. Jadi tidak melulu belajar di dalam kelas.

Tidak apa-apa kok kalau datangnya bareng keluarga. Pasalnya, seluruh tanaman sudah diberi nama, jadi orangtua bisa banget tuh mengenalkan buah-buahan yang dibudidayakan di sini secara mandiri tanpa didampingi oleh tour guide.

Kebun Binatang Mini

taman siramas
image via yen harianto
Salah satu keunggulan dari Taman Rekreasi siramah Indah adalah tersedianya zona khusus untuk melihat penangkaran hewan atau lebih sering disebut kebun binatang mini. Di area tersebut, kalian bisa menyaksikan tingkah lucu dari berbagai jenis burung.

Jumlah hewan di sini memang tidak sebanyak Kebun Binatang Medan, tetapi cukup layak untuk sekedar melihat-lihat satwa liar yang biasa tinggal di alam bebas. Owh iya, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan di sini, lho!

Anda juga mungkin akan tertarik membaca tempat wisata di Simalungun yang telah kami ulas.

Kolam Renang Dolok Kahean

taman rekreasi siramas indah
kolam renang siramah via linda diana/facebook
Di taman rekreasi ini juga didapati sebuah kolam renang. Uniknya, kolam untuk berenang itu dikelilingi pohon-pohon hijau dan didesain sedemikian rupa. Apalagi di tepian kolam, diletakkan juga patung-patung ala tokoh super hero yang identik dengan air.

Habis berkeliling biasanya gerah dan panas ya? Karena itu, paling asyik untuk membasahi tubuh dan menyegarkan diri sembari bermain air. Misalnya target liburan utamanya adalah kolam renang yang berada di Dolok Kahean ini, wajib berkunjung lebih awal nih, soalnya padat kalau akhir minggu.

Di tengah kolam, dipasangi variasi wahana permainan seperti perosotan, jamur air, ember tumpah dan seluncuran. Karena lumayan lengkap, bisa kalian jadikan opsi jika sedang mencari kolam renang di Dolok Kahean.

Atraksi Lain 

taman rekreasi siramas indah
salah satu wisata di dolok kahean yang hits - image: ndots/googlemap
Sehari penuh di tempat rekreasi wisata Dolok Kahean rasanya bikin liburan semakin bahagia. Soalnya, di luar dari yang sudah kami sebutkan di atas, masih ada serangkaian kelebihan lain yang dimiliki oleh Taman Siramah Indah.

Untuk sarana outbond misalnya, kalian bisa merasakan sensasi bermain flying fox yang seperti menggantung di udara. Atau, mencoba wahana motor ATV, mandi bola dan sepeda air yang tidak kalah serunya. Tetapi kalau mau bikin kegiatan outing, bicarakan dulu dengan pengelola ya.

Tempat berfoto di Taman Rekreasi Siramah Indah bakal bikin kalian happy maksimal. Dari lorong bambu yang ditata apik, motor tua, bukit rawabambu asri sampai rumah bergaya tradisional dapat kalian jadikan latar selfie. Prewedding di sini keren juga tuh!

Berlangganan via Email