Widget HTML Atas

Puncak Pelangkah Gading: Akses ke Lokasi, Gambar dan Tiket Masuk

Berhawa sejuk dan tawarkan atraksi alam, bukit di Puncak Pelangkah Gading adalah objek wisata Kutambaru, Tanah Karo yang bisa menjadi alternatif tepat untuk mengisi jeda liburan.

puncak pelangkah gading
puncak pelangkah gading tanah karo - image via arif andika ginting/fb
Puncak Pelangkah Gading juga menyajikan fitur menarik berbentuk spot berfoto dengan desain rumah rumbia yang unik dan cantik. Yap, dimana lagi Anda bisa menikmati gugusan pemandangan alam dan kabut yang menyelimuti tiga gunung sekaligus kalau di dataran tinggi Desa Kutambaru yang satu ini.

Area terbuka Puncak Pelangkah Gading dengan keindahan pepohonan pinus hijau dan memiliki udara segar ini sangat cocok untuk tempat bermain. Namun, karena berada di lereng pegunungan Tanah Karo, lokasi destinasi yang terkenal dengan jalur off road tersebut sedikit sulit ditempuh.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Untuk bisa memasuki dan menikmati seluruh atraksi kawasan wisata di Desa Kutalimbaru tersebut, wisatawan tentu akan dikenai biaya. Mengenai harga tiket masuk bisa dikatakan cukup murah sehingga sangat layak dikunjungi.

Tiket Normal: Rp10.000
Adventure Trail: -
Penginapan: Rp450.000
Parkir kendaraan: Gratis

Jika sobat PSN ingin bermalam di akomodasi yang sudah disediakan. Sila hubungi pengelola di nomor telepon 085262092988. Uang masuk yang sudah disebutkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan langsung.

Atraksi Wisata dan Aktivitas di Puncak Pelangkah Gading

Sebagai badan usaha milik desa, objek wisata dengan luas 38 hektar dan terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini masih terus dibenahi sekaligus dikembangkan oleh warga Kutalimbaru.

Untuk sementara ini, lokawisata tersebut masih terbatas. Tapi Anda leluasa menjelajahi potret alamnya yang menawan, serta mengeksplorasi titik-titik spot pemandangan alam yang cantik. Lantas, apa saja yang ada di Puncak Pelangkah Gading? Yuk kita bongkar beberapa diantaranya.

1. Pemandangan 3 Gunung 

pemandangan dari puncak desa kutalimbaru
Satu hal spesial di Desa Kutalimbaru adalah bentukan wilayahnya yang strategis. Kontur bukit di desa tersebut seolah mengajak wisatawan untuk terus menikmati alamnya. Aktivitas warga lokal yang menekuni pertanian pun bisa jadi tontonan mengasikkan bagi pengunjung yang berasal dari perkotaan.

Namun, sama seperti relokasi Siosar yang sudah terlebih awal terkenal. Pun, Puncak Pelangkah Gading Tanah Karo merupakan salah satu destinasi terbaik untuk memandangi keindahan deretan gunung yang menjulang tinggi. Apalagi panorama lembah dan bukitnya.

Jajaran pohon-pohon cemara yang melingkupi are wisata tersebut bahkan sudah terlihat selama dalam perjalanan menuju puncak. Paduan keindahannya akan semakin lengkap jika Anda melihat ke sisi utara di mana 3 buah gunung yang tampah anggun seolah berbaris rapi.

2. Menelusuri Hutan Pinus

salah satu hutan pinus di karo
Aroma hutan yang menyelimuti kawasan wisata ini semakin terhirup setelah tiba di bagian puncak, benar-benar sejuk! Nah, agar tidak kedinginan kalau tiba-tiba hujan, jangan lupa kenakan jaket atau pakaian hangat. Utamanya kalau punya rencana berkemah di malam hari ya, wajib!

Hutan pinus di sini cukup lebat dan padat. Komposisi alam tersebut akan membuat kita terpana. Apalagi jika Anda berminat untuk merasakan sensasi kegiatan wisata petualangan, pesonanya akan sangat luar biasa. Jika enggan, menyusun hammok atau mendirikan tenda camping di antara pepohohan itu sudah cukup mengasikkan.

Beberapa waktu lalu, di sini diadakan adventure atau motor trail Karo yang saat itu dibanjiri oleh ratusan pengunjung. Sehingga bagi para pecinta trail, hasrat Anda pasti sangat tertantang untuk latihan di jalur offroad bertrek curam ini.

3. Ragam Spot Berfoto

puncak pelangkah gading
image via @agape.kembaren/instagram
Ketika sedang singgah di Karo. Meluangkan waktu sebentar untuk berkunjung ke Puncak Pelangkah Gading merupakan aktivitas liburan yang layak dilirik. Selain karena nama obyek wisata di Kutalimbaru tersebut sedang menanjak, beragam spot berfoto pun dapat dijumpai.

Tak hanya alamnya yang saja yang menggoda, beberapa rumah yang didesain unik juga terlihat memberikan keindahan tersendiri. Di spot tersebutlah para wisatawan biasa mengabadikan kunjungan mereka sembari menyaksikan panorama cantik yang tergambar jelas di depan mata.

Pesona hutan pinus yang diapit oleh Delleng (Gunung) Kutu dan Sinabung ini akan terus dikembangkan. Sebagai destinasi agrowisata yang sedang dikembangkan oleh Kab. Karo, atraksi yang bisa didapatkan oleh tamu akan terus bertambah.

Baca Juga: Villa di Berastagi yang Murah untuk Disewa

Akses ke Lokasi Puncak Pelangkah Gading

Lokasinya tidak terlalu rumit memang yakni di Desa Kutambaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Anda melihat titik koordinatnya lewat foto yang sudah kami sematkan di bawah ini.

Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rute menuju lokasi ini sebagian belum diaspal. Karenanya, Anda harus berhati-hati saat menggunakan kendaraan pribadi. Jika musim kemarau, debunya cukup tebal sedangkan saat penghujan akan berubah menjadi licin.



Bila berangkat dari Kabanjahe, akses ke Desa Kutalimbaru sekitar 42 menit dengan perjalanan sekitar 20,5 kilometer melalui jalan Kota Cane. Jika dari Berastagi, akan memakan waktu lebih lama, kurang lebih 55 menit. Mengingat sarana jalannya, mungkin akan lebih lama lagi.

Berlangganan via Email