Widget HTML Atas

Air Terjun Simatutung: Aktivitas Top, 5 Gambar Terbaru dan Lokasi

Alam bebas memang selalu memainkan peran untuk menutupi keindahan suatu destinasi. Jika tersingkap, pesonanya luar biasanya akan terekspos sehingga banyak dikunjung pelancong. Seperti objek wisata yang dulu identitasnya belum begitu populer ini yaitu Air Terjun Simatutung.

keindahan di air terjun simatutung - foto: imah siregar/badi
Air Terjun Simatutung merupakan tujuan wisata populer dengan jeram bertingkat yang dapat dijumpai di pertengahan jalan antara Desa Sikapas dan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur. Memiliki ketinggian total 150 meter, destinasi yang direnovasi pada 2018 ini ramai disinggahi pengunjung setiap harinya.

Wisata air yang berada pada ketinggian 1.650 mdpl tersebut diselimuti oleh udara dingin dengan temperatur udara stabil 12 - 17 derajat. Terletak di kawasan hutan lebat, luas area Simatutung sekitar 25 meter persegi dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki.

Bila diobservasi, air terjun ini menawarkan 3 daya tarik utama yakni pesona air terjun bertingkat, pemandian alami khas pegunungan dan wana wisata  berupa spot mengambil gambar. Tersedia juga lahan khusus bagi pengunjung untuk memandangi keindahan sekitar.

Harga Tiket Masuk

Dari awal ditemukan hingga detik ini, semua biaya berkunjung ke Air Terjun Simatutung yang memiliki tumpahan sedang tersebut masih digratiskan. Harga tiket masuk atau biaya retribusi resminya memang belum dibanderol oleh pihak yang mengelola.

Kendati keindahan alam eksotis ini dapat dinikmati secara cuma-cuma. Mungkin Anda tertarik bersantai sembari memandang lepas pesona sekitarnya. Jika iya, di seberang air terjun berdiri beberapa warung. Harga sajiannya tak mahal, hanya Rp10.000 saja pengunjung sudah bisa ngopi.

Lantaran dikelola secara sederhana, fasilitasnya masih terbilang simpel, itu juga disediakan oleh warung yang ada di sana. Namun, Pemkab Tapsel sudah menyiapkan anjungan berfoto. Beberapa sarana penunjang rencananya akan dibangun agar semakin menyolek pesona yang ada.

Akses dan Lokasi

Akses menuju arah Simatutung dapat mengambil rute dari Jalan Lintas Nasional Natal Barat - Tapsel. Sementara bila memilih jalur via Padangsidimpuan dan Batang Toru, cukup dengan mengendarai mobil atau roda dua dalam kurun waktu dua jam.

Namun berhati-hatilah ketika melewati Jembatan Sungai Sangkunur dan Jembatan Trikora. Pasalnya, infrastruktur penghubung tersebut belum bagus. Nah, rute ke lokasi akan melewati beberapa spot wisata. Jika berkenan, Anda juga bisa menyinggahi wisata pondok lima.

Air terjun ini dapat ditemukan di wilayah Kec. Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, persisnya di Kelurahan Rianiate. Untuk mendapatkan rute terbaik dari titik keberangkatan Anda, pastikan menggunakan Google Map pada letak koordinat.

Daya Tarik dan Aktivitas

Dalam bahasa Angkola, "si matutung" sendiri memiliki arti "yang terbakar". Nama tersebut diduga kuat berasal dari wujud air terjun dan kondisi lingkungan alam sekitar yang misterius karena selalu terlihat seperti mengering dengan kepulan asap atau uap laiknya musim kemarau.

Aktivitas top yang wajib dilakukan di sini diantaranya:

1. Menikmati Keindahan di Simatutung

simatutung
pemandangan keseluruhan air terjun - image via atika ibel lubis
Selain menghirup udara khas pegunungan, memanjakan mata dengan alam yang indah dapat Anda lakukan sepenuhnya. Pun, jajaran pepohonan dan tanaman liar yang menghiasi tepian air terjun di Sumut ini tak pelak menciptakan keteduhan tersendiri.

Ketinggian air terjunnya yang mencapai ratusan meter tentu selalu membuat takjub. Untuk menyaksikan keseluruhan panorama itu, tersedia sebuah bangunan jembatan ikonik yang melintang tepat di depan jalan. Dari sini, tingkat pertama air terjun Simatutung bahkan bisa terlihat jelas.

Mengadah ratusan meter ke bagian puncak air terjun, bebatuan dan kayu-kayu kokoh yang seolah ditata oleh alam memberikan nuansa tersendiri. Seutas sajian keindahan pemandangan itu tentu saja mampu menenangkan hati.

2. Bermain di Bawah Air Terjun

air terjun simatutung
lokasi pemandian di simatutung - foto: bius thezail
Di bagian bawah air terjun, curahan air yang bergerak terus-menerus membentuk sebuah cekungan kolam. Bagi yang sengaja berlibur ke sana, cekungan di Air Terjun Simatutung menjadi tempat rekreasi cocok digunakan untuk bermain air.

Lantaran kawasan ini memiliki ciri khas hutan alami, maka kualitas air yang mengaliri bebatuan dari area puncak dijamin masih sangat bersih. Sayang sekali rasanya jika Anda tidak turun langsung dan menikmati kesejukan itu, bukan?

Air terjun Simatutung dikelilingi oleh pepohonan liar. Walau airnya tidak sejernih aek sijorni, tetapi tetap mengasikkan untuk kegiatan mandi-mandi. Tempatnya pemandiannya cenderung dangkal sehingga Anda bisa berenang sepuasnya.

3. Area Berfoto

air terjun simatutung
foto: risky.mardiansyah133 dan candrawahyudi7
Dengan fitur latar belakang menakjubkan, area jembatan yang sudah dibangun sejak 2018 adalah lokasi paling disukai pengunjung untuk kegiatan berswafoto. Sebab, dari titik ini lanskap Simatutung dapat digambar secara sempurna.

Pesona wisata Tapanuli Selatan yang satu ini memang menarik untuk diunggah ke berbagai media sosial pribadi. Tanpa editan berlebih pun, kecantikan alamnya akan membuat orang kagum. Belum lagi kalau Anda berhasil mengabadikan gambarnya secara keseluruhan.

Tak perlu stamina ekstra, Simatutung sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang malas trekking karena hanya perlu beberapa langkah dari pinggir jalan. Tetapi pastikan juga membawa pakaian ekstra bila berniat bermain air ya.

Berlangganan via Email