Widget HTML Atas

Taman Ya'ahowu: Taman di Gunungsitoli Terindah yang Wajib Dikunjungi

Kota Gunungsitoli memiliki sejumlah taman terkenal yang baru dibangun beberapa tahun belakangan. Kendati semua tempat rekreasi berkonsep ruang terbuka hijau tersebut didesain modern dan indah. Tetapi satu diantaranya yang paling mengesankan adalah Taman Ya'ahowu.

Tak sekedar dibuka untuk dijadikan sebagai ruang publik berinteraksi, taman yang ditata menyerupai kebun bunga di Gunungsitoli ini juga merupakan tempat dimana pelancong bisa mendapatkan impresi pertama. Terutama bagi mereka yang mungkin baru pertama kali berlayar ke Nias.

Taman di kota terbesar di Pulau Nias ini tidak dirancang asal-asalan. Ada sejarah tertentu di balik pembuatannya. Lantaran demikian, semua area taman didesain indah dan menyediakan spot untuk berfoto secara gratis. Berikut kami tampilkan seluruh ulasannya untuk Anda.

Taman Yaahowu

Taman Ya'ahowu adalah taman yang mengadaptasi keindahan desain masyarakat di Nias. Berlokasi di Jalan Saompo, seputaran inti Kota Gunungsitoli. Tempat ini adalah taman terbaik dari seluruh gugusan kepulauan sekitar.

1. Taman di Gunung Sitoli yang Wajib Dikunjungi

taman ya'ahowu
yaahowu adalah taman di gunung sitoli yang terkenal - image via: damainatalia lase
Perlu diketahui, jika di Kota Gunung Sitoli sendiri terdapat sederet taman yang namanya cukup populer yaitu dua taman minimalis di area Tugu Gempa Nias, Tugu Durian dan tak lupa juga Taman Doa Bunda Maria yang sering kali dikunjungi. Hanya saja, taman yang dinamai Ya'ahowu ini sangat terkenal karena keindahannya.

Keindahan taman yang bikin wisatawan betah berlama-lama ini didukung oleh letak strategisnya. Lantaran berada tak jauh dengan Pasar Ya'ahowu dan terletak persis di tepi laut. Jadi saat Anda sedang bersantai di sana, akan terhampar pemandangan laut biru dengan atraksi kapal-kapal yang hilir-mudik dari pelabuhan Gusit.

Sementara singgah di Taman Ya'ahowu, Anda bisa berfoto dengan bangunan dan pernak-pernik bergaya seni Nias sebagai latar belakang. Selain keindahan artifisial itu, Ada beberapa jenis tanaman dan rerumputan hijau yang semakin mempercantik kealamian taman ini.

Taman di Gunungsitoli ini memang menjadi tempat publik untuk refreshing sejak dibuka pertama kali. Apalagi setelah tampilannya dibenahi sehingga sekarang terasa lebih familiar. Penataan dilakukan di seluruh area, termasuk dengan pantai Ya'ahowu yang kini punya aura kekinian.

2. Area Olahraga dan Sarana Bermain

areanya yang luas membuat taman yaahowu bisa dijadikan untuk beragam aktivitas - image via @jevondzend
Jika sebagian besar taman di Gunung Sitoli hanya diperuntukkan bagi publik yang hendak berjalan-jalan, rekreasi atau menikmati pemandangan laut saja. Taman Ya'ahowu yang punya lapangan luas ini justru menawarkan spot olahraga bagi pengunjung.

Jalur jogging yang disediakan di taman tersebut cukup panjang. Tentu saja, tempat ini asyik untuk kaum muda-mudi yang selalu ingin menjaga kebugaran tubuh. Kalian bisa memanfaatkannya untuk berolahraga baik pagi dan sore hari. Owh iya, di sini sering diadakan senam juga lho!

Taman Ya'ahowu ini langsung bersisian dengan pantai. Jika kalian kebetulan sudah capek berolahraga, tinggal duduk di kursi permanen yang ada di area taman untuk beristirahat. Sambil menghirup udara segar, pemandangan pantai dengan gulungan ombaknya tentu akan membuat kita semakin fresh.

Arena bermain di taman ini cocok digunakan untuk piknik atau sekedar rekreasi kecil-kecilan bersama keluarga. Percaya deh, jika membawa si kecil kemari, pasti bakal riang gembira melihat suasananya yang penuh warna.

3. Lokasi Berbagai Event dan Kuliner

taman di gunung sitoli
image via parluhutan silalahi
Memiliki luas 600 x 70 meter lebih, lapangan yang ada di tengah taman terbesar di Nias tersebut selalu dipakai oleh pemko Gusit maupun event organizer untuk mengadakan acara menarik, seperti perayaan Kemerdekaan Indonesia, Natal, pertunjukan seni dan Tahun Baru.

Taman Yaahowu dibingkai dengan sarana kuliner lho! Misal Anda mendatangi tempat ini waktunya bertepatan malam hari, pengunjungnya akan semakin ramai. Tujuan mereka tentu saja untuk kulineran. Nah, sambil menikmati liburan malam. Bisa banget cobai makanan khas Nias.

Hal paling menyenangkan di Taman Ya'ahowu Nias adalah dekorasinya yang selalu diganti dan disesuaikan dengan hari besar yang sedang berlangsung. Kalau lagi menyambut Imlek, seluruh kawasan akan dihiasi lampu dan lampion merah. Tak lupa ditontonkan juga kesenian Tionghoa yaitu barongsai.

Alamat dan Tiket Masuk

Secara administratif, taman ini berada di Kelurahan Saombo, Kecamatan Gn. Sitoli, Kota Gunungsitoli. Kalian bisa kok melihat alamatnya di Google Map ataupun GPS, yuk cek titik koordinatnya di sini.

Untuk memasuki taman terindah di Nias ini Anda tak perlu mengeluarkan tiket retribusi. Bahkan biaya parkirnya pun digratiskan. Tapi kalau mau mencicipi spot kuliner, paling tidak isilah dompet minimal Rp20.000 saja.

Sudah penasaran ingin berkunjung ke taman terindah di Gunungsitoli ini, belum?

Berlangganan via Email