Top Ad unit 728 × 90

14 tempat wisata di Aceh Singkil yang populer 2019

-- --
tempat wisata di singkil - credit: @akbarrisyandi
Banyak daerah di Singkil dikenal sebagai tujuan wisata terbaik di seputaran Pulau Sumatera yang kaya akan destinasi bahari, alam, air terjun, danau dan atraksi budaya. Uniknya, kawasan yang masuk ke dalam wilayah administratif Provinsi Aceh ini berbatasan langsung dengan dua kabupaten di Sumut yakni Pakpak Bharat dan Dairi.

Pada 2019, Singkil semakin keren dalam menyambut kedatangan turis baik domestik maupun internasional. Termasuk, mengadakan event pariwisata dan giat membangun infrastruktur seperti kapal penyeberangan dan penginapan. Selain Sabang, tempat wisata di Aceh Singkil memang patut dipopulerkan.

Tempat Wisata di Aceh Singkil

Ada berbagai tempat wisata terkenal di Aceh Singkil yang sangat layak untuk dijelajahi keindahannya. Tidak cuma pantai dan pulau, panorama alam serta beragam peninggalan bersejarah dapat ditemukan di sederet destinasi di kabupaten dengan ibukota Singkil ini, berikut 14 diantaranya:

1. Wisata Pulau Banyak

wisata-aceh-singkil
pulau banyak credit: @jejakkakisumatera
Pulau Banyak menempati urutan pertama sebagai destinasi paling diminati oleh wisatawan asing maupun lokal. Dengan pertumbuhan kunjungan yang bertambah setiap tahun mencapai 35 %, Pulau Banyak memiliki pantai indah dan kaya akan terumbu karang. Karena cantiknya, Pulau Banyak acap kali diberi sebutan sebagai Bali versi Aceh.

Beragam kegiatan dapat Anda lakukan di sini, mulai dari snorkeling, diving menikmati kekayaan terumbu karang dan ikan hias hingga melakukan ekspedisi jelajah pulau yang terdiri dari 99 buah pulau. Beberapa pulau di Aceh Singkil yang paling populer diantaranya Tailana, Sikandang, Asok, Lambudung, Palambak, Malelo dan Pulau Panjang.

Akomodasi penginapan dan hotel di Pulau Banyak sudah cukup beragam dan memiliki harga sesuai dengan fasilitas yang kamu dapatkan. Jarak dari Kota Medan ke Pulau Banyak membutuhkan waktu sekitar 15 jam perjalanan darat.

2.  Air Terjun Kedabuhan

air-terjun-kedabuhen-aceh-singkil
source: freakpals.wordpress.com
Bagi kamu penikmat wisata alam, Air Terjun Kedabuhan yang berada di Penanggalan tentu saja sangat menarik untuk dikunjungi, memiliki tinggi sekitar 6 meter, Kedabuhan sering kali dijadikan sebagai tujuan liburan untuk keluarga bagi masyarakat lokal. Terutama bagi mereka yang ingin menguji nyali lewat rafting atau arung jeram

Air terjun di Aceh Singkil tersebut punya debit air sungai yang memang cukup deras sehingga banyak dijadikan sebagai spot untuk arung jeram. Namun, banyak juga yang datang hanya sekedar untuk berlibur dan menikmati pemandangan di sekitar.


3. Kuliner Aceh Singkil

kuliner-aceh-singkil
kuliner
Destinasi ini uga cukup asyik bagi kamu yang hobi berburu wisata kuliner terutama seafood atau makanan laut. Terutama di Singkil dan Subullusalam. Makanan dan minuman yang disajikan tentu saja sangat lezat.

Seperti diketahui, kuliner Aceh identik dengan rempah-rempah serta beragam bumbu yang digunakan apalagi Aceh dikenal sebagai provinsi yang multi kultural seperti Cina, Belanda, Arab, India dan Spanyol. Beberapa makanan yang paling populer diantaranya Mie Aceh, Sate Lokan, Gule Plik U, Martabak Telur Aceh, Ikan Kayu dan Roti Canai.

4. Danau Bungara

danau-bungara-aceh-singkil
danau bungara
Identik sebagai kawasan wisata bahari, Aceh Singkil sebenarnya menyimpan banyak potensi wisata alam lainnya. Seperti Danau Bungara yang berada di Kutabaharu. Danau seluas 85 hektar ini masih alami dan memiliki keunikan tersendiri dimana terdapat 3 buah pulau yang letaknya berada di tengah danau dan diberi nama Pulau Cempedak, Pulau Nenas dan Pulau Mangga.

Danau di Aceh Singkil bernama Bungara tersebut dikelilingi oleh 4 desa dan berjarak 5 km dari Singkil. Namun sayang, Bungara memang belum optimal dan dikelola secara baik oleh pemerintah setempat.

5. Danau Tana Bara

danau-tara-bara-aceh-singkil
danau tana bara credit: @deliana yulhelmi
Tidak hanya Danau Bungara, di kabupaten ini masih ada danau lainnya yang diberi nama Tana Bara, terletak di Desa Gunung Meriah. Objek wisata yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat ini sebenarnya bernasib sama dengan Bungara.

Ya, tempat wisata di Aceh Singkil yang satu ini belum dikelola secara maksimal, namun meski demikian, wisatawan tak bosan menghabiskan waktu untuk berkunjung untuk menikmati keindahan panorama di tempat menawan tersebut.

6. Pulau Malelo

pulau-malelo
sumber: kompasiana.com
Berada di kawasan Kepulauan Banyak, Malelo selalu menjadi bucket list bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Banyak. Wajar saja bila melihat keindahan pulau kecil yang tidak berpenghuni dan tergolong unik.

Si Pulau Malelo yang dahulunya terdiri dari 2 buah sering kali disandingkan dengan Maldive. Bagaimana tidak, lokasinya cukup jauh sehingga membutuhkan private trip jika hendak mengintip pulau tersembunyi tersebut.

7. Air Terjun Lae Gecih

air-terjun-geccih-singkil
air terjun geccih singkil
Berjarak sekitar 90 km dari Singkil, Air Terjun Lae Gecih terletak di Desa Kuta Tinggi dan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Simpang Kanan. Destinasi alam tersebut memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan pepohonan di sekitar lokasi yang menambah semarak asrinya Lae Gecih.

Penduduk setempat mayoritas memanfaatkan aliran sungai sebagai penopang hidup seperti mandi dan mencuci, maka bila kamu berkunjung akan kerap kali mendapati masyarakat di sekitar lokasi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Aceh Besar

8. Pantai Gosong

pantai-gosong-singkil
pantai gosong credit: winwin
Tempat di Singkil lainnya yang tidak kalah menarik adalah Pantai Cemara Indah. Warga lokal lebih sering menyebutnya dengan nama Pantai Gosong Telaga. Setiap musim libur, destinasi bahari ini tidak pernah sepi dari pengunjung, jumlahnya mencapai ribuan.

Daya tarik Pantai Gosong terletak pada garis pantai yang memanjang dengan panorama laut biru. Ombaknya juga cukup tenang sehingga aman untuk liburan keluarga.

9. Pantai Pulo Sarok

pantai-pulo-sarok
pantai pulo sarok via @ryalzain92
Kalau ingin pergi ke Pulau Banyak dan tengah menunggu kapal penyeberangan, singgahlah sejenak di Pantai Pulau Sarok. Tak hanya menawarkan pemandangan pasir putih, di sini juga terdapat Danau Belibis yang seolah tersembunyi di antara Pohon Cemara.

Di Danau Belibis, kamu bisa menyewa perahu bebek untuk mengelilingi danau kecil ini. Pantai Pulo Sarok juga jadi destinasi favorit karena letaknya yang berada di sekitar Kota Singkil. Bagi kamu yang hobi kuliner laut, ada banyak warung kecil yang menyediakan aneka seafood.

Baca Juga: Tempat Wisata di Takengon

10. Waduk Sianjo-Anjo

wisata-alam-singkil
bendungan sianjo-anjo via @franyudi97
Bagi yang ingin menikmati pesona alam di Singkil, cobalah ke Waduk Sianjo-Sianjo. Sebuah dam penampungan air yang sengaja dibuat untuk keperluan pengairan namun memiliki pemandangan eksotis tatkala sunrise dan sunset.

Di pagi hari, terdapat kabut yang menyelimuti sebagian permukaan air. Menariknya lagi, tidak ada pungutan atau biaya masuk bagi pengunjung Waduk Sianjo-Anjo.

11. Wisata Pulo Madura Rimo

wisata-pulo-maduro
pulau madura
Nah, bagi yang mau menyenangkan hati si kecil, coba deh ke Pulo Madura Rimo. Berada di Tunas Harapan, Kecamatan Gunung Meriah, Pulo Madura ini dilengkapi dengan arena permainan khusus untuk anak-anak.

Fasilitas lainnya adalah kolam renang yang dangkal, tidak terlalu dalam sehingga bagus untuk latihan renang bagi si buah hati. Di sini, para orangtua pun bisa mengawasi si kecil ketika menikmati liburan.

12. Pulau Lamun

pulau-lamun-aceh-singkil
aceh singkil via @reza.falevii
Jika kamu tergolong anti mainstream, Pulau Lamun di wilayah Kecamatan Pulau Banyak di bagian barat ini bisa jadi pilihan terbaik lantaran masih sangat sepi dari pengunjung. Hal ini disebabkan oleh jauhnya jarak dari Pelabuhan Aceh ke Pulau Lamun.

Berada di Pulau Lamun akan membuat kamu serasa memiliki pulau pribadi karena pulau ini memang sama sekali tidak berpenghuni. Pulau Lamun menawarkan pesona Aceh yang tersembunyi, laut biru ditambah terumbu karang eksotis akan membuat para pengunjung betah untuk berada di tempat ini.

13. Pulau Tailana

credit: @yusefendy
Dari deretan obyek populer, atmosfer Pulau Tailana paling banyak sedot perhatian. Daratan yang ditumbuhi rimbunnya pohon kelapa, terselip julukan pulau paling tropis di negara Indonesia. Tak heran, bagi mereka yang hendak tur ke Banyak Island, Tailana adalah agenda wajib.

Hempasan ombak yang menghampiri Pulau Tailana begitu tenang. Di dalam lautnya, ribuan ikan cantik dan terumbu karang. Bagi para penikmat snorkling dan diving, panorama bawah laut seperti itu tentu jadi idaman.

14. Rawa Singkil

credit: @rimbangbaling
Disebut juga Lae Trip, Rawa Singkil merupakan suaka margasatwa (SM) pertama di Aceh yang menyajikan lahan gambut dengan luas 83 hektar. Di sana, hidup berbagai flora dan fauna yang jumlahnya mencapai ratusan spesies.

Rawa ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan konservasi dan ecotourism karena tergolong unik serta jarang ditemukan di dunia. Sebut saja airnya yang berwarna hitam lantaran spot suaka margasatwa ini banyak ditumbuhi pohon gambut. Lokasi Rawa Singkil atau Lae Trip terletak di Dusun Tengah, Kecamatan Lubuk Rumbia.  
Nah, 14 destinasi di Aceh Singkil di atas semoga dapat membantu agenda liburan sobat traveler. (PSN/TE)
14 tempat wisata di Aceh Singkil yang populer 2019 Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/08/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.