Widget HTML Atas

Pantai Asi Walo - Wisata di Teluk Bengkuang yang Tak Terduga

Teluk Bengkuang adalah sebuah desa di Kecamatan Sawo, Nias, Sumatera Utara. Desa Teluk Bengkuang dikelilingi oleh laut, sehingga morfologi daerahnya didominasi pantai dan perkebunan kopra. Beberapa spot di desa ini telah dikelola menjadi tempat wisata oleh warga, salah satu yang cantiknya tak terduga adalah Pantai Asi Walo.

pantai asi walo teluk bengkuang - image via : redfoxdrone.com
Jika diringkas, Pantai Asi Walo merupakan tujuan rekreasi yang wajib dikunjungi saat berada di Desa Teluk Bengkuang. Pantai ini menyimpan banyak atraksi menarik, selain luar biasa indah dengan koral-nya, terdapat rumah makan bintang laut yang dibangun terapung.

Di bawah ini kami uraikan lengkap info tentang pesona Teluk Bengkuang dan objek wisata recommended di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk

Kalau objek wisata pantai di Desa Teluk Bengkuang yakni Asi Walo menjadi spot yang ingin Anda kunjungi selanjutnya. Maka tak usah pusing soal tiket masuk, pantai ini dapat dilihat atau dinikmati dengan leluasa dengan membayar biaya masuk sebesar lima ribuan.

Tiket Masuk: Rp5.000 per pengunjung
Parkir kendaraan: Gratis
Makan dan minum: Mulai Rp10.000 per menu.

Point plus dari tempat wisata di kecamatan Sawo ini adalah restoran terapung yang seolah menambah pesona sekaligus daya tarik tambahan bagi pelancong. Jadi, wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Asi Walo bisa sekalian bersantai.

Spot Menarik & Aktivitas di Asi Walo Teluk Bengkuang

Meskipun belum sepopuler pantai ladeha, tetapi raut alam yang bersih dan terjaga akan membuat Anda nyaman berlibur. Di Teluk Bengkuang yang terletak persis di Kecamatan Sawo ini, banyak hal tak terduga akan ditemui.

Anda bisa memaksimalkan Pantai Asi Walo sebagai tempat liburan penuh waktu. Selain bermain air, menikmatinya dari atas rumah makan terapung pun sudah bikin terpesona. Tapi bagian kalian yang bertipe aktif, bisa melakukan aktivitas berikut.

1. Berenang dan Snorkeling

asi walo adalah pantai terbaik di teluk bengkuang - image via @etnisnias
Anda tak akan tinggal diam usai melihat jernihnya air di Pantai Asi Walo. Desa Teluk Bengkuang di mana pantai ini berada memang surganya panorama laut. Titik-titik snorkeling dan diving tersebar luas di sepanjang teluk. Begitu juga dengan tempat berenangnya.

Kedalaman air di teluk ini cuma 1,5 meter, tetapi bila semakin jauh dari bibir pantai, tentunya akan lebih dalam lagi. Sewa saja kapal nelayan jika Anda mau melihat rimbunnya terumbu karang dan keindahan biota laut yang lebih bervariasi.

Ombak pantainya sangat stabil, sehingga Anda tak usah khawatir terbawa arus saat menikmati panorama lautnya yang tak terduga indahnya itu. Berenang di pantai ini, anda akan mendapatkan pemandangan yang indah, hamparan luat berpadu dengan biru langit senantiasa memanjakan mata.

2. Museum Trumbu Karang dan Resto Terapung

pantai asi walo
pantai asi walo menyajikan restoran terapung - image via instagram.com/frider91
Petualangan bawah laut bisa Anda nikmati juga di darat. Jadi Anda tak harus berenang atau diving, Pasalnya, pemilik pantai ini telah membangun sebuah museum kecil. Museum tersebut berisikan terumbu karang, kerang dan biota lain yang dikumpulkan dari nelayan.

Restoran terapung di Asi Walo ini merupakan fasilitas terbaru yang juga menjadi kelebihan lain dari Pantai Teluk Bengkuang. Anda dapat memesan makanan laut yang gurih dan berprotein tinggi untuk disantap sendiri atau dengan keluarga di RM Bintang Laut.

Resto terapung yang tersedia di objek wisata kecamatan Sawo ini menawarkan hidangan seafood segar. Bila Anda masih kenyang, pesan saja segelas kopi khas untuk menemani waktu santai Anda. Tetapi jangan lupa menanyakan harga menunya lebih dahulu ya

Fasilitas

Di tempat wisata kecamatan Sawo, Pantai Asi Walo ini semuanya sudah dilengkapi. Hal ini diperbuat agar liburan Anda di Teluk Bengkuang selalu menyenangkan. Adapun fasilitas yang disediakan oleh pemilik meliputi:

- Spot bersnorkeling
- Pantai landai
- Kamar mandi dan ruang bilas
- Resto terapung
- Spot berfoto selfie
- Parkir
- Museum trumbu karang mini
- Beberapa permainan air

Lengkapnya fasilitas wisata menjadi alasan mengapa pariwisatasumut.net sangat merekomendasikan Anda berkunjung ke Pantai Asi Lawo. Semua kebutuhan rekreasi sudah komplit. Anda tinggal menikmatinya saja.

Baca Juga: Pantai Sri Mersing

Akses dan Lokasi

Pantai Asi Walo berada tepatnya di Desa Tlk. Bengkuang, Kabupaten Nias Utara, Sumut. Pantau rute dan titik koordinatnya lewat GPS atau Google Map yang tercantum di bawah ini supaya Anda mudah mengakses lokasinya.


Untuk datang ke lokasi tersebut, Anda harus membawa kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil. Kalau dari Gunungsitoli, ambil jalan ke arah timur melalui jalan Gomo, terus hingga lewat Tanjung Balogara, Desa Ladara dan Pantai Indah Fofola. Panjang perjalanan yang Anda tempuh sekitar 43 kilometer.

Berlangganan via Email