Widget HTML Atas

Punden Rejo: Info Wisata Lengkap, Harga Tiket dan Akses ke Lokasi

Mungkin belum banyak sadar bahwa Tanjung Morawa memiliki desa wisata di tengah areal sawah. Desa wisata ini adalah Punden Rejo. Didirikan di atas lahan pertanian seluas 4 hektar, merupakan perpaduan spot kekinian tetapi masih berkonsep alami.

image credit: hazron pandiangan/lindamuliawan
Dan pasti saja, Punden Rejo memiliki ragam pilihan atraksi wisata yang menyenangkan untuk dinikmati. Selain merasakan udara bertemperatur sejuk, keelokan suasana alami di desa ini wajib dinikmati. Seperti sawah dan instalasi swa-foto yang keren.

Bukan cuma panorama sawah, tentu masih banyak pengalaman seru yang bisa didapatkan saat lagi kunjungan ke Punden Rejo. Mau tau apa saja hal menarik dan outstanding di sana? Simak ulasan Pariwisatasumut.net terbaru mengenai tempat ini, yuk!

Harga Tiket Masuk (HTM)

Terletak di Tanjung Morawa, Punden Rejo bisa menjadi salah satu objek wisata yang termasuk murah dari segi harga tiket. Pasalnya, biaya berkunjung ke sana tidak dibedakan atas usia maupun hari kedatangan. Berapa nominal biaya yang dibutuhkan? Berikut detailnya.

Harga Tiket Normal: Rp5.000,-
Harga Tiket Mobil: Rp5.000,-
Harga Tiket Motor: Rp2.000,-

Di luar biaya yang disebutkan itu, pengunjung yang ingin bersantai dan mencicipi kuliner tradisional lokal di area kuliner, sepertinya perlu menyiapkan tambahan biaya. Tenang saja, harga makanan di wisata ini tak begitu mahal, kok!

Lokasi

Objek wisata ini beralamat di Desa Punden Rejo, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deliserdang. Tak begitu sulit untuk mencapai lokasinya, ditambah dengan sarana jalan yang tersedia sudah bagus. Naik kendaraan apa saja pasti bisa sampai tanpa rintangan.


Dari ibukota kecamatan Tj. Morawa ke desa tersebut hanya memakan waktu 15 menit dengan jarak 9,1 km. Tepatnya melalui jalan lintas Medan - Lubuk Pakam dan Jl. Taruna APDN. Kemudian lanjutkan ke jalan Benteng. Nah, rute selengkapnya dapat dilihat lewat Google Map tersemat.

Pesona Wisata Punden Rejo

Semilir angin dan rerimbunan padi di sawah akan menyambut pengunjung begitu masuk area wisata sawah Punden Rejo. Sebagai daerah pertanian, pemandangan seperti ini akan terus menemani pengunjung sejak pertama masuk area desa.

Desa yang terdapat di Tanjung Morawa ini sebenarnya baru dioptimalkan oleh perangkat desa. Pada awalnya, lahan persawahan itu cuma dimanfaatkan untuk bercocok tanam semata. Atas kerjasama berbagai pihak akhirnya lahan persawahan tersebut dijadikan destinasi baru.

Ditambah lagi rerimbunan pohon yang hijau di sisi kiri dan kanan persawahan. Pepohonan itu sangat menyejukkan mata dan indah ketika dipandang dari pinggir jalan. Berbasis Badan Usaha Milik Desa (BUMD), berikut aktivitas wisata yang menarik untuk dilakukan.

1. Menyusuri Sungai

sungai di sawah jadi atraksi wisata - image credit: amelia guest house/googlemap
Kegiatan berlibur di desa wisata ini cukup kreatif, sebab pengunjung bisa mencoba aktivitas susur sungai. Dimana pengunjung akan dibawa mengelilingi sungai menggunakan perahu kecil yang berkapasitas 4 hingga 8 orang.

Sungai yang tenang dan bersih ini dibatasi oleh rimbun pepohonan hingga membuat suasana sekitarnya terasa adem. Namun, ada baiknya datang berkunjung di pagi atau sore hari saja agar pengunjung tidak terkena teriknya panas matahari.

Baca: Penginapan di Lubuk Pakam dan Tanjung Morawa

2. Menyaksikan Sawah yang Cantik

punden rejo
image credit: mayesty telambanua/googlemap
Setelah menyusuri sungai dan melewati jembatan bambu, pengunjung akan menjumpai sebuah area bersantai. Area ini terdapat saung kecil dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan sawah yang juga bagus untuk difoto.

Pemandangan sawah mungkin tak selalu hijau, jika datang menjelang musim panen, seluruh areal sawah tersebut akan menguning. Selain menikmati panorama hijau yang tersaji, bisa pula berjalan-jalan diantara petak-petak sawah.

Pemandangan seperti itu juga tak kalah Instagramable kok. Apalagi bila berkesempatan menengok para petani sedang memanen. Kalau berkenan, pengunjung bisa ikut terjun ke sawah dan berinterasi dengan penduduk desa yang ramah.

3. Mencicipi Kuliner Tradisional

image credit: yeyen qirani/facebook

Kapan terakhir mencicipi makanan tradisional di suatu daerah? Tenang saja! Selain sawah, Punden Rejo juga memiliki wisata kuliner tradisional, lho!

Sudah pasti makan di tengah sawah menjadi pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan, bukan? Dari aneka kue basah, pecal hingga minuman lokal yang siap disantap. Seraya ditemani semilir angin, acara makan-makan pun terasa semakin nikmat.

Semua makanan khas di wisata sawah Tanjung Morawa ini merupakan hasil olahan penduduk desa. Jadi selain bisa mengenyangkan perut, pengunjung juga dapat membantu ekonomi penduduk dengan membeli hasil masakan mereka.

Fasilitas wisata publik yang ada di Punden Rejo sendiri sudah sangat optimal. Mulai dari tersedianya kamar mandi, spot foto, taman bunga mini dan area kuliner. Jika tak ada aral-melintang, segeralah mengunjungi tempat ini setelah mengetahui semua perihalnya.

Berlangganan via Email